Sering bad mood? Konsumsi makanan ini

2
bad mood

Diva says – Sering mengalami suasana hati yang buruk atau bad mood yang biasanya terjadi ketika pekerjaan yang membuat stress, rencana tidak berjalan mulus, atau hal lain penyebab bad mood, tentu dapat menimbulkan dampak yang buruk dalam kehidupan sehari-hari.

Mengkonsumsi makanan yang tepat ternyata dapat meningkatkan mood kamu lho! Terlebih jika makanan peningkat mood ini selalu tersedia di dapur, pastinya bukan hanya meningkatkan mood tapi juga membuat tubuh menjadi sehat. Dijamin deh ketika bad mood datang kamu tidak akan cemas dan berlarut dalam suasana hati yang buruk.

Yuk, intip makanan apa aja sih yang dapat meningkatkan mood kamu sepanjang hari.

Kacang Brazil

 

Kacang Brazil ini merupakan salah satu sumber terbaik mineral selenium. So, kamu hanya perlu tiga kacang Brazil ini sebagai cemilan dipagi hari. Kamu juga bisa mencampur pisang dan kacang Brazil atau taburi di atas salad sesuai selera sebagai cemilan yang mengenyangkan.

Minyak Ikan

 

Bagi kalian yang kekurangan asam lemak omega-3 mungkin lebih rentan terhadap depresi dan mood rendah. Konsumsi salmon dan sarden secara teratur setidaknya satu porsi (140g) seminggu dapat memperbaiki mood kamu.

Oats

 

Oats dapat membuat gula darah dan suasana hati kamu stabil lho, untuk itu Oats mengandung mineral yang dapat merangsang mood. Kamu hanya perlu menyajikan setengah mangkuk ketika memulai sarapan, lalu campurkan dengan madu dan kacang-kacangan atau yoghurt untuk menambahkan protein.

Pisang

 

Pisang mengandung asam amino tryptophan serta vitamin A, B6, dan C, serat, potasium, fosfor, zat besi dan karbohidrat. Kandungan dalam pisang bermanfaat untuk meningkatkan mood dan juga membantu pola tidur kamu lho. Kamu hanya perlu konsumsi satu buah pisang setiap hari atau iris menjadi bubur untuk memulai sarapan.

Lentil

 

Lentil merupakan karbohidrat kompleks seperti kandungan yang terdapat dalam pisang. Selain menstabilkan mood kamu, lentil juga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dan menstabilkan kadar gula darah. Cobalah mencampurkan lentil pada sup atau semur, namun kamu harus merendamnya selama beberapa jam sebelum dimasak agar lentil mudah dicerna.

Ayam dan Kalkun

 

Ayam dan kalkun membantu meningkatkan asupan triptofan asam amino, dimana tubuh menggunakan triptofan untuk membuat serotonin yaitu, salah satu neurotransmiter terpenting yang berhubungan dengan mood. Untuk mengkonsumsi ayam dan kalkun, campurkan pada sandwich, sup atau sayuran sesuai selera.

Bayam

 

Vitamin B penting untuk diperhatikan termasuk mengkonsumsi folat, vitamin B3, B6, dan B12, sayur-sayuran hijau seperti bayam atau brokoli. Penyajiannya cukup dengan menumis bayam, atau membuat salad sebagai cemilan disiang hari. Dijamin deh, selain menstabilkan mood kamu juga dapat mengkonsumsi makan-makanan sehat.

Air Mineral

Air mineral sangat penting agar tubuh kita berfungsi dengan baik dan bahkan kekurang air mineral dapa mengganggu fisik dan mental kita lho. Apalagi ketika kita benar-benar mengalami dehidrasi, pastinya berpengaruh pada kemampuan kita untuk berkonsentrasi. Para ahli merekomendasikan konsumsi 1-2L air mineral setiap harinya. Kamu juga dapat mencapurnya dengan irisan lemon, daun mint dan stroberi sesuai selera.

Sereal

 

Mengkonsumsi sereal yang terdapat kalsium didalamnya saat sarapan terbukti dapat mengurangi tingkat stress dan kecemasan yang kamu alami. Cobalah untuk mengkonsumsi semangkuk sereal di pagi hari, selain meningkatkan mood juga dapat mengenyangkan perut.

Dark Chocolate

 

Kandungan dark chocolate membantu otak melepaskan endorfin, kemudian meningkatkan kadar serotonin. Tentunya dark chocolate menghasilkan sedikit hormon stres dan tingkat kecemasan. Cobalah untuk mengkonsumsi beberapa dark chocolate atau seduh secangkir cocoa panas sebagai peningkat mood kamu.

Tiram (Oysters)

 

Tiram atau makanan laut memiliki banyak manfaat jika menyangkut kesehatan mental dan meningkatkan mood kamu lho. Salah satunya tiram mengandung protein yang kaya akan tirosin asam amino.

 

Baca Juga: 3 makanan ini bikin tidur kamu, ya gitu deh!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan