News

Kominfo Nyatakan Layanan Imigrasi Mulai Beroperasi

post-img

Source : Nadhira/Gadgetdiva.id

GadgetDivaKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan kini layanan imigrasi yang terimbas gangguan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 sudah mulai beroperasi. Gangguan tersebut terjadi sejak Kamis (20/6).

Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan menyatakan bahwa Kominfo telah melakukan beberapa upaya dalam memulihkan gangguan pada sistem PDNS 2. Salah satunya ialah sebagian layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal dan perlintasan sudah mulai kembali beroperasi.

Kemudian, sebagian layanan imigrasi melalui Autogate di Bandara Soekarno Hatta telah kembali beroperasi secara bertahap. Sedangkan, layanan serupa di bandara lain masih terus diupayakan pemulihannya.

Kominfo menghimbau agar proses keimigrasian dapat terus berjalan. Sementara, layanan kombinasi dengan verifikasi manual masih dilakukan.

"Kominfo terus melakukan upaya-upaya pemulihan secepat-cepatnya dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan mengutamakan kepentingan publik ataupun pengguna layanan," jelas Samuel dalam pernyataan resmi yang dikutip pada Sabtu (22/6).

Adapun upaya-upaya tersebut dilakukan secara intesif dengan berkolaborasi bersama beberapa lembaga. Di antaranya ialah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian RI (Polri), Kementerian/Lembaga terkait, PT Telkom Indoensia dan mitra penyelenggara lainnya.

Sedangkan, dalam memulihkan layanan keimigrasian, Kominfo bekerja sama dengan DitjenImigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

"Setiap perkembangan pemulihan PDNS 2 akan diinformasikan secara berkala," imbuhnya.

PDSN 2 mengalami gangguan pada Kamis (20/6) yang berdampak ke seluruh layanan imigrasi dalam negeri. Melalui pernyataan tersebut, Ditjen Imigrasi juga menyebut bahwa PDN tak haya digunakan oleh pihak keimigrasian saja. Namun juga, seluruh instansi pemerintah.

PDN sendiri berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pihaknya juga telah mengonfirmasi kebenaran adanya gangguan pada sistem tersebut.

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik," ungkap Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dalam pernyataan resminya kala itu.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Starlink Beroperasi di Indonesia, Gimana Nasib Satria-2?

author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

SpaceX Rilis Starlink Mini, Tampil Seukuran Laptop
News

SpaceX Rilis Starlink Mini, Tampil Seukuran Laptop

Starlink Mini diperuntukan bagi para pengguna yang memiliki mobilitas yang tinggi seperti backpacker..

Starlink Beroperasi di Indonesia, Gimana Nasib Satria-2?
News

Starlink Beroperasi di Indonesia, Gimana Nasib Satria-2?

Plt. Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Tri Haryanto menyatakan bahwa Satelit Satria-2 kini..

Sekuya Saga, Anime MOBA akan Dirilis Pada Akhir 2024
News

Sekuya Saga, Anime MOBA akan Dirilis Pada Akhir 2024

Sekuya, perusahaan gaming web3 anime mengumumkan bahwa pada akhir 2024 Sekuya akan merilis versi Se..

Alasan BAKTI Belum Rampungkan 630 BTS 4G
News

Alasan BAKTI Belum Rampungkan 630 BTS 4G

Kementerian Komunikasi dan Informatika lewat BAKTI berencana untuk merampungkan 630 BTS 4G. Pembangu..


;