Sunday, 7 March 2021
[adrotate banner="3"]

Apple Ungkap Peringkat Kemampuan Perbaikan untuk MacBook dan iPhone

Untuk mematuhi undang-undang "Hak untuk Memperbaiki" di Perancis, Apple telah mengungkap peringkat kemampuan perbaikan untuk berbagai model MacBook dan iPhone. Dilansir dari Beta News, peringkat...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    Hindari peretasan WhatsApp kamu pakai langkah ini!

    Facebook baru saja mengeluarkan peringatan keamanan untuk pengguna aplikasi chatting miliknya, WhatsApp. Pasalnya, kerentanan baru telah ditemukan di WhatsApp yang memungkinkan peretas untuk menargetkan seseorang hanya dengan cara yang mudah, yaitu mengirim file video berbahaya melalui WhatsApp kepada korban.

    Selama ini serangan pegasus yang mempengaruhi jurnalis dan aktivis di seluruh dunia, kemudian langkah yang perlu dilakukan hanyalah membiarkan ‘panggilan tak terjawab‘ sederhana di WhatsApp untuk mengintip penyerang. Faktanya, sekarang tampaknya penyerang dapat mengeksploitasi kerentanan dengan mudah hanya melalui pengiriman file video.

    Biasanya, si korban akan menerima file media MP4 yang dibuat oleh para pelaku kejahatan di WhatsApp dari pengirim yang tidak dikenal, dan di sinilah peretasan dimulai.

    File MP4 kemungkinan besar akan diputar seperti file video lainnya tetapi di latar belakang peretas, si pelaku dapat mengeksekusi kode berbahaya untuk mendapatkan akses ke telepon korban.

    Tim Tanggap Darurat Komputer India (CERT-In) menyarankan warga untuk segera memperbaruhi ke versi WhatsApp terbaru. “Keberhasilan eksploitasi kerentanan ini dapat memungkinkan penyerangan jauh yang menyebabkan kondisi Remote Code Execution (RCE) atau Denial of Service (DoS), yang dapat menyebabkan kompromi lebih lanjut dari sistem,” kata CERT-In.

    Cara memeriksa apakah WhatsApp kamu aman atau tidak dari peretasan

    Agensi ini memperingatkan pengguna untuk segera memperbarui aplikasi ke versi WhatsApp terbaru. Pengguna Android harus memperbarui ke WhatsApp versi 2.19.274 setidaknya, kemudian pengguna iPhone atau perangkat Apple harus melakukan perbaruan ke versi 2.19.100.

    Untuk memeriksa versi WhatsApp di iPhone, buka Pengaturan> klik pada ‘Bantuan‘ dan pengguna akan dapat melihat nomer versi di atas. Untuk Android, masuk ke Pengaturan> klik pada Bantuan> kemudian ke Info aplikasi.

    “Kerentanan ini juga mempengaruhi aplikasi WhatsApp Enterprise Client sebelum 2.25.3, WhatsApp untuk Windows Phone sebelum 2.18.368, WhatsApp Business untuk Android sebelum 2.19.104 dan WhatsApp Business untuk iOS sebelum 2.19.100,” lanjut CERT-In.

    Nah, untuk menghindari peretasan, semua pengguna aplikasi WhatsApp ini sangat disarankan untuk memeriksa versi WhatsApp yang mereka gunakan dan mendapatkan aplikasi WhatsApp versi terbaru segera!

    Baca juga, Waspada Smartphone kamu diretas, hindari dengan cara ini

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR