News

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI

post-img

Source : AI

GadgetDiva –  Sebuah riset global yang digerakkan oleh Ciena (NYSE: CIEN) menyoroti optimisme yang semakin meningkat dari penyedia layanan komunikasi (CSP) terhadap kecerdasan buatan (AI). Mayoritas ahli telekomunikasi dan teknologi informasi yang disurvei percaya bahwa penggunaan AI akan meningkatkan efisiensi operasional jaringan sebesar 40% atau lebih. Selain itu, 85% dari responden percaya pada kemampuan CSP untuk memonetisasi lalu lintas AI di seluruh jaringan.

Studi ini diprakarsai oleh Ciena, bekerja sama dengan Censuswide, yang melakukan survei terhadap lebih dari 1.500 ahli dan manajer di CSP dari 17 negara di seluruh dunia.

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

Manfaat AI dalam Jaringan

Fokus utama dari studi ini adalah untuk mengeksplorasi pendapat bahwa AI akan meningkatkan kinerja jaringan. Untuk mencapai hal tersebut, responden meyakini bahwa solusi baru dalam infrastruktur dan operasi jaringan fiber akan diperlukan.

Studi ini menemukan bahwa strategi yang paling populer dalam meningkatkan kinerja jaringan adalah dengan memperbarui perangkat lunak analisis lalu lintas dan jaringan terbaru (dipilih oleh 49% responden), bersama dengan peningkatan sakelar dan router (43%), dan investasi dalam teknologi 800G (40%). Faktanya, hampir semua (99%) responden percaya bahwa mereka perlu meningkatkan jaringan fiber optik untuk mendukung lebih banyak lalu lintas AI.

Peluang Pendapatan yang Didorong oleh AI

Secara global, CSP percaya bahwa sektor yang akan menghasilkan lalu lintas AI paling banyak, sehingga berpeluang meningkatkan pendapatan adalah sektor layanan keuangan (46%), diikuti oleh media dan hiburan (43%), dan manufaktur (38%).

Responden juga melihat beberapa cara untuk mendulang pendapatan dari AI, termasuk membuka jaringan mereka untuk integrasi pihak ketiga (40%), layanan keamanan dan privasi (37%), penawaran produk baru (37%), pembuatan paket langganan yang disesuaikan (35%), dan diferensiasi kualitas layanan untuk konektivitas (34%).

Cloud Privat vs Publik

Studi ini juga menegaskan peran penting cloud dalam mendukung dan memanfaatkan AI di seluruh jaringan. 43% dari CSP memilih penerapan cloud privat untuk layanan AI, sementara 37% lebih memilih pusat data penyedia cloud publik. Hanya 21% responden yang berencana untuk mengadopsi model cloud hybrid.

Penciptaan Lapangan Kerja

Hasil studi menunjukkan bahwa 67% dari CSP mengantisipasi AI sebagai pendorong penciptaan lapangan kerja. Kemudian, studi juga mengidentifikasi bidang pekerjaan yang diperlukan untuk mengembangkan dan meluncurkan layanan AI, termasuk keamanan siber (31%), pembelajaran mesin (30%), dan pemrograman/pengkodean (30%).

Perbedaan Global

Survei ini menunjukkan perbedaan menarik berdasarkan negara, yang menunjukkan bagaimana kepercayaan diri CSP dalam memonetisasi AI dapat bervariasi secara signifikan. Sebagai contoh, CSP di India termasuk yang paling percaya diri (95%), sedangkan di AS termasuk yang paling tidak percaya diri (55%).

Ada juga perbedaan dalam hal optimisme terkait dampak AI terhadap penciptaan atau pengurangan lapangan kerja di antara CSP, dengan selisih 50% antara Meksiko yang melihat penciptaan lapangan kerja paling banyak, dan Jepang yang paling sedikit (90% vs 40%).

Selain itu, survei ini juga mengungkapkan beragamnya sektor yang dilihat oleh berbagai negara sebagai pendorong pertumbuhan lalu lintas AI. Sektor layanan keuangan, hiburan, manufaktur, perawatan kesehatan, dan pendidikan menjadi yang teratas di setidaknya satu pasar.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia
News

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia

BRIN mengembangkan teknologi satelit untuk mendeteksi ladang ganja di Indonesia, mendukung pengawasa..

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024
News

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

PackFest adalah upaya dari Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan mutu produk dengan memberikan bantua..

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia
News

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia

Telkomsat bekerjasama dengan Starlink untuk menyajikan solusi bisnis terdepan di Indonesia. Temukan ..

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei
News

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei

aMAYzing menyediakan beragam varian promo khusus untuk sektor usaha perhotelan dan pendidikan. Mulai..


;