Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    Hindari virus corona, Apple ciptakan masker berbentuk wajah

    Menanggapi wabah virus corona, pihak Apple dikabarkan menambahkan sistem pengenalan wajah ke iPhone atau iPad, di mana pengguna memakai salah satu masker N95 khusus untuk membuka kunci perangkatnya. Produk ini kabarnya tersedia atau pengguna Apple bisa menemukannya di FaceIDMasks.com.

    Sayangnya tidak semua sistem membuka kunci wajah dibuat sama. Pasalnya, ponsel Android juga menggunakan sistem penguncian wajah 2D selama beberapa tahun lalu, yang menjadikan jenis sistem penguncian wajah yang tidak akurat alias dapat tertipu hanya dengan menggunakan foto.

    Mencetak bagian bawah wajah pengguna pada masker wajah mungkin akan cukup untuk menjadi pemecah masalah tentang ponsel yang menggunakan teknologi membuka kunci wajah 2D yang kurang aman. Bahkan pengenalan wajah 2D juga diklaim tidak aman untuk digunakan dengan aplikasi perbankan dan layanan sensitif lainnya.

    Sebenarnya Apple sudah menciptakan pembuka kunci wajah 3D atau Face ID beberapa tahun lalu. Sistem ini bekerja melalui penataan tata letak 3D wajah pengguna dengan bantuan modul kamera canggih sambil secara bersamaan memeriksa respon pengguna (mata terbuka atau tertutup) untuk membuka kunci iPhone atau iPad.

    Dikutip dari laman, Bgr, teknologi ini juga digunakan beberapa vendor smartphone lain dengan mereplikasi ID Wajah, termasuk Huawei, Xiaomi, dan LG, tetapi hanya beberapa ponsel yang memiliki perangkat keras pengenalan wajah 3D. Tak mau tertinggal, Google juga dikabarkan menambahkan sistem untuk pengenalan wajah 3D ke Android dengan merilis Pixel 4.

    Pengguna ID Wajah mungkin sudah tahu bahwa ID Wajah dapat dengan cepat beradaptasi dengan tutup kepala, termasuk topi dan kacamata. IPhone atau iPad Pro akan tetap terbuka meskipun pengguna mengenakan topi atau memakai kacamata.

    Namun, jika sebagian wajah pengguna ditutupi oleh benda yang agak besar, seperti syal atau masker pelindung N95, hal ini akan gagal mengidentifikasi profil 3D wajah pengguna dan tidak akan membuka kunci iPhone. Tapi, jika ID Wajah tidak berfungsi karena tertutup masker apa pun yang dikenakan pengguna, mereka masih bisa menggunakan PIN atau kata sandi cadangan yang mengunci ponsel.

    Coronavirus saat ini merupakan masalah nyata bagi semua belahan dunia, terutama yang tinggal di daerah yang padat penduduk dan khawatir tentang infeksi potensial. Virus baru ini memiliki gejala yang sama dengan flu dan harus didiagnosis menggunakan tes khusus, yang berarti siapa pun dapat terinfeksi.

    Perlengkapan pelindung seperti masker dapat membantu mencegah penyebaran virus, tetapi itu bukan jaminan bahwa sebagian orang tidak akan bersentuhan dengan virus. Jika ada, penggunaan masker wajah membantu melindungi orang lain dari penyebaran kuman.

    Baca juga, Traveloka bagikan masker di bandara untuk cegah virus corona

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json