Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Rawat pasien Virus Corona, Amerika Pakai Robot

    Dua orang tersebut, satu pria dan satu wanita, memang diketahui baru kembali dari Wuhan, China. Centers for Disease Control and Prevention telah mengonfirmasi dan merawat dua orang pasien tersebut dan 63 orang lainnya yang diduga terjangkit Virus Corona.

    Sebanyak 63 orang yang diduga terjangkit Virus Corona itu memang sedang diperiksa intensif. Kabar lainnya, 11 orang telah dinyatakan negatif Virus Corona sedangkan 50 lainnya masih diperiksa intensif.

    Yang menarik, dilansir dari The Guardian, para dokter di rumah sakit Everett, Washington menggunakan robot rawat pasien virus Corona. Pasien yang berusia 30 tahunan itu berada di unit khusus pathogen di rumah sakit itu.

    Dr. George Diaz yang mengurusi pasien tersebut mengatakan bahwa dia memantau pasien di luar ruangan, di balik jendela. Dia berada di ruangan satunya dengan ukuran 6 meter x 6 meter untuk mengendalikan robot tersebut. Robot pemeriksa pasien itu dilengkapi denga kamera, mikrofon dan stetoskop.

    “Ini merupakan satu dari banyak cara yang dilakukan rumah sakit untuk mengurangi resiko penyebaran virus, khususnya pada pekerja kesehatan dan lingkungan di rumah sakit,” ujar Diaz.

    Rumah sakit Everett diketahui hanya memiliki dua ruangan khusus untuk pasien tersebut. Namun mereka mengungkap akan menambah ruangan sampai 10 unit untuk mempersiapkan kemungkinan yang terjadi ke depannya.

    “Sekarang ketika ada pasien menderita sakit pernapasan, paru-paru, mereka akan ditanya lebih dulu apakah mereka pernah ke China dalam kurun 14 hari belakangan, atau berada dekat dengan orang yang baru pulang dari China selama dua minggu terakhir,” katanya.

    Virus Corona memang telah menyebar dengan cepat. Asalnya dari Wuhan, China namun belum diketahui apa penyebabnya. Ada yang bilang dikarenakan konsumsi makanan dari binatang liar seperti sup kelelawar. Namun yang jelas virus tersebut menular dari manusia ke manusia, atau dari binatang ke manusia, seperti ular dan kelelawar.

    Baca juga: Cara Pakai Masker yang Benar untuk Cegah Virus Corona

    Untuk menghindari, disarankan agar warga menghindari keramaian, menggunakan masker dengan benar dan selalu mencuci tangan bersih setiap saat, apalagi sebelum memegang hidung atau mulut.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR