News

SeaBank Jadi Bank yang Paling Diminati Gen Z

post-img

Source : SeaBank

GadgetDiva – Perbankan digital di Indonesia telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada Mei 2024, Bank Indonesia mencatat bahwa nilai transaksi perbankan digital mencapai Rp5.570,49 triliun, meningkat 10,82% secara tahunan. Faktor-faktor seperti keamanan, kemudahan transaksi, dan kenyamanan penggunaan aplikasi menjadi pendorong utama adopsi perbankan digital.

Riset terbaru dari Populix menunjukkan bahwa keamanan data dan transaksi (31%), fleksibilitas akses aplikasi (12%), fitur aplikasi yang lengkap (12%), integrasi dengan layanan keuangan lain (11%), serta promo khusus (10%) adalah fitur-fitur yang paling dicari oleh pengguna aplikasi perbankan digital di Indonesia.

Inisiatif Indibiz Telkom: Digitalisasi Pendidikan di Jawa Barat

Generasi Z, sebagai kelompok generasi terbesar di Indonesia saat ini, memainkan peran penting dalam pertumbuhan perbankan digital. Mereka adalah generasi pertama yang tumbuh dengan akses internet dan teknologi digital, sehingga memiliki ekspektasi tinggi terhadap layanan perbankan digital.

SeaBank menjadi pilihan utama bagi Gen Z dengan market share sebesar 57%, diikuti oleh Bank Jago (36%) dan Blu by BCA (26%). Di area Jabodetabek, responden cenderung menggunakan 2-3 aplikasi perbankan digital untuk kebutuhan sehari-hari mereka, seperti isi ulang e-wallet, transfer antar bank, belanja online, dan transfer antar rekening.

Penggunaan perbankan digital di Indonesia terutama untuk isi ulang e-wallet (54%), transfer antar bank (49%), belanja di e-commerce (48%), serta transfer antar rekening (47%). SeaBank, dengan fitur-fitur yang lengkap, banyak dipilih oleh nasabah untuk kebutuhan tersebut.

Indah Tanip, VP of Research Populix, menyatakan bahwa keterbukaan Gen Z terhadap internet dan teknologi mendorong ekspektasi mereka terhadap produk dan layanan perbankan. Bank digital menjadi solusi yang mereka cari untuk transaksi yang cepat, nyaman, dan aman, sehingga para pemain bank digital harus terus berinovasi untuk memenuhi harapan nasabah, terutama Gen Z.

Survei menunjukkan beberapa alasan mengapa Gen Z memilih menggunakan bank digital, seperti kecepatan dan kemudahan transfer dana, integrasi dengan e-wallet, fleksibilitas transaksi, biaya admin yang terjangkau, serta dukungan berbagai transaksi dalam satu aplikasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan bank digital oleh responden termasuk biaya admin dan transfer yang rendah (56%), program promosi (52%), keamanan bank (50%), desain aplikasi yang mudah digunakan (49%), dan fleksibilitas transaksi sehari-hari (47%). Secara umum, SeaBank paling banyak dipilih oleh Gen Z karena fitur-fitur unggulannya, sementara Bank Jago dan Blu by BCA juga dipilih karena integrasi aplikasi dan keamanan layanan.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Hacker Brain Chiper Sebut Sudah Berikan Seluruh Data PDNS 2
News

Hacker Brain Chiper Sebut Sudah Berikan Seluruh Data PDNS 2

Peretas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah menyerahkan seluruh data yang "disandera"-nya. ..

Inisiatif Indibiz Telkom: Digitalisasi Pendidikan di Jawa Barat
News

Inisiatif Indibiz Telkom: Digitalisasi Pendidikan di Jawa Barat

Indibiz Telkom mengadakan Indonesia Digital Learning di Jawa Barat untuk meningkatkan kompetensi gur..

Microsoft Larang Karyawannya Gunakan Android, Kenapa?
News

Microsoft Larang Karyawannya Gunakan Android, Kenapa?

Raksasa teknologi Microsoft melarang karyawannya menggunakan smartphone Android di China. Alih-alih,..

Moana Kembali! Dwayne Johnson Siap Berpetualang di Live-Action Disney Bulan Depan!
News

Moana Kembali! Dwayne Johnson Siap Berpetualang di Live-Action Disney Bulan Depan!

Dwayne Johnson mengumumkan adaptasi live-action “Moana” mulai produksi Agustus ini, rilis pada J..


;