Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Wah, tombol IGTV dihapus dari Instagram

    Tombol IGTV dihapus oleh Instagram. Hal ini dikarenakan tidak banyak yang menggunakan tombol tersebut untuk memposting video berdurasi panjang di Instagram.

    Pihak Facebook, pemilik Instagram mengkonfirmasi rencana ini. Dilansir dari TechCrunch, Instagram benar-benar menghapus tombol IGTV yang ada di ujung kanan atas pada tampilan Home Instagram. Tombol IGTV dihapus, artinya tak ada lagi akses lewat homepage.

    “Kami selalu mencari cara untuk membuat pengguna lebih mudah dan nyaman menggunakan Instagram, termasuk membuat dan menemukan konten IGTV. Nah, ternyata tak banyak pengguna yang menggunakan IGTV, yang langsung memencet tombol yang berada di ujung kanan atas itu. Klik-nya pun sangat sedikit. Makanya kami ingin membuat Instagram se-efisien mungkin,” ujar juru bicara Facebook.

    Dikatakannya, selama ini pengguna Instagram mencari dan membuat konten IGTV dengan cara masuk langsung ke preview IGTV di Feed, atau melalui channel Explore, profil pengguna, atau melalui aplikasi IGTV. Ini membuat tombol di kanan atas itu terkesan sia-sia dan hanya menjadi pajangan.

    “Kami selalu ingin membuat Instagram se-simple mungkin, jadi kami akan menghapus ikon ini. Keputusan ini juga kami buat berdasarkan kritik dan saran dari para pengguna,” katanya lagi.

    Meski tombol di sudut kanan atas itu sudah tidak ada, IGTV masih bisa diakses dari channel-channel lain. Bisa melalui feed atau explore. Intinya, kita masih bisa memposting konten video dengan durasi panjang di Instagram melalui IGTV. Bahkan Instagram memiliki aplikasi sendiri untuk IGTV.

    Diketahui, sejak 18 bulan lalu, IGTV sudah memiliki aplikasi sendiri. Sayangnya, jumlah download masih sedikit, kalah jauh dengan aplikasi TikTok. Meski Instagram memiliki 1 miliar pengguna, namun yang download IGTV hanya sekitar 7 jutaan. Sedangkan TikTok telah didownload 1,15 miliar pengguna sejak IGTV diluncurkan Juni 2018 lalu.

    Di negara kelahiran Instagram, aplikasi China itu telah didownload oleh 80,5 juta orang, sedangkan IGTV hanya 1,1 juta download di Amerika.

    Saat ini Instagram telah menambahkan beberapa fitur baru yang bisa digunakan untuk meramaikan konten. Selain penambahan efek pada Boomerang, pengguna juga akan bisa mengirim DM dari desktop.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR