Monday, 14 June 2021
More

    Latest Posts


    Pakai Gojek, perjalanan malam hari kaum cewek lebih aman? Begini penjelasannya

    Bagi paradiva pengguna Gojek, sekarang kamu gak perlu khawatir dengan keamanan saat menggunakan ojek online yang satu ini terutama dimalam hari. Pasalnya bertepatan Hari Perempuan Internasional, Gojek kenalkan kampanye inisiatif perempuan #AmanBersamaGojek untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan terutama bagi para kaum perempuan, lho!

    Melalui pemanfaatan teknologi terkini dan tercanggih yaitu Gojek SHIELD yang mencakup pilar teknologi, pilar proteksi, serta pilar edukasi, serangkaian fitur yang ditampilkan pastinya bisa membuat paradiva merasa aman menggunakan aplikasi gojek. Teknologi Gojek SHIELD ini bakal memastikan keamanan paradiva dari sebelum memulai perjalanan, selama perjalanan dan pada saat darurat.

    Fitur ini menyediakan layanan, seperti penyamaran nomor telepon (baik pelanggan maupun driver), fitur bagikan perjalanan, serta tombol darurat yang terhubung dengan Customer Care dan Unit Darurat yang siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban.

    Baca juga, #AmanBersamaGojek: Gojek tingkatkan edukasi, teknologi dan proteksi

    Nah, gimana sih cara kerjanya? Paradiva harus tau, nih, kalau kamu bisa mulai aware terhadap diri sendiri ketika melakukan perjalanan menggunakan aplikasi Gojek seperti penjelasan dibawah ini.

    Pilar Teknologi

    Teknologi Gojek SHIELD bekerja memastikan keamanan paradiva dari sebelum memulai perjalanan, selama perjalanan, dam pada saat darurat. Pada pilar Teknologi ini memiliki beberapa opsi pada aplikasi, paradiva bisa mulai dari pilih opsi Penyamaran Nomer Telepon, kemudian ada opsi Bagikan Perjalanan, dan terakhir Panggil Bantuan Darurat (Tombol Darurat). Berikut penjelasannya:

    Penyamaran Nomer Telepon

    Sebelum melakukan perjalanan, Gojek sudah mulai melindungi pengguna dengan fitur Penyamaran Nomer Telepon. Tujuannya adalah untuk menjaga privasi, jadi paradiva akan merasa aman ketika melakukan chatting dengan driver dengan menyamarkan angka belakang nomer telepon kamu.

    Bagikan Perjalanan

    Di awal perjalanan, Gojek melindungi pengguna dengan fitur Bagikan Perjalanan (Share My Trip). Saat paradiva mulai menggunakan aplikasi Gojek untuk melakukan perjalanan, ketika kamu ingin merasa aman, paradiva bisa gunakan ini untuk share perjalanan, bisa lewat aplikasi WhatsApp, dan social media lain yang terkait kepada orang terdekat agar mereka dapat memantau aktivitas perjalanan kamu.

    Tombol Darurat

    Jika ada kejadian darurat, Gojek akan melalukan perlindungan melalui tombol darurat. Fitur ini terhubung dengan Unit Darurat 24 jam dan layanan ambulans. Jadi untuk paradiva atau bahkan driver bisa mengklik tombol darurat tersebut.

    Proteksi

    Gojek menciptakan Zona Aman Bersama Gojek yang dikembangkan mengacu pada kajian “After Dark: Encouraging Safe Transit for Women Travelling at Night” oleh UN Women dan Pulse Lab Jakarta. Pada bagian ini, ada dua area dimana Gojek bisa berkontribusi, yang pertama bagaimana Gojek bisa membantu menciptakan area tunggu yang aman bagi perempuan saat menunggu transport khususnya di malam hari seperti Zona Aman Bersama Gojek.

    Zona Aman Bersama Gojek, merupakan ruang ramah perempuan yang memanfaatkan ratusan shalter atau titik jemput Gojek yang ada diberbagai lokasi di Indonesia. Zona Aman Bersama Gojek ini memiliki fasilitas penerangan dan tempat duduk yang menandai untuk menunggu, berlokasi di area ramai dan titik transportasi publik serta dilengkapi materi edukasi publik untuk mensosialisasikan ruang publik aman bagi perempuan. Contohnya edukasi mengenai cara mencegah dan melaporkan tindakan kekerasan seksual.

    Paradiva bisa menemukan shalter Zona Aman Bersama Gojek ini di Stasiun KA.Sudirman, Stasiun KA.Bekasi, dan Stasiun MRT Lebak Bulus dan masih banyak lagi titik kota lain selain di Jabodetabek.

    Edukasi

    Dalam melakukan edukasi kepada masyarakat, Gojek menggandeng berbagai pihak, seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak( Kementerian PPPA), Hollaback! Jakarta, serta Lembaga Swadaya Masyarakat tingak local seperti LBH APIK Kota Medan, LBH Manado, Rifka Annisa Women Crisis Center Yogyakarta, serta Resister Indonesia Kota Malang.

    Monita Moerdani, selaku SVP Transport Marketing Gojek mengungkapkan, “Bagi Gojek, keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama, khususnya bagi perempuan. Prioritas tersebut kami tunjukkan dengan pemanfaatan teknologi terkini dan tercanggih yaitu Gojek SHIELD, untuk memberikan rasa aman saat menggunakan aplikasi Gojek. Namun, kami tidak berhenti disini saja. Kami bekerja ekstra keras melebihi standar industri guna memastikan keamanan bagi perempuan terutama di malam hari. Ini penting mengingat 55% dari total perjalanan GoRide dan GoCar di malam hari dilakukan oleh pelanggan perempuan.”

    Nah, paradiva bisa mendapatkan edukasi dari pihak Gojek melalui situs gojek.com/aman dan gjk.id/perempuanaman, media social, in-app push yang mencakup langkah menjadi active bystander. Materi yang disampaikan merupakan edukasi yang terdiri dari infografis, poster, serta video melalui Zona Aman Bersama Gojek.

    Melalui aplikasi Gojek ini, diharapkan dapat membantu para perempuan melakukan perjalanan khususnya di malam hari dan memulai langkah untuk lebih peka terhadap sekitar. Gimana paradiva? Sangat membantu, ya! 

    Baca juga, International Women’s Day: Facebook beri peluang perempuan berbisnis

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR