Aplikasi E-Sihat Belitung, bantu permasalahan kesehatan di Belitung Timur

0
Aplikasi E-Sihat Belitung

Lewat aplikasi E-Sihat Belitung, Telkomsel umumkan program kesehatan digital untuk mengatasi permasalahan kesehatan di wilayah Belitung Timur. Program aplikasi ini memudahkan petugas kesehatan di Belitung Timur melakukan monitoring terkait kondisi ibu hamil, bayi dan balita yang ada di Belitung Timur yang sebelumnya melakukan pencatatan secara manual.

Tentunya dengan data digital yang bersifat “realtime”, melalui aplikasi kesehatan ini petugas bakal terbantu mengambil tindakan pencegahan dengan cepat dan akurat untuk mencegah stunting pada anak.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan tubuh dan otak anak yang banyak terjadi akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama dan tidak termonitoring oleh pemerintah. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, tercatat sekitar 27,67% di Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki angka kasus stunting pada anak yang tinggi.

Baca juga, Telkomsel gandeng aplikasi belajar online luncurkan paket ilmupedia

“Aplikasi ini akan menghadirkan data kesehatan secara realtime sehingga pemerintah dapat mengambil tindakan pencegahan khususnya stunting pada anak usia dini. Melalui aplikasi ini, Telkomsel mendorong akselerasi dalam menciptakan ekosistem digital untuk keseharian masyarakat, termasuk di Belitung Timur”. Ujar Ririn Widaryani, selaku Direktur Sales Telkomsel.

Aplikasi E-Sihat Belitung juga akan berperan sebagai alarm petugas ketika ada ibu hamil, bayi dan balita yang tidak melakukan cek kesehatan secara berkala. Nah, pentingnya cek kesehatan, petugas akan diminta untuk mengunjungi ibu hamil, bayi dan balita tersebut untuk memastikan kondisi kehamilan dan kesehatan mereka.

Untuk tahapan awal, Telkomsel memberikan 23 akses user tanpa biaya, beserta dengan perangkat tablet serta akses jaringan Telkomsel tanpa biaya kepada pemerintah daerah Belitung Timur.

Akses user dan perangkat ini akan disebar ke seluruh petugas kesehatan yang ada di Belitung Timur. Secara periodikan, program E-Sihat akan rilis di daerah-daerah selanjutnya.

“Diharapkan program di Belitung Timur ini bisa menjadi langkah awal guna membantu pemerintah daerah dalam menekan angka kasus stunting pada anak di Indonesia, serta merangsang perkembangan ekosistem digital di Belitung dalam seluruh aspek kehidupan. Kami ingin menciptakan cara kerja berbasis digital yang lebih efektif dan efisien”, tutup Ririn.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan