Sunday, 20 June 2021
More

    Latest Posts


    Bikin kue di luar angkasa, bagaimana hasilnya?

    Membuat kue di luar angkasa merupakan salah satu hal menarik yang dilakukan astronot. Namun bagaimana hasilnya jika kegiatan itu berlangsung di stasiun luar angkasa internasional (ISS)?

    Di ISS memang ada astronot wanita yang bergabung, Christina Koch. Biasanya wanita paling senang memasak dimanapun, dan ini memang keahlian wanita. Namun tidak begitu yang dirasakan Koch.

    Koch mengatakan jika membuat kue dan susu di luar angkas merupakan hal yang sangat sulit. Walaupun tetap saja mereka berusaha untuk membuatnya dan berhasil.

    “Kami telah membuat kue dan susu luar angkasa untuk Santa tahun ini,” ujar Koch dalam cuitan di akun Twitternya akhir Desember lalu.

    Sejatinya, masak memasak itu dilakukan untuk menguji coba perangkat memasak baru untuk digunakan di ISS. Namanya Zero-G Oven. Oven ini didesain khusus untuk membuat kue dengan kondisi lingkungan microgravity, di ISS.

    Hal ini mungkin terdengar seperti latihan yang sepele, tetapi hasilnya benar-benar mengejutkan. Pasalnya, memanggang kue di luar angkasa tidak semudah yang dibayangkan. Polanya pun berbeda dengan di bumi.

    Hal ini dibuktikan oleh Koch dan para astronot lainnya. Saat mereka menggunakan temperatur yang sama pada oven yang digunakan di bumi untuk memanggang kue tersebut, hasilnya ternyata masih mentah.

    Bahkan dengan temperatur tersebut dan waktu memanggang selama 50 menit, hasilnya masih mentah. Lalu mereka pun menunggu kembali oven tersebut terus memangganng. Selama lebih dari 2 jam berlalu, kue pun mendekati matang.

    Akhirnya, para astronot memberikan waktu tambahan selama 130 menit kepada si oven untuk mematangkan kue itu. Hasilnya, kue tersebut pun matang.

    Sayangnya, kue hasil panggang di luar angkasa itu tidak bisa dimakan. Mereka harus membungkus kue tersebut dan mengirimnya kembali ke bumi untuk bisa diteliti oleh para ilmuwan. Para ilmuwan akan mencari tahu dampak gravitasi nol pada kue tersebut dan seberapa matang kue itu dimasak oleh oven tersebut.

    Sebenarnya meski simpel, penelitian ini cukup penting. Pasalnya, oven tersebut akan dibawa oleh para astronot yang akan melakukan misi perjalanan panjang ke luar angkasa, seperti ke Mars. Sehingga mereka tidak kehabisan makan di jalan menuju ke Mars.

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR