Operator Internet Fixed Broadband Terbaik di Indonesia: Siapa yang Paling Unggul?

Operator Internet Fixed Broadband Terbaik di Indonesia: Siapa yang Paling Unggul?
News

Operator Internet Fixed Broadband Terbaik di Indonesia: Siapa yang Paling Unggul?

Operator Internet

Operator Internet # Sumber : Operator Internet

GadgetDiva – Pada akhir tahun 2023, Opensignal merilis laporan terbaru tentang pengalaman jaringan fixed broadband di Indonesia. Laporan ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyedia fixed broadband paling unggul di Indonesia melalui analisis mendalam pada empat kategori utama.

Dari sepuluh operator fixed broadband yang diikutsertakan dalam riset ini—IndiHome, Indosat, Megavision, First Media, MNC Play, XL, CBN, Oxygen ID, MyRepublic, dan Biznet—empat kategori utama yang dianalisis meliputi kecepatan unduhan broadband, pengalaman video broadband, kecepatan unduhan puncak broadband, dan kecepatan unggahan broadband.

Emisi Gas Rumah Kaca Google Melonjak 50% Akibat AI

Pengalaman Pengguna di Pulau Jawa

Analisis ini fokus pada pengalaman pengguna Opensignal yang tersebar di seluruh Pulau Jawa serta di 10 kota pilihan: Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Tangerang, dan Medan. Berikut adalah hasil analisis untuk operator fixed broadband terbaik di Pulau Jawa:

  1. Pengalaman Video Broadband Di Pulau Jawa, First Media dan Oxygen ID menempati posisi teratas dalam kategori pengalaman video broadband. Keduanya memperoleh skor seimbang antara 66,3 hingga 66,6 poin dari skala 100 poin. Skor ini menunjukkan bahwa pengguna dapat menikmati streaming video dengan kualitas baik, dengan waktu loading yang cepat dan minim gangguan.

  2. Kecepatan Unduhan Broadband Biznet unggul dalam kategori kecepatan unduhan broadband dengan kecepatan rata-rata 29,3 Mbps, mengalahkan First Media yang berada di posisi kedua dengan kecepatan 28,3 Mbps. Biznet dan First Media memimpin jauh di depan pesaing lain dengan kecepatan 22,8 hingga 23,5 Mbps.

  3. Kecepatan Unduhan Puncak Broadband Dalam kategori kecepatan unduhan puncak broadband, Biznet dan First Media memiliki skor yang hampir sama, berkisar antara 99,8 hingga 110,9 Mbps. Ini sekitar 20,5 Mbps lebih tinggi dibandingkan dengan Indosat, CBN, MyRepublic, XL, dan Oxygen ID yang berada di peringkat berikutnya dengan skor 72,5 hingga 91,2 Mbps.

  4. Kecepatan Unggahan Broadband Biznet kembali memimpin dalam kategori kecepatan unggahan broadband dengan kecepatan rata-rata 20,2 Mbps, mengalahkan MyRepublic dan Oxygen ID yang masing-masing mencatatkan kecepatan 15,9 hingga 16,7 Mbps.

Pengalaman Pengguna di 10 Kota Pilihan

Selain di Pulau Jawa secara keseluruhan, Opensignal juga menganalisis pengalaman pengguna di 10 kota pilihan di Indonesia. Analisis ini melibatkan kategori pengalaman video broadband, kecepatan unduhan broadband, dan kecepatan unggahan broadband. Berikut adalah hasil analisis untuk operator fixed broadband terbaik di 10 kota tersebut:

  1. Pengalaman Video Broadband Di kategori ini, Biznet, First Media, CBN, dan MNC Play mendominasi posisi teratas. Biznet unggul di Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang, dan Medan, sementara First Media memimpin di Surabaya, Bandung, Semarang, dan Depok. CBN menduduki posisi pertama di Jakarta, dan MNC Play unggul di Malang.

  2. Kecepatan Unduhan Broadband Biznet mencatatkan pengalaman kecepatan unduhan broadband terbaik di sebagian besar kota pilihan, dengan First Media berada di posisi kedua. Biznet secara konsisten menunjukkan performa unggul dalam kategori ini di berbagai kota.

  3. Kecepatan Unggahan Broadband Biznet sekali lagi memimpin dalam kategori kecepatan unggahan broadband di semua kota pilihan dengan kecepatan rata-rata antara 16,2 hingga 28,6 Mbps.

Laporan ini menunjukkan bahwa Biznet, First Media, dan beberapa operator lainnya memberikan performa yang unggul dalam berbagai kategori penting. Opensignal melakukan pengukuran yang komprehensif dengan melibatkan semua jenis arsitektur jaringan broadband seperti fiber (FTTx), xDSL, kabel, akses nirkabel tetap (FWA) melalui 4G dan 5G, serta satelit.

Dengan laporan Opensignal ini, konsumen di Indonesia dapat lebih mudah menentukan pilihan operator fixed broadband yang sesuai dengan kebutuhan mereka, berdasarkan data performa yang akurat dan terkini.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Waspada! Kejahatan Siber di Telegram Melonjak Tajam pada 2024
News

Waspada! Kejahatan Siber di Telegram Melonjak Tajam pada 2024

Memory updated Judul SEO Waspada! Kejahatan Siber di Telegram Melonjak Tajam pada 2024 Meta Des..

Emisi Gas Rumah Kaca Google Melonjak 50% Akibat AI
News

Emisi Gas Rumah Kaca Google Melonjak 50% Akibat AI

Emisi gas rumah kaca Google melonjak hampir 50% dalam lima tahun terakhir karena pusat data yang mem..

Album Terbaru Iwan Fals "Tujuh Belas" Hadir Eksklusif di Langit Musik
News

Album Terbaru Iwan Fals "Tujuh Belas" Hadir Eksklusif di Langit Musik

Langit Musik memiliki visi “Musik Indonesia Juara” yang ditekankan oleh Aris, yang menegaskan ko..

Cetak UMKM Unggul, Telkomsel Gelar DCE Summit 2024
News

Cetak UMKM Unggul, Telkomsel Gelar DCE Summit 2024

DCE Summit 2024 menjadi platform bagi UKM unggulan dari berbagai daerah di Indonesia untuk berbagi p..


;