Cara hapus otomatis akun Google setelah kamu meninggal

Hapus otomatis akun Google, setelah kamu meninggal. Gimana caranya?

Kematian merupakan hal yang tidak dapat diduga-duga. Semua manusia pasti akan merasakan kematian, jika suatu saat itu terjadi kita tidak dapat menyangkalnya.

Lalu, bagaimana dengan data-data informasi kita yang ada di Google? Kamu pasti tidak menyadari betapa banyaknya data informasi pribadi kamu yang disimpan oleh Google. Jika kamu pengguna layanan Google seperti Gmail, Maps dan Search kamu harus lebih berhati-hati.

Ada Google Pay di mana informasi bank kamu disimpan, ada juga Foto Google di mana kenangan kamu tersimpan, dan dokumen penting di Google Drive kamu. Namun, Google memberikan kamu kendali atas apa yang terjadi pada akun dan data kamu setelah kamu meninggal atau jika akun kamu menjadi tidak aktif.

Menyiapkan Inactive Account Manager kamu

‘Inactive Account Manager’ memungkinkan kamu untuk memutuskan kapan Google harus menganggap akun kamu tidak aktif dan apa yang harus dilakukan oleh dengan data kamu sesudahnya. Alat ini memungkinkan kamu berbagi detail dengan seseorang yang kamu percayai atau menyetel bom waktu ketika Google seharusnya menghapus akun kamu untuk selamanya.

  • Di desktop, masuk ke Akun Google kamu dan cari ‘Inactive Account Manager’

hapus otomatis akun google

  • Kamu akan dibawa ke halaman yang menjelaskan apa itu ‘Inactive Account Manager’. Setelah penjelasan dan syarat dan ketentuannya, klik tombol Start.

hapus otomatis akun google

  • Kamu dapat membiarkan Google menutup akunmu untuk selamanya setelah periode waktu tidak aktif tertentu. Kamu dapat memilih: 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, atau 18 bulan. Google akan menghubungi kamu beberapa kali melalui SMS dan email satu bulan sebelum waktunya habis jika kamu masih hidup.

  • Untuk mengaktifkan fitur penonaktifan otomatis, kamu harus menyerahkan nomor teleponmu dan mengonfirmasi alamat email.
  • Kamu juga dapat memilih hingga 10 orang untuk diberitahukan jika akun mu menjadi tidak aktif, dan kamu juga dapat memberi orang-orang ini akses ke beberapa data kamu. Untuk menambahkan orang tepercaya, cukup klik pada Add Person , yang kamu perlukan hanyalah alamat email mereka.

  • Kamu juga dapat memutuskan apakah data Akun Google kamu yang tidak aktif harus dihapus tanpa batas waktu. Jika kamu memilih untuk menambahkan orang tepercaya pada langkah di atas, mereka akan memiliki 3 bulan untuk meminta unduhan konten mu (media dari Foto Google dll).
  • Jika kamu memilih untuk menghapus Akun Google kamu sepenuhnya setelah jangka waktu tertentu, ini akan mencakup semua data kamu yang dibagikan secara publik seperti video YouTube atau posting blog di Blogger. Jika kamu benar-benar ingin semuanya dihapus ganti sakelar menjadi biru pada Yes, delete my inactive Google Account.

  • Sekarang, pilih Review Plan di bagian bawah kotak. Jika kamu senang dengan apa yang kamu lihat, klik Confirm Plan dan Anda selesai.

Jelas selalu ada opsi untuk menyerahkan detail login kamu kepada seseorang sebelum kamu meninggal. Tapi bisakah kita benar-benar memercayai teman untuk melakukan tugas rumit menangani semua data kamu begitu kamu meninggal. Di sisi lain, karena Google bukan perusahaan yang paling dapat dipercaya di luar sana ketika datang untuk berbagi data pribadi.

Nah, itulah bagaimana tips cara mematikan akun yang paling sering digunakan jika kamu telah meninggal. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga, Google Maps dan Gmail bisa dark mode sekarang, ini caranya

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.