7 dari 10 Orang Korea Pakai Samsung, Gen Z Pilih iPhone

7 dari 10 Orang Korea Pakai Samsung, Gen Z Pilih iPhone
News

7 dari 10 Orang Korea Pakai Samsung, Gen Z Pilih iPhone

Samsung Galaxy A35 5G

Samsung Galaxy A35 5G # Sumber : Sarie/Gadgetdiva.id

GadgetDiva – Menurut survei terbaru dari Gallup Korea, penggunaan smartphone di Korea menunjukkan tren yang menarik. Meskipun 69% orang dewasa di Korea menggunakan perangkat Samsung Galaxy, preferensi ini tidak serupa di kalangan anak muda. Sebanyak 64% dari responden berusia 20-an lebih memilih menggunakan iPhone.

Survei yang diumumkan pada hari Rabu oleh Gallup Korea ini melibatkan 1.002 warga Korea berusia 18 tahun ke atas, yang diselenggarakan pada tanggal 2-4 Juli 2024. Dengan margin kesalahan sebesar 3,1 poin persentase dan tingkat kepercayaan 95%, hasil ini memberikan gambaran yang jelas tentang preferensi smartphone di Korea saat ini. Demikian dikutip dari Hani.co.kr, Jumat, 12 Juli 2024.

9,9 Miliar Password Bocor! Amankan Akun Anda Sekarang

Preferensi Berdasarkan Kelompok Usia

Kelompok usia yang lebih tua, seperti mereka yang berusia 50-an dan 60-an, menunjukkan preferensi yang kuat terhadap Samsung Galaxy. Sebanyak 86% dari responden berusia 60-an melaporkan menggunakan Galaxy, dibandingkan hanya 1% yang menggunakan iPhone. Di antara mereka yang berusia 50-an, 86% menggunakan Galaxy, sementara 9% menggunakan iPhone.

Samsung Galaxy Z Flip6

Source : Sarie/Gadgetdiva

Preferensi terhadap Samsung Galaxy juga terlihat di kalangan responden berusia 40-an dan 70-an, dengan 77% dan 72% masing-masing menggunakan Galaxy. Sebaliknya, penggunaan iPhone di kelompok usia ini jauh lebih rendah, hanya 19% di usia 40-an dan 2% di usia 70-an.

Preferensi Gen Z dan Gender

Generasi muda, terutama yang berusia 18 hingga 29 tahun, menunjukkan kecenderungan yang kuat terhadap iPhone. Sebanyak 64% dari responden di kelompok usia ini menggunakan iPhone, sementara hanya 34% menggunakan Galaxy. Menariknya, preferensi ini lebih kuat di kalangan wanita muda. Sebanyak 75% wanita di usia 20-an melaporkan menggunakan iPhone, dibandingkan 59% wanita di usia 30-an.

Tren Kesetiaan Merek

Gallup Korea juga mencatat adanya peningkatan kesetiaan terhadap merek tertentu dalam beberapa tahun terakhir. Sepuluh tahun lalu, sekitar 60% pengguna iPhone dan Galaxy mengatakan mereka berencana untuk membeli merek yang sama untuk perangkat berikutnya. Namun, sejak 2021, angka ini melonjak hampir mencapai 90%.

Analisis dari Gallup Korea menyebutkan, “Seiring pengguna semakin terbiasa dengan berbagai platform berbasis smartphone, pengalaman dan data mereka dalam satu sistem operasi tertentu terakumulasi seiring waktu, membuat mereka semakin sulit untuk beralih ke sistem operasi lain.”

Strategi "Lock-In" Apple

Strategi "lock-in" Apple yang bertujuan untuk mempertahankan pengguna dalam ekosistem internal mereka tampaknya berhasil. Dengan lebih banyak pengguna yang terikat pada ekosistem Apple, mereka cenderung kembali untuk membeli produk Apple lainnya di masa depan.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa meskipun Samsung tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang dewasa di Korea, preferensi ini berbeda di kalangan generasi muda. Pengguna muda lebih memilih iPhone, menunjukkan tren kesetiaan merek yang semakin kuat. Hal ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran dan inovasi yang tepat sasaran bagi perusahaan teknologi.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Starlink Mini Telah Tersedia di Amerika Serikat
News

Starlink Mini Telah Tersedia di Amerika Serikat

Starlink Mini dikabarkan telah siap beroperasi di Amerika Serikat. Perangkat ini tersedia untuk spek..

9,9 Miliar Password Bocor! Amankan Akun Anda Sekarang
News

9,9 Miliar Password Bocor! Amankan Akun Anda Sekarang

-Kebocoran data besar terjadi dengan 9,9 miliar password tersebar di dark web. Amankan akun Anda den..

SeaBank Jadi Bank yang Paling Diminati Gen Z
News

SeaBank Jadi Bank yang Paling Diminati Gen Z

SeaBank menjadi pilihan utama bagi Gen Z dengan market share sebesar 57%, diikuti oleh Bank Jago (36..

Hacker Brain Chiper Sebut Sudah Berikan Seluruh Data PDNS 2
News

Hacker Brain Chiper Sebut Sudah Berikan Seluruh Data PDNS 2

Peretas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah menyerahkan seluruh data yang "disandera"-nya. ..


;