The Simpsons prediksi 5 teknologi ini dan jadi kenyataan

1

Prediksi The Simpsons kerap jadi kenyataan. Serial kartun itu pertama kali tayang pada 17 Desember 1989. Sampai saat ini tayangan tersebut masih mengudara dan terdapat kejutan-kejutan di dalamnya yang kerap menjadi kenyataan.

Pada tahun 2000, The Simpsons season 11 episode 17 yang berjudul Bart to the Future pernah menyangkan adegan dimana Lisa, yang saat itu menjadi Presiden Amerika, berpidato di depan orang-orang. “Kita mewariskan krisis anggaran dari Presiden Trump,” kata Lisa. Enam tahun kemudian, hal itu terbukti. Trump benar-benar menjadi Presiden Amerika.

Ternyata bukan hanya soal Trump presiden yang menjadi kenyataan. Beberapa adegan dalam The Simpsons kerap menjadi kenyataan seolah serial itu telah mampu memberikan prediksi yang tepat atas masa depan Amerika dan dunia.

Nah, berikut ini beberapa prediksi teknologi yang pernah ada dalam tayangan The Simpsons yang kemudian menjadi kenyataan beberapa tahun kemudian, dan sampai saat ini.

1. Aplikasi penerjemah tangisan bayi

The Simpsons Season 3 episode 24 yang tayang pada 1992 berjudul ‘Brother, Can You Spare Two Dimes?’ pernah menampilkan adegan Danny DeVito, yang berperan sebagai sodara tiri Herb, membuat perangkat penerjemah bahasa bayi. Ini sama dengan aplikasi penerjemah tangisan bayi yang diciptakan pada 2016.

2. Orang biasa dikirim ke luar angkasa

The Simpsons juga pernah menayangkan serial dimana ada adegan dimana warga biasa dibawa oleh NASA untuk ke luar angkasa. Seri ini tayang pada 1994 di Season 5 episode 15 berjudul Deep Space Homer. Peristiwa itu menjadi kenyataan saat pada 2013, warga Inggris yang bukan astronot, bernama Oliver Knight dikirim ke stasiun luar angkasa.

3. Typo gara-gara asisten digital

Pada episode ke-8, berjudul Lisa on Ice yang tayang tahun 1994 menampilkan adegan Dolph si pembuli yang menuliskan memo ‘beat up Martin’ pada asisten digital Apple versi pertama, Newton. Sayangnya, tulisan itu diterjemahkan oleh Newton menjadi Eat up Martha. Ini kemudian menginspirasi Apple untuk meningkatkan kemampuan keyboard iPhone.

4. Video chat, jam tangan pintar, dan robot perpustakaan

Dalam episode 19 bertajuk Lisa Wedding yang tayang tahun 1995, ada karakter canggih yang ditampilkan. Pada episode itu, karakter tersebut terlihat berkomunikasi melalui layar, memiliki jam tangan yang berfungsi sebagai ponsel, dan ditampilkan juga robot yang mengarahkan para pengunjung perpustakaan. Semua teknologi ini telah terwujud sekarang, padahal serial itu dibuat tahun 1995.

5. Higg Boson atau partikel Tuhan

Pernah mendengar Large Hadron Collider (LHC)? Itu merupakan perangkat besar yang digunakan untuk eksperimen menemukan partikel Tuhan. Awalnya tak ada yang percaya namun episode 2 season 10 The Simpsons yang bertajuk The WIzard of Evergreen Terrace pada 1998 memperlihatkan Hommer menuliskan persamaan di papan tulis yang memprediksi massa dari partikel Higg Boson. Meskipun partikel ini telah diprediksi pertama kali pada 1964 namun keberadaannya baru terbukti di 2013.

Dipikir-pikir, hebat juga ya The Simpsons, eh maksudnya penulis skenarionya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan