News

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

post-img

Source : Telkom

GadgetDiva –  Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengundang para pengusaha UMKM dari seluruh Indonesia untuk meningkatkan standar produk mereka melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest adalah upaya dari Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan mutu produk dengan memberikan bantuan dalam pembaruan atau peningkatan kemasan produk UMKM.

Tahun ini, PackFest 2024 diikuti oleh 349 UMKM yang tersebar di 44 Rumah BUMN Telkom di seluruh Indonesia. Dalam tahun kedua program ini, telah diproduksi sebanyak 228.500 kemasan baru yang telah diperbaharui dari segi desain dan bahan.

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei

Bahan kemasan yang digunakan dalam kegiatan PackFest 2024 ini meliputi paper metalized dan aluminium foil. Kemasan yang dikembangkan terdiri dari dua jenis, yakni Zipper dan Non-Zipper, dengan berbagai ukuran mulai dari 13 cm x 20 cm, 14 cm x 23 cm, dan 16 cm x 25 cm.

Salah satu mitra UMKM binaan Rumah BUMN Telkom, UKM Dapur Raya, menyambut baik dan berterima kasih atas bantuan Telkom dalam acara PackFest 2024. Mereka menyatakan bahwa program ini sangat membantu mereka sebagai pelaku UMKM, bahkan meningkatkan nilai jual produk mereka melalui perbaikan kemasan.

Program PackFest 2024 ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi. Dengan mendukung dan membimbing pengembangan UMKM, Telkom berharap dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki mata pencaharian yang layak dan berkelanjutan.

Telkom Indonesia, melalui Rumah BUMN Telkom, terus melakukan pembinaan UMKM untuk menjadikan mereka lebih modern, kreatif, dan bersaing di pasar global. Melalui PackFest, diharapkan UMKM dapat memperluas pasar mereka dengan produk-produk berkualitas.

Telkom berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan memperhatikan aspek ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Melalui program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atau corporate social responsibility (CSR), Telkom terus berinovasi dan berkolaborasi untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Peran UMKM sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Data dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia menunjukkan bahwa pada tahun 2023, terdapat sekitar 66 juta pelaku usaha UMKM yang menyumbang 61% dari pendapatan domestik bruto Indonesia.

Salah satu tantangan yang dihadapi UMKM adalah meningkatkan daya saing mereka untuk bersaing di pasar global, salah satunya melalui kemasan produk yang berkualitas dan menarik. Kemasan bukan hanya sebagai wadah dan pelindung produk, tetapi juga sebagai alat pemasaran untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan nilai jual produk.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia
News

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia

Telkomsat bekerjasama dengan Starlink untuk menyajikan solusi bisnis terdepan di Indonesia. Temukan ..

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei
News

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei

aMAYzing menyediakan beragam varian promo khusus untuk sektor usaha perhotelan dan pendidikan. Mulai..

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o
News

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o

Pendapatan OpenAI melonjak usai memperkenalkan GPT-4o, jumlah unduhan meningkat pesat dan banyak yan..

Indosat Ooredoo Hutchison Menuju AI Native TechCo
News

Indosat Ooredoo Hutchison Menuju AI Native TechCo

Indosat terus berkomitmen dalam ekspansi jaringan berbasis teknologi untuk mendukung transformasi me..


;