Kaspersky Tanggapi Fenomena Windows Blue Screen of Death

Kaspersky Tanggapi Fenomena Windows Blue Screen of Death
News

Kaspersky Tanggapi Fenomena Windows Blue Screen of Death

Blue Screen of Death Windows

Blue Screen of Death Windows # Sumber : Istimewa

GadgetDiva – Sistem operasional dunia, yang dijalankan dengan menggunakan komputer berbasis Windows, mengalami penghentian sementara akibat Blue Screen of Death. Ini disebut sebagai sebuah kegagalan besar di dunia karena hampir semua operasional vital mengalami dampaknya.

Sebuah kegagalan besar pada sistem operasi Windows telah melumpuhkan komputer layanan darurat, bank, bandara, dan banyak lagi. Mesin Windows dilaporkan gagal melakukan booting setelah pembaruan cacat yang didorong oleh perusahaan keamanan siber CrowdStrike.

Hokky Situngkir Dilantik Menkominfo Jadi Direktur Jenderal APTIKA

Kejadian ini mendapat perhatian khusus dari perusahaan keamanan siber Kaspersky. Menurut para ahli di perusahaan tersebut, pada tahap ini, sulit untuk memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah tersebut. 

Blue Screen of Death Windows

Source : Istimewa

"Kesulitannya terletak pada kenyataan bahwa ketika masalah tersebut terjadi, setiap perangkat (komputer, laptop atau server) harus di-boot ulang ke mode aman secara manual; ini tidak dapat dilakukan dengan menggunakan alat manajemen. Hal ini memang merupakan masalah yang sangat serius yang telah mempengaruhi banyak proses, termasuk pada infrastruktur penting," ujar Kepala Riset Ancaman Siber di Kaspersky, Alexander Liskin, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Sabtu, 20 Juli 2024.

Kaspersky Menanggapi Fenomena BSoD

Menurut Alexander, untuk menghindari situasi seperti itu, vendor keamanan informasi harus sangat bertanggung jawab terhadap kualitas pembaruan yang mereka rilis. Di Kaspersky, semua pembaruan disertai dengan sejumlah besar pengujian dan pemeriksaan internal. Hingga disetujui, rilis tersebut tidak akan diluncurkan ke pelanggan. 

"Sejak tahun 2009 kami telah menjalankan kerangka kerja internal untuk mencegah kegagalan massal di ruang lingkup pelanggan. Dalam kerangka ini, setiap pembaruan menjalani pemeriksaan kualitas multi-level. Hal ini memungkinkan kami untuk memperbaiki setiap masalah yang teridentifikasi sebelum peluncuran, menganalisis alasan di balik setiap masalah, dan mengembangkan tindakan pencegahan yang sesuai," paparnya.

Penting juga untuk mematuhi prinsip rilis pembaruan yang terperinci, lanjutnya. Artinya, kata dia, mereka tidak didistribusikan secara global ke semua pelanggan secara bersamaan, namun secara bertahap, sehingga jika terjadi kegagalan yang tidak terduga, dapat dilokalisasi dan diperbaiki dengan cepat.

"Selain itu, perlu untuk memantau dan segera merespons situasi apa pun dengan segera menghentikan pembaruan. Jika timbul masalah tak terduga yang memengaruhi pengguna kami, kami selalu mencatatnya, dengan prioritas yang sesuai, dan menganalisis tindakan apa yang perlu diambil dan diterapkan. Pemecahan masalah menjadi prioritas di seluruh tingkatan perusahaan. Seperti semua insiden dunia maya, penting untuk tidak hanya menghilangkan kerusakan yang terlihat, namun juga menemukan dan memperbaiki akar permasalahan untuk mencegah insiden serupa di masa depan," jelas Alexander.

Seluruh dunia telah mengikuti berita tentang pemadaman TI global yang berdampak pada ribuan entitas bisnis di seluruh dunia, termasuk bandara dan perbankan. Diketahui bahwa hal ini disebabkan oleh masalah pembaruan perangkat lunak yang dirilis oleh vendor keamanan siber Crowdstrike.

Berdasarkan laporan media, jumlah perusahaan yang terkena dampak dan perangkat yang mereka gunakan mungkin melebihi ratusan atau ribuan.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Blue Screen of Death Lumpuhkan Dunia: Windows Gagal
News

Blue Screen of Death Lumpuhkan Dunia: Windows Gagal

Kegagalan Windows akibat pembaruan CrowdStrike memicu Blue Screen of Death, mengganggu layanan bank,..

Hokky Situngkir Dilantik Menkominfo Jadi Direktur Jenderal APTIKA
News

Hokky Situngkir Dilantik Menkominfo Jadi Direktur Jenderal APTIKA

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi resmi melantik Hokky Situngkir sebagai Direktur..

Microsoft Down, Imbas ke Layanan Penerbangan, Bank dan Perusahaan di Seluruh Dunia
News

Microsoft Down, Imbas ke Layanan Penerbangan, Bank dan Perusahaan di Seluruh Dunia

Ribuan perangkat Windows mengalami gangguan pada layarnya, sehingga berimbas kepada layanan penerban..

Google Resmi Matikan Layanan Pemendek Link Goo.gl
News

Google Resmi Matikan Layanan Pemendek Link Goo.gl

Google akhirnya mematikan layanan pemendek link Goo.gl. Penghentian layanan ini dijadwalkan selesai ..


;