Fingerprint di WhatsApp, biar pacar ga sembarang buka

Fingerprint di Whatsapp akhirnya terwujud. Saat ini ada fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan agar tidak sembarang orang bisa membuka WhatsApp. Selama ini keamanan WhatsApp sangat bergantung pada sistem kunci di smartphone.

Beberapa hari lalu, WhatsApp mengumumkan telah menambah sistem keamanan di aplikasinya, dengan menggunakan sistem biometrik. Sekarang kamu bisa mengunci aplikasi WhatsApp dan membukanya hanya dengan menggunakan sidik jari. Ini merupakan jaminan keamanan untuk memastikan bahwa anda adalah satu-satunya orang yang berhak mengakses WhatsApp anda sendiri.

Untuk menggunakan fingerprint di WhatsApp, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan fitur kunci sidik jari di WhatsApp melalui Pengaturan. Penguncian ini akan berlangsung selama mungkin, sampai anda membukanya dengan sidik jari anda. Lalu ketika dibuka, WhatsApp akan terus bisa diakses, dan akan terkunci kembali jika dalam kurun 30 menit tidak ada aktivitas yang berarti.

Ada juga pilihan untuk menghentikan pesan yang masuk muncul dalam bentuk notifikasi. Fitur fingerprint lock ini bisa digunakan untuk pengguna Android dan iOS.

Fingerprint unlock di WhatsApp ini sejatinya tidak menyediakan alat pemindai tersendiri. Jadi hanya akan kompatibel dengan smartphone yang memiliki fitur keamanan fingerprint. Salah satu penandanya adalah smartphone yang biasanya memiliki ceruk di bagian bodi belakang. Ceruk itu berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Walaupun ada juga yang sensor pemindainya terintegrasi dengan layar.

Untuk pengguna Android, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah

1. Buka WhatsApp

2. Tap Settings.

3. Tap Account.

4. Tap Privacy.

5. Masuk ke Fingerprint Lock.

6. Aktifkan ‘Unlock with fingerprint’ atau ‘Buka kunci dengan sidik jari’

7. Setelah diaktifkan, WhatsApp akan meminta anda untuk melakukan pemindaian sidik jari (setel sidik jari).

Sedangkan untuk pengguna iOS, pengguna akan terlebih dahulu diminta untuk mengaktifkan Touch ID atau Face ID.

1. Buka WhatsApp.

2. Tap Settings.

3. Tap Account.

4. Tap Privacy.

5. Masuk ke Screen Lock.

6. Aktifkan Touch ID atau Face ID.

7. Lalu pilih berapa durasi yang dibutuhkan untuk membuka melalui Touch ID atau Face ID.

Silakan mencoba fingerprint di WhatsApp. Siapa tahu keamanan ini berguna untuk kamu yang tukang selingkuh. Ups!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.