Friday, 6 August 2021
More

    Latest Posts


    Gojek, Kitabisa dan BAZNAS donasi Rp1 miliar untuk korban banjir

    Pasca bencana banjir di awal tahun 2020 lalu yang melanda Jabodetabek, Gojek serah terima donasi sebesar Rp 1 miliar untuk membantu fase rehabilitasi yang diselenggarakan hari ini.

    Donasi tersebut berasal dari kebaikan hati puluhan ribu masyarakat Indonesia pengguna dan mitra ekosistem Gojek. Penggalangan dana untuk banjir Jabodetabek ini dilakukan dengan memanfaatkan platform GoGive, layanan donasi online Gojek dengan Kitabisa.com. Sementara, penyaluran donasi terkumpul akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

    Dalam kesempatan ini, komitmen Gojek untuk ketangguhan bencana dipertegas melalui kerja sama yang tertuang di Nota Kesepahaman dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang juga ditandatangani.

    Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengatakan, “Gojek mengucapkan terima kasih atas kemurahan hati para pengguna aplikasi kami yang telah memanfaatkan inovasi Gojek dalam berdonasi digital untuk masyarakat yang terdampak banjir. Semangat bahu membahu untuk membantu sesama seperti ini sejalan dengan visi Gojek untuk memudahkan keseharian masyarakat, terutama dalam berbuat baik dan membawa manfaat yang seluas-luasnya.”

    Nila melanjutkan bahwa bantuan ini merupakan tindak lanjut dari aksi nyata hulu ke hilir yang Gojek lakukan sejak hari pertama bencana untuk penanggulangan banjir Jabodetabek. Gojek turun langsung dalam fase tanggap darurat, membantu evakuasi warga dan mitra ekosistem Gojek, serta menyalurkan paket bantuan. Selanjutnya, donasi yang terkumpul ini akan disalurkan oleh BAZNAS untuk fase rehabilitasi di berbagai tempat di Jabodetabek.

    Dalam masa tanggap darurat bencana banjir, karyawan dan mitra Gojek bergotong royong membantu korban banjir, bersama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, lembaga-lembaga terkait, dan masyarakat luas.

    Ratusan relawan, karyawan dan mitra Gojek turun langsung bantu evakuasi dan penyaluran paket logistik di 84 titik yang terdampak banjir, di antaranya Villa Nusa Indah (Bekasi), Kademangan dan Ciledug Indah (Tangerang), Teluk Gong (Jakarta Utara), Cengkareng dan Rawa Buaya (Jakarta Barat), Ciracas, Jatinegara, dan Rusunawa Pengadegan (Jakarta Timur).

    Mitra GoClean turut bantu membersihkan berbagai fasilitas publik, termasuk Kantor Kelurahan, Gelanggang Olahraga, dan Fasilitas Ibadah. Selanjutnya bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Gojek juga mendistribusikan seragam sekolah dan paket alat kebersihan di sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah di 5 kotamadya di Jakarta.

    Kabarnya, Gojek juga berpartisipasi aktif dalam strategi penanggulangan bencana secara menyeluruh, melalui sinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang juga diresmikan hari ini.

    Ruang lingkup kerja sama Gojek dan BNPB tidak hanya mencakup aktivasi bantuan relawan dan kebutuhan logistik, tetapi juga pengembangan inovasi yang berfokus pada edukasi dan penyebaran informasi melalui aplikasi Gojek terkait penanggulangan bencana. Tidak hanya itu, BNPB juga akan memberikan pelatihan tanggap bencana untuk mitra dan karyawan Gojek.

    Dukungan BAZNAS dan Kitabisa untuk Aksi Peduli Banjir bersama Gojek Direktur Utama BAZNAS, M. Arifin Purwakananta menjelaskan, “Sejak bencana yang menimpa Jabodetabek di awal tahun, tim BAZNAS secara aktif turun langsung membantu masyarakat. Selanjutnya, donasi yang telah terkumpul melalui kerja sama dengan Gojek dan Kitabisa akan BAZNAS fokuskan untuk membantu penyediaan hunian sementara (huntara) di berbagai tempat di Jabodetabek yang terdampak banjir.”

    Arifin melanjutnya, “Aksi peduli banjir Jabodetabek bukan kolaborasi pertama BAZNAS dengan Gojek dalam menanggulangi bencana di Indonesia. BAZNAS akan terus mendukung upaya gotong royong penanggulangan bencana dan turut mengapresiasi Gojek yang kini semakin mengukuhkan komitmennya untuk penanggulangan bencana jangka panjang..” Tutupnya.

    Baca juga, ‘Melangkah Jauh ke Depan’, Gojek siap pasang strategi

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR