Hati-Hati! Pengguna Keluhkan Hape Vivo Rusak KTP

Hati-Hati! Pengguna Keluhkan Hape Vivo Rusak KTP
News

Hati-Hati! Pengguna Keluhkan Hape Vivo Rusak KTP

HP Vivo X100 dan X100 Pro ke Indonesia, Harga Mulai Rp. 12 Jutaan

HP Vivo X100 dan X100 Pro ke Indonesia, Harga Mulai Rp. 12 Jutaan # Sumber : Nadhira/Gadgetdiva.id

GadgetDiva – Beberapa pengguna smartphone Vivo mengeluhkan bahwa perangkat mereka merusak chip pada KTP setelah melakukan kontak near-field communication (NFC). Perusahaan asal Tiongkok ini sedang memverifikasi tuduhan tersebut.

Sebuah grup media sosial yang berfokus pada Vivo dengan 33.000 anggota telah menerima puluhan postingan tentang KTP pengguna yang rusak secara digital setelah melakukan kontak NFC dengan ponsel mereka. Demikian dilansir dari VNExpress.net, Jumat, 12 Juli 2024.

7 dari 10 Orang Korea Pakai Samsung, Gen Z Pilih iPhone

Keluhan-keluhan ini kebanyakan melibatkan ponsel high-end Vivo seperti X100 Pro, X100 Ultra, dan X100S Pro, yang tidak dijual di Vietnam dan dibeli dari luar negeri.

Vu Duy Tan menunjukkan dua KTP-nya yang mengalami masalah setelah terhubung dengan smartphone Vivo.

Namun, ada juga beberapa keluhan mengenai X80 Pro, model yang dijual Vivo di negara tersebut.

Vu Duy Tan dari HCMC mengatakan setelah menggunakan ponsel Vivo untuk terhubung dengan KTP-nya, kartu tersebut tidak lagi terhubung dengan smartphone lain. Dia menggantinya tetapi menemukan masalah yang sama terjadi lagi.

Dang Tien Dung dari Kota Can Tho juga menemukan masalah serupa dengan Vivo X100 Pro miliknya. KTP-nya yang sebelumnya terhubung normal dengan ponsel Oppo, berhenti berfungsi setelah dia sekali menggunakan ponsel Vivo.

Setelah menemukan bahwa kartu tidak bisa terhubung dengan ponsel lain, dia menduga chip kartu tersebut rusak.

Seorang juru bicara Vivo Vietnam mengatakan beberapa pengguna telah melaporkan masalah ini kepada perusahaan. Vivo sedang menyelidiki masalah ini.

NFC di Smartphone Vivo

NFC adalah teknologi yang ditemukan pada ponsel, kartu, dan mesin pembayaran. Analis teknologi Le Cong Minh Khoi mengatakan chip kartu bisa rusak jika sinyal NFC smartphone terlalu kuat. Hal serupa terjadi ketika orang meletakkan smartphone mereka di sebelah kartu NFC seperti kunci pintu hotel dalam waktu lama, tambahnya.

Masalah ini menjadi perhatian karena semakin banyak pengguna yang melaporkan pengalaman serupa. Teknologi NFC memang dirancang untuk memudahkan berbagai transaksi dan komunikasi data jarak dekat, namun ternyata dapat menimbulkan kerusakan jika tidak digunakan dengan hati-hati.

Keluhan yang meningkat ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna Vivo, terutama bagi mereka yang menggunakan model high-end. Meskipun masih dalam tahap penyelidikan, penting bagi pengguna untuk berhati-hati dan mungkin mempertimbangkan untuk menghindari kontak NFC dengan KTP atau kartu penting lainnya hingga masalah ini terselesaikan.

Vivo sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menindaklanjuti laporan ini dengan serius dan berkomitmen untuk menemukan solusi yang tepat. Dalam era digital saat ini, keandalan dan keamanan teknologi menjadi faktor utama yang harus dijaga oleh produsen smartphone.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Apple Dituding Jadi Alat Mata-mata, Targetkan Jurnalis dan Pekerja Media
News

Apple Dituding Jadi Alat Mata-mata, Targetkan Jurnalis dan Pekerja Media

Apple mengirim peringatan spyware kepada pengguna iPhone di 98 negara. Peringatan ini menargetkan ju..

7 dari 10 Orang Korea Pakai Samsung, Gen Z Pilih iPhone
News

7 dari 10 Orang Korea Pakai Samsung, Gen Z Pilih iPhone

Survei Gallup Korea menunjukkan 64% Gen Z di Korea menggunakan iPhone, meski 69% dari semua orang de..

Starlink Mini Telah Tersedia di Amerika Serikat
News

Starlink Mini Telah Tersedia di Amerika Serikat

Starlink Mini dikabarkan telah siap beroperasi di Amerika Serikat. Perangkat ini tersedia untuk spek..

9,9 Miliar Password Bocor! Amankan Akun Anda Sekarang
News

9,9 Miliar Password Bocor! Amankan Akun Anda Sekarang

-Kebocoran data besar terjadi dengan 9,9 miliar password tersebar di dark web. Amankan akun Anda den..


;