News

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o

post-img

Source : jonathan-kemper-MMUzS5Qzuus-unsplash

GadgetDiva – Sebuah laporan awal tahun menunjukkan bahwa ChatGPT mendominasi pangsa pasar mobile AI. Hal ini cukup mengejutkan karena di sisi lain, Microsoft berusaha mengintegrasikan Copilot ke iOS dan Android dengan akses gratis ke model GPT-4 dan teknologi generasi gambar DALL-E 3 dari OpenAI.

Menariknya, tidak banyak yang berubah lima bulan setelah laporan tersebut dirilis. Laporan baru dari penyedia intelijen App Store, Appfigures, menunjukkan bahwa peluncuran model andalan terbaru OpenAI, GPT-4o, dengan kemampuan reasoning pada teks, audio, dan suara telah berkontribusi pada lonjakan pendapatan dan unduhan ChatGPT di perangkat mobile.

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan

Model GPT-4o dari OpenAI tampaknya benar-benar ajaib. Menurut Appfigures, pendapatan mobile ChatGPT naik 22 persen pada hari pengumuman GPT-4o. Ini menjadi pendapatan tertinggi yang pernah ada dalam satu hari sejak peluncurannya.

Keajaiban tidak berhenti di situ. Sehari setelah peluncuran GPT-4o, pendapatan ChatGPT meningkat menjadi "hampir dua kali lipat" dari pendapatan harian rata-rata pada bulan Mei. Untuk memberikan perspektif, Appfigures memperkirakan kenaikan pendapatan harian rata-rata dari $491K menjadi hampir $900K. Angka ini merupakan perkiraan kasar pendapatan bersih yang diterima OpenAI setelah memberikan komisi kepada Apple dan Google.

Appfigures menyatakan bahwa ini bukan puncak pendapatan satu kali untuk ChatGPT OpenAI. Menurut perkiraannya, tren ini tampaknya berkelanjutan dan menunjukkan arah yang meningkat.

Perusahaan ini lebih lanjut memperkirakan bahwa ChatGPT dari OpenAI memperoleh total pendapatan bersih sebesar $4,2 juta dari App Store dan Google Play. Namun, sebagian besar pendapatan tersebut dihasilkan dari App Store. Hal ini sejalan dengan penjelasan OpenAI untuk mengutamakan peluncuran ChatGPT untuk pengguna Mac terlebih dahulu, mengabaikan Windows. “Kami hanya memprioritaskan di mana pengguna kami berada.”

Lonjakan pendapatan ini mencerminkan kepercayaan pengguna terhadap kemampuan canggih GPT-4o yang terus dikembangkan oleh OpenAI. Peluncuran model baru ini tidak hanya meningkatkan performa tetapi juga menunjukkan potensi pertumbuhan pendapatan yang signifikan di pasar mobile.

Dengan inovasi yang berkelanjutan dan peningkatan fitur yang responsif terhadap kebutuhan pengguna, OpenAI berpeluang memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam industri kecerdasan buatan global, khususnya di sektor mobile.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Indosat Ooredoo Hutchison Menuju AI Native TechCo
News

Indosat Ooredoo Hutchison Menuju AI Native TechCo

Indosat terus berkomitmen dalam ekspansi jaringan berbasis teknologi untuk mendukung transformasi me..

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan
News

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan

Keamanan siber sangat penting bagi perusahaan untuk melindungi aset dari ancaman canggih. Kaspersky ..

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan
News

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Rep..

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes
News

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa uji coba Starlink berlangsung dengan baik. Layanan terse..


;