News

Negara-negara ini Paling Banyak Terserang Ransomware, Indonesia Peringkat Terbawah

post-img

Source : Michael Geiger/Unsplash

GadgetDivaMenteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkap bahwa tidak ada negara yang tak terserang virus Malware. Termasuk Amerika Serikat.

Hal tersebut disampaikannya pada Rapat Kerja Komisi I DPR RI bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pernyataan ini merupakan respon terkait tumbangnya Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya, Jawa Timur akibat terserang ransomware Brain Cipher dari Lockbit 3.0.

"Tidak ada di seluruh dunia yang tidak terkena serangan ransomware," jelas Budi Arie dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI yang berlangsung secara daring dan luring di Jakarta, Kamis (28/6).

Menkominfo Budi menjelaskan sepanjang tahun 2022-2023, Amerika Serikat berada di peringkat pertama dengan angka sebesar 40,34%, Kanada 6,75%, Inggris 6,44%, Jerman 4,92% dan Perancis 3,8%. Sementara, Indonesia terkena dampak sekitar 0,67% dari serangan ransomware.

Menurut MIT Technology Review Insight di tahun 2022, Indonesia menduduki posisi terbawah yang terserang ransomware di antara negara-negara G20 lainnya. Nilai indeks Indonesia tak sampai setengah dari nilai yang didapat Australia di posisi puncak.

Studi tersebut mengungkap bahwa Indonesia mendapatkan nilai skor sebesar 3,46. Sedangkan, skor Australia sebesar 7,83.

 

Pemerintah Tak Jadi Blokir X, Kenapa?

Source :gadgetdiva.id



"Hasil studi dari MIT Teknologi Review Inside di 2022, di mana peringkat Indonesia nomor 20. Kalau kita bisa lihat Australia, Netherlands, Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada dan berikutnya kita masuk dalam (peringkat) terbawah dengan Meksiko, India, Brasil, Turki," jelas Budi.

Menurut Budi, Indonesia menjadi negara yang terserang varian terakhir dari ransomware tersebut. Oleh sebab, itu menjadi sorotan seluruh dunia.

"Jadi memang virus ini melanda seluruh dunia dan menjadi perhatian kita bersama. Dan, virus ransomware yang menyerang Indonesia ini adalah versi yang terakhir, sehingga menjadi perhatian seluruh dunia terhadap ransomware," imbuh Budi.

Keamanan siber di Indonesia, lanjut Menkominfo, masih perlu peningkatan. Serta, harus menjadi perhatian berbagai pihak sebagai negara dan bangsa.

 

Pemerintah Tak Jadi Blokir X, Kenapa?
Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

ELSAM Usulkan Materi untuk Pembuatan Regulasi AI ke Kominfo
News

ELSAM Usulkan Materi untuk Pembuatan Regulasi AI ke Kominfo

ELSAM memberi usulan materi untuk oembuatan regulasi AI ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. L..

Pemerintah Tak Jadi Blokir X, Kenapa?
News

Pemerintah Tak Jadi Blokir X, Kenapa?

Kominfo menyatakan bahwa pihaknya tak akan memblokir platform X/Twitter di Indonesia. Hal tersebut d..

Wamenkominfo Nezar Patria Dukung Pengembangan Kebijakan Afirmatif AI
News

Wamenkominfo Nezar Patria Dukung Pengembangan Kebijakan Afirmatif AI

Wamenkominfo Nezar Patria mendorong pemangku kepentingan di Indonesia untuk melakukan pengembangan k..

G2 Arena 2024, Bukan Sekadar E-sport Tournament
News

G2 Arena 2024, Bukan Sekadar E-sport Tournament

G2 Arena E-sport Tournament 2024 secara resmi dibuka. Gelaran ini diikuti oleh 37 tim Mobile Legends..


;