Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Instagram bakal blokir foto hasil editan, mau perangi hoax katanya

    Foto editan di Instagram, platform berbagi gambar dan foto, akan dihapus. Akhirnya, Instagram ketakutan dengan layanannya sendiri. Mereka mulai melakukan sweeping dan menyembunyikan foto/gambar postingan yang diketahui merupakan hasil edit photosop.

    Hal ini terkuak saat seorang fotografer yang berbasis di San Fransisco, Toby Hariman, sedang mem-browsing Instagram Feed di akun miliknya beberapa waktu lalu. Di salah satu postingan, dia melihat sebuah kotak hitam bertuliskan ‘False Information’ atau Informasi yang salah.

    Di bagian bawah dari notifikasi itu terdapat tulisan tambahan ‘ reviewed by independent fact-checkers’. Lalu di bawahnya ada sebuah tombol dalam kotak kecil bertuliskan ‘See Why’.

    Setelah berbagai cara dilakukan untuk melihat gambar yang sebenarnya, akhirnya gambar itu pun terkuak. Ternyata hanya sebuah foto yang seolah diambil dari kejauhan dengan obyek seorang pria yang sedang menatap bukit berwarna-warni.

    “Sepertinya Instagram dan Facebook sudah mulai bisa menandai dan men-tag seni digital atau foto palsu,” ujar Harriman berbicara mengenai foto editan di Instagram yang mulai diblokir.

    Pihak Instagram mengaku dalam blog-nya jika foto yang diposting di Instagram akan mulai di review berdasarkan feedback dari komunitas pengguna dan dipadu deteksi lewat teknologi. Setelah itu, foto tersebut akan dinilai langsung oleh pemeriksa fakta yang independen.

    “Jika pemeriksa fakta independen menyatakan bahwa foto ini palsu maka akan disembunyikan di belakang pesan peringatan, sebelum orang-orang melihatnya,” ujar Instagram.

    Yang membuat kesal, foto yang telah ditandai sebagai ‘palsu’ atau ‘fake’ akan disembunyikan juga dari mesin pencarian Instagram (Explore) dan halaman Hashtag. Foto tersebut benar-benar tidak akan dipromosikan dan ditandai terus di postingan berikutnya.

    Meski banyak yang memprotes kebijakan ini, Instagram meyakini jika ini adalah salah satu cara untuk memerangi misinformasi atau hoax (kabar bohong). Namun pengguna Instagram malah menyebut Instagram keterlaluan karena dianggap tidak bisa membedakan mana seni, mana hoax.

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR