10 Hoax terkait virus corona

0
Kasus Virus Corona di India

Banyak informasi hoax virus corona. Penyakit yang semakin menyebar dan mengkhawatirkan semua orang, membuat informasinya pun banyak dicari. Inilah mengapa banyak hoax terkait virus corona yang menyebar dan malah makin membuat cemas.

Dalam hal penyebaran informasi, media sosial memang terbukti paling cepat dan banyak dibaca orang. Namun sayang, proses penyaringannya tidak ada sehingga orang tidak bisa membedakan mana informasi yang benar dan mana yang salah.

Berikut ini kami rangkumkan hoax-hoax yang menyebar terkait dengan virus corona, yang kami ambil dari berbagai sumber.

1. Bill Gates Penemu Virus Corona

Kabar tentang penemu virus corona yang merujuk pada nama Bill Gates menyebar di Facebook. Hal ini dikarenakan Bill Gates pernah melontarkan prediksi adanya wabah besar yang akan menghapus manusia di bumi. Bill Gates juga dituding telah mempatenkan virus ini.

Facebook sendiri telah memblokir informasi-informasi yang terkait dengan Gates Hoax ini. Setiap informasi tersebut telah diberikan peringatan Hoax karena kebenarannya tidak terbukti.

2. Senjata biologi

Informasi lain menyebut jika virus corona merupakan senjata biologi yang dibuat sengaja oleh pemerintah China untuk mengurangi populasi penduduk di negaranya. Laman Cek Fakta Tempo menyebut jika pernyataan ini pertama kali ditulis oleh Washington Post dalam wawancara dengan ahli mikrobiologi Institute for Defence Studies and Analyses, Dany Shoham. Tempo kemudian menghubungi Dany untuk mengklarifikasi.

Shoham membalas singkat bahwa tidak ada bukti atau indikasi terjadinya infiltrasi virus Corona dari laboratorium di Wuhan.

3. Sembuh makan bawang putih

Soal kesembuhan, memang sudah ada bukti yang menyebut jika beberapa pasien virus corona sembuh dan tak terjangkit lagi. Namun metode dan obat yang digunakan masih menjadi pertanyaan. Bahkan dengan bawang putih sekalipun. Belum ada penelitian medis yang membuktikan adanya khasiat bawang putih untuk menangkal virus corona.

Dijelaskan oleh dokter spesialis paru Faisal Yunus dalam artikel yang diterbitkan oleh Health Liputan6.com pada Senin (27/1/2020), penyakit yang disebabkan virus sejatinya bisa sembuh sendiri jika daya tahan baik.

“Maka bila ada yang sembuh makan bawang putih, sembuhnya ini kemungkinan memang sembuh sendiri. Jadi bila tidak makan bawang putih pun dia bisa sembuh,” kata Faisal.

4. Minum cairan pemutih

Informasi ini juga beredar di media sosial, yang menyatakan bahwa pasien virus corona bisa sembuh jika meminum cairan pemutih. Ini jelas tak ada dasarnya sama sekali, apalagi cairan pemutih terdiri dari bahan kimia yang justru bisa membuat nyawa melayang.

5. Menginfeksi makanan asal China

Informasi ini menyebar di kalangan pengguna medsos di Australia awalnya. Makanan seperti Ramen, fortune cookies, sampai daging wagyu, disebut telah terjangkit virus corona dari China. Masyarakat diimbau untuk tidak mengkonsumsi makanan dari China. Informasi itu juga membawa-bawa nama institusi Bureau of Diseasology Parramatta, yang keberadaannya juga gaib.

NSW Health mengkonfirmasi jika tidak ada kontaminasi dari makanan asal China, khususnya yang disebutkan di atas. Bantahan yang sama juga diungkap oleh Profesor James McCaw dari University of Melbourne.

6. Menjangkiti ponsel buatan China

Warganet heboh saat ada postingan yang menyebar dan mengatakan bahwa virus corona bisa terjangkit dari ponsel Xiaomi. Padahal sudah diketahui jika virus corona menular dari manusia ke manusia.

CNN menuliskan, Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI Achmad Yurianto menjelaskan virus corona tidak bisa hidup jika menempel di benda mati.

7. Mayat berjatuhan di jalanan Wuhan

Sebuah foto beredar yang memperlihatkan banyak manusia bergelimpangan di jalanan yang diduga kota Wuhan. Detik.com menganalisa foto tersebut dengan alat bantu verifikasi InVid menemukan faktanya foto tersebut bukan diambil di China.

Foto yang diambil pada tahun 2014 ini adalah sebuah pertunjukkan seni demi mengenang 528 korban kamp konsentrasi Nazi. Jadi bisa dipastikan informasi yang menyebut ini foto korban bergelimpangan karena virus corona di China tidak benar alias hoax.

8. Kumur-kumur dengan air garam

Sama halnya dengan meminum cairan pemutih, informasi yang beredar di Facebook juga menyebut kalau virus corona bisa mati jika pasien berkumur dengan air garam. AFP Factcheck tidak menyarankan hal ini sama sekali dan malah menyebut informasi itu sebagai berita bohong.

9. Sup kelelawar

Berita tentang sup kelelawar yang menjadi penyebab virus corona sudah menyebar ke seluruh dunia. Namun sejatinya, informasi itupun belum bisa dipastikan kebenarannya walau yang pasti, virus tersebut menyebar dari sebuah pasar perdagangan hewan liar di Wuhan.

Dalam artikel Detik.com, pihak dari Kementerian Kesehatan Indonesia juga tidak bisa memastikan bahwa virus itu bersumber dari sup kelelawar. Pasalnya, saat dijadikan sup, virus tersebut seharusnya sudah mati dan tidak berkembang.

10. Cukup dengan masker

Penggunaan masker memang bisa mencegah penyebaran virus corona ke tubuh kita, namun itu bukan satu-satunya hal yang harus dilakukan. Menurut pihak kementerian kesehatan, virus corona bisa ditangkal jika kita memiliki daya tahan dan imunitas yang tinggi. Oleh karena itu selain memakai masker, semua orang juga harus rajin mencuci tangan, dan memiliki pola hidup sehat, berolahraga dan menjauhkan diri dari adanya potensi kontaminasi.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan