Pendapatan Segmen Outdoor Garmin Turun 2 Persen, Mulai Sepi Peminat?
- by Siti Sarifah Aliah
- Jumat, 2 Agustus 2024 - 10:16 WIB
GadgetDiva – Pendapatan segmen outdoor Garmin diketahui mengalami penurunan sebanyak 2 persen di kuartal kedua tahun ini. Padahal sebelumnya, bisnis ini memiliki kontribusi terbesar kedua di perusahaan yang berbasis di Schaffhausen, Swiss ini.
Hal ini terungkap dari laporan kuartal kedua Garmin, seperti dikutip dalam rilis yang dikirim oleh PR News Wire, Jumat, 2 Agustus 2024. Tak hanya segmen outdoor, segmen penerbangan juga diketahui mengalami penjualan yang stagnan. Dan masing-masing merupakan divisi terbesar kedua dan ketiga. Bahkan hasil yang beragam di unit outdoor dan penerbangan menyebabkan sahamnya turun lebih dari 3 persen.
Pada kuartal kedua, Garmin meluncurkan Approach Z30 smart laser range untuk golf dan Edge 1050 smart cycling computer untuk navigasi dan konektivitas.
"Saya pikir kita juga melihat penurunan teknis pada saham dengan beberapa investor menjual saat berita baik karena Garmin telah mencapai titik tertinggi dalam hampir tiga tahun," kata Michael Ashley Schulman, analis di Running Point Capital.
Source : Istimewa
Saham Garmin telah naik 34 persen sejauh tahun ini, dengan kenaikan sekitar 19 persen dalam tiga bulan terakhir.
Investor juga mungkin khawatir tentang tingkat pajak efektif yang tinggi dari perusahaan, tambah Schulman. Tingkat pajak efektif pada kuartal kedua adalah 17,9 persen dibandingkan dengan 8,9 persen pada kuartal tahun sebelumnya.
Pendapatan kuartal kedua Garmin melonjak 14 persen menjadi $1,51 miliar, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata analis sebesar $1,42 miliar, menurut data LSEG. Perusahaan juga kini mengharapkan pendapatan tahun 2024 sekitar $5,95 miliar, dari perkiraan sebelumnya $5,75 miliar.
Pendapatan dari segmen kebugaran naik 28 persen menjadi $428,4 juta, dipimpin oleh permintaan kuat untuk perangkat wearable canggih seperti Edge 1050 premium cycling computers.
Pendapatan segmen auto OEM naik 41 persen menjadi $147,2 juta, terutama karena peningkatan permintaan untuk domain controllers.
Garmin melaporkan laba per saham sebesar $1,56 dibandingkan $1,50 tahun sebelumnya.
Kebugaran:
Pendapatan dari segmen kebugaran meningkat 28% pada kuartal kedua terutama didorong oleh pertumbuhan perangkat wearable. Margin kotor dan operasional masing-masing sebesar 57% dan 25%, menghasilkan pendapatan operasional sebesar $108 juta. Selama kuartal ini, Garmin meluncurkan Edge® 1050 premium cycling computer dengan layar sentuh warna vivid, speaker bawaan untuk umpan balik suara, dan pembayaran tanpa kontak Garmin Pay. Mereka juga merayakan Global Running Day dengan pengguna Garmin berlari hampir 11 juta mile, melampaui tahun lalu lebih dari 2 juta mile.
Outdoor:
Pendapatan dari segmen outdoor menurun 2% pada kuartal kedua terutama karena penurunan pada jam tangan petualangan. Margin kotor dan operasional masing-masing sebesar 65% dan 31%, menghasilkan pendapatan operasional sebesar $136 juta. Selama kuartal ini, Garmin meluncurkan Approach® Z30 smart laser range finder dengan fitur Range Relay, yang mengirimkan pengukuran jarak ke jam tangan pintar Garmin yang kompatibel atau aplikasi Garmin Golf™. Mereka juga meluncurkan kalung pelacak anjing berbasis seluler pertama, yakni Alpha® LTE.
Penerbangan:
Pendapatan dari segmen penerbangan relatif stagnan pada kuartal kedua didorong oleh pertumbuhan kategori produk OEM yang diimbangi oleh penurunan kategori produk aftermarket. Margin kotor dan operasional masing-masing sebesar 74% dan 23%, menghasilkan pendapatan operasional sebesar $50 juta.
Maritim:
Pendapatan dari segmen maritim meningkat 26% pada kuartal kedua terutama didorong oleh akuisisi JL Audio®. Margin kotor dan operasional masing-masing sebesar 54% dan 22%, menghasilkan pendapatan operasional sebesar $60 juta. Mereka baru saja memperluas seri trolling motor Force® Kraken, menambahkan panjang poros 48 inci untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis perahu. Garmin juga memperkenalkan Panoptix™ PS-22 Ice Fishing Bundle, solusi sonar hidup ultraportabel untuk memancing di musim dingin, yang memenangkan penghargaan Best of Category di ICAST, pameran perdagangan alat pancing terbesar di dunia.
Auto OEM:
Pendapatan dari segmen auto OEM meningkat 41% selama kuartal kedua terutama didorong oleh pertumbuhan domain controllers. Margin kotor adalah 16% dan kerugian operasional berkurang menjadi $12 juta.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Siti Sarifah Aliah
ReporterJurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update
Artikel Terkait
Waspada! Malware BingoMod Ancam Pengguna Android Lewat SMS Phishing
Malware BingoMod menyamar sebagai aplikasi keamanan sah melalui SMS phishing, mencuri data, dan mela..
- by Firda Zahara
- 4 bulan lalu
- 3,250
Apple Intelligence Akan Hadir di Safari dengan iOS 18.1 Beta
Apple Intelligence akan hadir di iOS 18.1 beta, membawa fitur Summarise di Safari dan kesadaran kont..
- by Firda Zahara
- 4 bulan lalu
- 3,250
Elon Musk Sindir Tokoh Dunia dengan Fashion AI, Jokowi Lihat Peluang Bisnis
Elon Musk telah mengunggah video kecerdasan buatan AI dengan tokoh dunia di X, Jokowi pandang ini se..
- by Firda Zahara
- 4 bulan lalu
- 3,250
Menkominfo Blokir 3 VPN Gratis Karena Judi Online, Apa Selanjutnya?
Menkominfo Budi Arie Setiadi mengungkapkan Kominfo telah memblokir tiga aplikasi VPN gratis yang dig..
- by Firda Zahara
- 4 bulan lalu
- 3,250