News

9,9 Miliar Password Bocor! Amankan Akun Anda Sekarang

post-img

Source : Dan Nelson/Unsplash

Gadgetdiva.id - Kebocoran data terbesar dalam sejarah keamanan siber terjadi dengan lebih dari 9,9 miliar kata sandi pengguna perangkat teknologi tersebar di pasar gelap atau dark web. Informasi sensitif ini diungkapkan dalam berkas digital bernama RockYou2024.txt, yang diunggah di forum hacker dan dapat diakses melalui GitHub, platform pengembangan software berbasis cloud.

Kasus ini pertama kali dilaporkan oleh Gizchina pada Rabu, 10 Juli 2024. Para analis teknologi global menekankan pentingnya penggantian kata sandi secara rutin untuk semua pemilik perangkat. Mengganti kata sandi secara berkala merupakan salah satu metode keamanan dasar untuk melindungi perangkat telekomunikasi dari ancaman peretas.

Hacker Brain Chiper Sebut Sudah Berikan Seluruh Data PDNS 2

Metode Peretasan yang Digunakan

Peretas dalam kasus ini diduga menggunakan metode brute force, di mana mereka mencoba menebak-nebak kata sandi pengguna dengan mencoba setiap kombinasi huruf dan angka. Meskipun metode ini tidak mudah diterapkan karena kompleksitas kombinasi simbol, huruf kecil, huruf kapital, dan angka, dalam kasus ini pelaku berhasil menemukan sandi yang cocok.

Langkah-langkah Keamanan yang Disarankan

Untuk menjaga kekebalan akun dan perangkat teknologi, berikut beberapa langkah yang disarankan oleh para ahli keamanan:

1. Mengganti Kata Sandi Secara Rutin

Mengganti kata sandi secara berkala dapat mengurangi risiko peretasan. Pastikan kata sandi baru berbeda secara signifikan dari yang lama dan memiliki tingkat kompleksitas tinggi.

2. Menggunakan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor (2FA) memberikan lapisan keamanan tambahan dengan mewajibkan konfirmasi login melalui perangkat lain. Langkah ini dapat membatasi akses peretas, bahkan jika mereka sudah mengetahui kata sandi Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Pengelola Kata Sandi

Aplikasi pengelola kata sandi dapat membantu menyusun kata sandi yang sulit dan menyimpan berbagai kata sandi dengan aman. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah KeePass XC, di mana pengguna hanya perlu mengingat satu kata sandi utama yang kuat untuk mengakses semua kata sandi lainnya.

Mengapa Autentikasi Dua Faktor Penting?

Autentikasi dua faktor dapat membatasi pergerakan hacker yang sudah mengantongi kata sandi pengguna. Teknologi ini mengharuskan verifikasi tambahan setiap kali ada upaya login, biasanya melalui SMS atau aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Authy. Dengan langkah ini, meskipun peretas berhasil mendapatkan kata sandi Anda, mereka masih memerlukan verifikasi tambahan untuk mengakses akun.

Mengelola Kata Sandi dengan Aplikasi

Menggunakan aplikasi pengelola kata sandi bukan hanya membantu menciptakan kata sandi yang kuat tetapi juga mengelola banyak kata sandi tanpa repot mengingatnya. KeePass XC adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh para ahli karena keamanannya yang tinggi dan fitur-fitur yang user-friendly.

Dampak dan Pentingnya Kesadaran Keamanan Siber

Kebocoran data sebesar ini menunjukkan betapa pentingnya kesadaran akan keamanan siber. Setiap individu perlu memahami risiko yang dihadapi dan mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi informasi pribadi mereka. Dengan mengadopsi praktik keamanan yang baik, seperti mengganti kata sandi secara rutin, menggunakan autentikasi dua faktor, dan memanfaatkan aplikasi pengelola kata sandi, risiko peretasan dapat diminimalkan.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google NewsBaca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

 

 


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

SeaBank Jadi Bank yang Paling Diminati Gen Z
News

SeaBank Jadi Bank yang Paling Diminati Gen Z

SeaBank menjadi pilihan utama bagi Gen Z dengan market share sebesar 57%, diikuti oleh Bank Jago (36..

Hacker Brain Chiper Sebut Sudah Berikan Seluruh Data PDNS 2
News

Hacker Brain Chiper Sebut Sudah Berikan Seluruh Data PDNS 2

Peretas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah menyerahkan seluruh data yang "disandera"-nya. ..

Inisiatif Indibiz Telkom: Digitalisasi Pendidikan di Jawa Barat
News

Inisiatif Indibiz Telkom: Digitalisasi Pendidikan di Jawa Barat

Indibiz Telkom mengadakan Indonesia Digital Learning di Jawa Barat untuk meningkatkan kompetensi gur..

Microsoft Larang Karyawannya Gunakan Android, Kenapa?
News

Microsoft Larang Karyawannya Gunakan Android, Kenapa?

Raksasa teknologi Microsoft melarang karyawannya menggunakan smartphone Android di China. Alih-alih,..


;