News

Waspada! Medsos Elaelo Berbahaya Bagi Data Pribadi, Berikut Faktanya

post-img

Source : Social Media

GadgetDivaElaelo, platform media sosial baru yang digadang-gadang sebagai pengganti X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), tiba-tiba menjadi viral. Namun, popularitas ini diiringi berbagai kontroversi yang membuatnya dianggap berbahaya terutama terkait dengan keamanan data pribadi pengguna.

Kemunculan Elaelo di Tengah Rencana Pemblokiran X

Yahoo Siap Hadapi Apple Intelligence dan Google Gemini dengan Fitur AI-nya Sendiri

Platform Elaelo muncul tepat ketika X menghadapi ancaman pemblokiran di Indonesia karena masalah konten pornografi. Kemiripan Elaelo dengan X dan klaim bahwa platform ini dibuat oleh Kominfo menarik perhatian banyak pengguna internet. Namun, validitas klaim tersebut masih diragukan oleh banyak pihak.

Suspend Singkat Elaelo

Elaelo hanya berumur singkat. Pada Senin, 17 Juni, platform ini disuspend dan tidak bisa diakses lagi. Langkah ini diambil karena asal-usul Elaelo yang tidak jelas serta potensi ancaman terhadap keamanan data pribadi pengguna. Banyak pengguna khawatir dengan keamanan data mereka saat menggunakan platform ini.

Klaim Buatan Kominfo yang Dipertanyakan

Klaim bahwa Elaelo adalah buatan Kominfo menimbulkan banyak pertanyaan. Kominfo sendiri baru-baru ini menyatakan bahwa mereka belum menyiapkan pengganti untuk X. Hal ini semakin menambah keraguan terhadap asal-usul dan tujuan sebenarnya dari Elaelo. Seorang pengguna X, dengan akun @HabisNontonFilm, bahkan memperingatkan para pengguna untuk berhati-hati dan menghindari Elaelo karena risiko pencurian data pribadi.

Pesan Sambutan yang Mencurigakan

Ketika masih bisa diakses, Elaelo menyambut pengguna dengan pesan "Welcome to Elaelo – Medsos Lokal Pengganti X/Twitter." Saat ini, situs tersebut hanya menampilkan layar hitam dengan logo Garuda Pancasila dan pesan "Elaelo Is Coming, Big Features Will Be Ready," serta "Under Construction by Kominfo." Terlihat juga timer countdown yang menandakan bahwa platform ini sedang dalam tahap pengembangan dan akan segera diluncurkan kembali.

Ancaman Keamanan Data Pribadi

Hingga kini, pengembang Elaelo belum diketahui secara pasti dan fungsinya juga belum jelas. Hal ini menimbulkan kekhawatiran besar terkait keamanan data pribadi pengguna. Masalah ini semakin diperburuk dengan laporan dari beberapa pengguna yang mengalami kesulitan saat mencoba mendaftar di Elaelo. Meski sudah mengisi data diri lengkap, banyak yang tidak bisa menyelesaikan proses pendaftaran.

Elaelo muncul di tengah kekhawatiran terhadap keamanan data pribadi di era digital. Platform ini menarik perhatian dengan klaim sebagai pengganti X yang dirancang oleh Kominfo, namun klaim ini belum terbukti kebenarannya. Langkah suspend yang cepat menunjukkan adanya potensi ancaman yang serius.

Langkah Pencegahan yang Perlu Diambil

Untuk menghindari risiko, penting bagi pengguna untuk selalu berhati-hati saat memasukkan data pribadi ke platform baru yang belum jelas reputasinya. Pastikan platform tersebut memiliki kredibilitas yang terjamin dan selalu update informasi terkait keamanan data.

Kesadaran akan ancaman online harus terus ditingkatkan, terutama di tengah maraknya platform media sosial baru yang muncul. Selalu cek validitas platform sebelum memutuskan untuk menggunakan dan memasukkan data pribadi.

Dalam era digital ini, keamanan data pribadi menjadi sangat penting. Oleh karena itu, langkah preventif harus selalu diutamakan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Seorang Fotografer Didiskualifikasi dari Kompetisi Foto AI Usai Menang dengan Hasil Foto Asli
News

Seorang Fotografer Didiskualifikasi dari Kompetisi Foto AI Usai Menang dengan Hasil Foto Asli

Fotografer memenangkan kompetisi foto AI dengan hasil foto asli, namun kemudian didiskualifikasi. Ko..

Yahoo Siap Hadapi Apple Intelligence dan Google Gemini dengan Fitur AI-nya Sendiri
News

Yahoo Siap Hadapi Apple Intelligence dan Google Gemini dengan Fitur AI-nya Sendiri

Yahoo memutuskan untuk kembali bersaing dalam ranah kecerdasan buatan dengan memperkenalkan fitur AI..

Erajaya Gelar URMazing Run 2024
News

Erajaya Gelar URMazing Run 2024

Erajaya Active Lifestyle, melalui merek ritel Urban  Republic, menggelar ajang URMazing Run 2024 ya..

Masa Depan Produk Tech & Durable di Indonesia: Proyeksi GfK
News

Masa Depan Produk Tech & Durable di Indonesia: Proyeksi GfK

Indonesia menunjukkan potensi besar dalam pasar produk teknologi dan durable. Tren konsumen dan stra..


;