News

Pemerintah Janji Pulihkan PDNS 2 Pada Bulan Juli Ini

post-img

Source : Philipp Katzenberger/Unsplash

GadgetDivaMenteri Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto berjanji akan memulihkan PDNS (Pusat Data Nasional) 2 pada bulan Juli ini. Kini, pemerintah tengah melakukan pencadangan data dengan keamanan berlapis.

"Harapan kami sesuai dengan perintah bapak presiden bulan Juli (PDNS 2) sudah operasional normal dan kita backup keamanannya berlapis," jelas Menkopolhukam Hadi dalam rakor penggatian PDNS 2 di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta pada Senin (1/7).

Berdasarkan hasil forensik, pihaknya juga telah menemukan dalang di balik serangan ransomware tesebut. Namun, ia tak menjelaskan lebih detail siapa pelakunya.

"Dari hasil forensik pun kami sudah bisa mengetahui bahwa siapa user yang selalu menggunakan passwordnya dan akhirnya terjadi permasalahan-permasalahan yang sangat serius ini," pungkasnya.



Rakor tersebut turut dihadiri oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) dan Menkominfo. Rapat tersebut membahas seputar penggantian PDNS 2 yang terserang ransomware.

Hasil rakor tersebut Hadi menyimpulkan bahwa semua instansi yang menggunakan layanan PDNS 2 dapat melaksanakan pelayanan secara aktif pada bulan Juli 2024. Termasuk di-back up oleh coolsite yang berada di Batam.

Kemudian, coosite tersebut akan berubah menjadi hotsite khusus untuk pelayanan-pelayanan yang bersifat strategis. Dia berharap dengan kemampuan yang ditingkatkan penanganannya akan berjalan lebih cepat.

"Situs dingin yang ada di Batam akan memback up dengan meningkatkan kemampuannya menjadi hotsite khusus untuk pelayanan pelayanan yang bersifat strategis," jelas Menkopolhukam.

Lebih lanjut, Hadi turut menegaskan bahwa setiap tenant, yakni kementerian dan lembaga juga harus memiliki back up. Ini sifatnya mandatory, tak lagi opsional.

Pemerintah juga akan melakukan backup data dengan cloud cadangan secara zonasi. Khususnya, data-data yang bersifat umum seperti statistik. Sehingga, tidak dipenuhi oleh data yang ada di PDN.

"Jadi nanti data-data yang sifatnya umum, kemudian data-data yang memang seperti statistik dan sebagainya itu akan disimpan di cloud. Sehingga tidak penuh data yang ada di PDN," tandasnya.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Diduga Bocor, Data PDN Dijual di Situs Gelap Rp. 1,9 Miliar
News

Diduga Bocor, Data PDN Dijual di Situs Gelap Rp. 1,9 Miliar

Data yang berada di Pusat Data Nasional dilaporkan bocor. Data tersebut dijual dalam situs gelap de..

Peretas Siap Berikan "Kunci" Data PDNS 2 yang Terenkripsi Besok, Gratis!
News

Peretas Siap Berikan "Kunci" Data PDNS 2 yang Terenkripsi Besok, Gratis!

Geng ransomware Brain Chiper, terduga pelaku peretas PDNS 2 menyatakan akan menyerahkan "kunci" dek..

CEO Microsoft Dikritik: Konten Internet Bukan Perangkat Lunak Gratis untuk Latih AI
News

CEO Microsoft Dikritik: Konten Internet Bukan Perangkat Lunak Gratis untuk Latih AI

CEO Microsoft, Mustafa Suleyman, mendapat kritik tajam setelah menyebut konten internet sebagai 'per..

Waspadai Konten Manipulasi di Hari Media Sosial Sedunia
News

Waspadai Konten Manipulasi di Hari Media Sosial Sedunia

Peringatan Hari Media Sosial Sedunia menyoroti pentingnya kewaspadaan terhadap konten manipulasi dan..


;