Telkom Komitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

Telkom Komitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia
News

Telkom Komitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

Telkom AI

Telkom AI # Sumber : Telkom

GadgetDiva – Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin meluas di Indonesia, menunjukkan potensi besar di berbagai sektor. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telco, berkomitmen mengembangkan AI yang bermanfaat bagi negara.

Telkom memiliki strategi besar untuk mengembangkan AI guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi, baik secara internal maupun eksternal. Upaya ini sejalan dengan rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF) untuk mengembangkan infrastruktur AI yang aman dan andal, serta jaringan internet cepat dan platform cloud untuk pengolahan data.

Moana Kembali! Dwayne Johnson Siap Berpetualang di Live-Action Disney Bulan Depan!

EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, menyatakan komitmen Telkom dalam mengembangkan solusi berbasis AI yang relevan dengan kebutuhan berbagai sektor. Telkom telah memiliki infrastruktur pusat data AI yang aman untuk mendukung ini.

Salah satu produk AI dari Telkom, BigVision, yang berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital, mampu menganalisis kerumunan, menghitung jumlah orang, dan mengidentifikasi pola perilaku. Teknologi ini berguna untuk berbagai perusahaan dalam mengenali perilaku di ruang publik seperti sekolah dan bandara.

Selain itu, Telkom mengembangkan chatbot bernama Bizy dalam ekosistem myIndibiz, yang membantu UKM menemukan solusi digital sesuai kebutuhan mereka. Bizy memberikan layanan yang dipersonalisasi dan interaktif, serta menghasilkan data berharga untuk memperbaiki produk dan strategi pemasaran.

Bizy juga mampu menangani volume interaksi pelanggan yang meningkat tanpa mengorbankan kualitas. Dengan respons cepat dan akurat, Bizy meningkatkan efisiensi operasional Telkom hingga 74,2% melalui otomatisasi, sekaligus mengurangi biaya operasional pemasaran secara signifikan.

BigBox juga memiliki fitur BigAssistant, solusi berbasis AI yang membantu pengguna mengelola dan menyediakan informasi melalui interaksi percakapan seperti chatbot. Teknologi ini menggabungkan manajemen pengetahuan untuk memberikan jawaban yang kontekstual dan relevan.

Inovasi AI yang dikembangkan oleh Telkom menunjukkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing. Produk unggulan Leap-Telkom Digital lainnya juga dilengkapi dengan AI guna mendukung tujuan ini.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Microsoft Larang Karyawannya Gunakan Android, Kenapa?
News

Microsoft Larang Karyawannya Gunakan Android, Kenapa?

Raksasa teknologi Microsoft melarang karyawannya menggunakan smartphone Android di China. Alih-alih,..

Moana Kembali! Dwayne Johnson Siap Berpetualang di Live-Action Disney Bulan Depan!
News

Moana Kembali! Dwayne Johnson Siap Berpetualang di Live-Action Disney Bulan Depan!

Dwayne Johnson mengumumkan adaptasi live-action “Moana” mulai produksi Agustus ini, rilis pada J..

Nintendo Tolak AI: Tetap Fokus pada Pengalaman Gaming Unik
News

Nintendo Tolak AI: Tetap Fokus pada Pengalaman Gaming Unik

Nintendo memilih untuk tidak menggunakan generative AI dalam pengembangan gamenya, tetap fokus pada ..

Kabut Berduri: Misteri Menegangkan Menyelimuti Hutan Kalimantan di Netflix!
News

Kabut Berduri: Misteri Menegangkan Menyelimuti Hutan Kalimantan di Netflix!

Film thriller investigasi baru Netflix, "Kabut Berduri," membawa Putri Marino dalam petualangan mene..


;