Tuesday, 11 May 2021
More

    Latest Posts


    Fitur mode gelap menyeluruh ada di Android 11? Ini penjelasannya

    Google baru saja merilis system wide dark mode atau sistem mode gelap secara menyeluruh di Android 11 mendatang yang bersamaan dalam pengembangan sistem persiapan Android 10.

    Fitur baru system wide dark mode ini memungkinkan tampilan gelap pada layar ponsel yang lebih menyeluruh di semua elemen ponsel, pengaturan, maupun UI hingga aplikasi yang digunakan oleh pengguna.

    Dengan lebih banyak aplikasi yang sekarang mendukung sistem versi Beta ini, sayangnya Google masih belum bisa menjadwalkan kapan dark mode atau mode gelap ini tersedia secara resmi di Android.

    Nah, paradiva tau gak, sih kapan fitur dark mode yang bisa dijadwal ini sebenarkan akan rilis secara menyeluruh di ponsel kamu? Dikutip dari laman XDA-developer, sayangnya fitur tersebut bakal batal terealisasi karena alasan yang tak diketahui. Hanya saja Google menyarankan bahwa penghapusan awal dikarenakan potensi masalah pengalaman pengguna dengan aplikasi yang tiba-tiba dimulai ulang saat kamu menggunakannya.

    Menurut laman tersebut, ada kabar lain yang menyebutkan bahwa fitur untuk mengatur jadwal dark mode bakal hadir di Android 11. Tampaknya informasi ini cukup akurat berhubung Google Issues Tracker mengonfirmasi bahwa fitur ini akan tersedia pada update Android mendatang.

    Menurut Reddit AMA dengan anggota tim Hubungan Pengembang Android, Chris Banes, Ada juga masalah dengan perangkat yang membutuhkan izin lokasi untuk melacak waktu pagi hari dan malam hari. “Kami tidak yakin kapan Android 11 beta atau pratinjau diatur untuk dirilis tetapi kami membayangkan bahwa itu akan dibuka yang pada bulan Maret 2019 pada waktu yang sama dengan Android Q beta.

    Selanjutnya, pengguna bisa melihat penjadwalan dark mode atau mode gelap ini di beberapa titik pada beta pertama yang dirilis lengkap bersamaan dengan Android 11 pada akhir 2020 mendatang. Kabarnya sudah ada cara untuk mengaktifkan penjadwalan mode gelap berkat solusi menggunakan dark mode Otomatis untuk Android 10.

    Fitur ini pastinya akan membuat paradiva bisa mengatur kapan ingin beralih ke dark mode secara otomatis. Hal ini bisa dibilang mirip ketika Night Light di ponsel Android kamu aktif.

    Namun berdasarkan penjelasan Google, mode gelap ini sedikit berbeda dengan sistem pengaturan Night Light karena fiturnya yang menggunakan sebagian besar kode yang tidak bergantung pada AppCompat.

    Baca juga, Google Maps dan Gmail bisa dark mode sekarang, ini caranya

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR