Uninstal 17 aplikasi ini dari Android kamu sekarang!

2
konten radikal
Ilustrasi

Jika kamu adalah salah satu puluhan juta pengguna smartphone Android yang ada di Indonesia, peringatan ini harus kamu dengarkan. Sebuah riset dari perusahaan bernama Bitdefender mengungkap ada 17 aplikasi berbahaya yang harus di uninstal sekarang juga.

Menurut pihak Bitdefender, seperti dikutip laman Daily Star, aplikasi-aplikasi tersebut memang cukup berbahaya jika di instal ke dalam smartphone konsumen. Pasalnya mereka membawa potensi iklan yang muncul bertubi-tubi. Jadi kini waktu yang tepat untuk uninstal 17 aplikasi tersebut.

“Sekali aplikasi tersebut di-instal ke dalam smartphone kamu maka secara konstan, iklan-iklan akan masuk dan tampil di layar, seolah seperti membombardir smartphone,” kata pihak Bitdefender menanggapi tipuan berkedol aplikasi. .

Yang menyeramkan, kata mereka, aplikasi itu akan terus menerus mengeluarkan iklan, bahkan saat smartphone dalam keadaan tertutup. Bisa jadi dalam iklan tersebut, jika tak sengaja di klik, akan mengarah ke link yang berbahaya.

“Memang tidak terlalu berbahaya. Namun jika iklan itu diklik maka sama saja seperti membuka akses jalan untuk malware berbahaya,” katanya.

“Kami saat ini telah meriset dan akhirnya menemukan setidaknya ada 17 aplikasi di Google Play yang seperti itu. Sekali diinstal maka akan muncul iklan yang agresif,” kata mereka lagi.

Iklan-iklan tersebut memang sekilas tidak berbahaya. Namun jika ditelaah lebih jauh maka ada kemungkinan malware tersebut bersembunyi di dalam iklan yang diselundupkan di Google Play.

“Aplikasi berbahaya biasanya sulit dicari karena mereka akan menunggu 48 jam sebelum benar-benar bersembunyi di daleman smartphone. Kemudian dia akan mengubah kode menjadi beberapa file sumber. Kemudian mereka akan menunggu selama 4 jam setelah instalasi untuk menayangkan iklan,” papar Bitdefender.

Cukup mengejutkana saat Bitdefender mengungkap jika belasan aplikasi tersebut memiliki total jumlah download yang cukup masif, sampai 550 ribu. Berikut aplikasi yang diduga berisi iklan terselubung.

1. Car Racing 2019

2. 4K Wallpaper (Background 4K HD)

3. Backgrounds 4K HD

4. QR Code Reader & Barcode Scanner Pro

5. File Manager Pro – Manager SD Card/Explorer

6. VMOWO City: Speed Racing 3D

7. Barcode Scanner

8. Screen Stream Mirroring

9. QR Code – Scan & Read a Barcode

10. Period Tracker – Cycle Ovulation Women’s

11. QR & Barcode Scan Reader

12. Wallpapers 4K, Backgrounds HD

13. Transfer Data Smart

14. Explorer File Manager

15. Today Weather Radar

16. Mobnet.io

17. Big Fish Frenzy


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan