News

Indosat Ooredoo Hutchison Menuju AI Native TechCo

post-img

Source : Istimewa

GadgetDivaIndosat Ooredoo Hutchison mengklaim jika AI mampu membantu perusahaan menghhemat biaya. Salah satunya adalah penggunaan AI pada sistem capacity planning Indosat yang terbukti mampu menghemat biaya perusahaan sampai USD10 juta atau setara Rp159 miliar.

Hal ini diungkap oleh Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha saat pemaparan RUPST di Jakarta, 21 Mei 2024. Menurut Vikram, hal ini pula yang membuat Indosat akhirnya memutuskan untuk bertransformasi menjadi AI Native TechCo, bukan lagi telecommunication provider.

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan

"Ini menandai langkah Indosat Ooredoo Hutchison dalam mengintegrasikan teknologi AI sebagai bagian utama dari operasionalnya. Dengan penggunaan AI, akurasi dalam capacity planning bisa mencapai 98%, yang pada akhirnya akan menghasilkan penghematan besar hingga US$10 juta," ujar Vikram.

Sebelumnya, Indosat sendiri pernah bekerja sama dengan NVIDIA, melalui anak usahanya, Lintasarta. Lintasarta menjadi Penyedia Mitra Cloud NVIDIA pertama di Indonesia, membawa solusi AI ke sektor publik dan swasta.

Proyek ini akan dimulai pada kuartal ketiga tahun 2024 dengan penggunaan batch pertama sebanyak 1.000 GPU dari NVIDIA, menunjukkan komitmen Indosat Hutchison dalam menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci dalam pengembangan teknologi AI.

Dukungan dari para pemegang saham, karyawan, dan mitra strategis menjadi pendorong bagi Indosat Ooredoo Hutchison dalam meraih pencapaian solidnya. Fokus pada inovasi teknologi dan pengembangan AI akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan pelanggan.

Secara finansial, hingga kuartal pertama tahun 2024, laba bersih Indosat mencapai Rp1,29 triliun, meningkat 39,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Kinerja keuangan yang solid ini menunjukkan pertumbuhan EBITDA sebesar 22,1% YoY, mencapai Rp6.509 miliar.

Indosat terus berkomitmen dalam ekspansi jaringan dan peningkatan distribusi produk serta pelayanan. Langkah ini diimbangi dengan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi untuk mendukung transformasi menjadi AI Native TechCo.

Dengan kemitraan strategis dengan NVIDIA dan inisiatif pemberdayaan perempuan serta UMKM, Indosat Ooredoo Hutchison siap menghadapi masa depan yang didominasi oleh teknologi AI dan terus mewujudkan visinya sebagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan
News

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan

Keamanan siber sangat penting bagi perusahaan untuk melindungi aset dari ancaman canggih. Kaspersky ..

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan
News

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Rep..

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes
News

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa uji coba Starlink berlangsung dengan baik. Layanan terse..

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?
News

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?

Pemerintah Indonesia dan Elon Musk meresmikan Starlink untuk beroperasi di Indonesia pada Minggu (19..


;