Etika video conference saat work from home

Wabah virus corona dengan penyakit Covid-19 memaksa beberapa perusahaan harus memberikan kebijakan karyawannya agar kerja dari rumah. Istilah work from home pun membuat beberapa aplikasi jadi popular kembali, salah satunya video conference.

Aplikasi video conference banyak yang bisa digunakan. Mulai dari Skype, WhatsApp video, sampai aplikasi Zoom. Aplikasi ini dianggap cukup efektif untuk bisa mengurangi resiko penularan karena tak ada tatap muka secara fisik.

Namun saat rapat video conference, bukan berarti kita bisa sembarangan. Mulai dari penampilan, gerak tubuh, dan sikap harus disesuaikan seolah kita berada di ruang rapat kantor. Berikut ini beberapa etika conference call yang bisa dilakukan!

Berdandanlah yang rapi

Saat video conference, seluruh karyawan pasti akan hadir termasuk bos kamu. Sangat tidak baik dilihat jika kamu berada di dalam tampilan video dengan keadaan acak-acakan dan belum mandi. Maka dari itu, beraktivitaslah seperti layaknya kita berada di rapat kantor. Mandi, sisir rambut, berdandan, dan memakai pakaian yang layak.

Fokus dan dengarkan

Saat berada di conference call, memang hanya kita yang terlihat di satu layar itu. Oleh karena itu gerak-gerik kita akan sangat terlihat dan kamu akan ketahuan jika tidak fokus pada video conference yang berlangsung. Kalau memang kamu terpaksa multitasking, kerjakan semua hal di laptop tersebut, lalu dekatkan wajah kamu sampai tangan kamu tak terlihat.

Jika memang pekerjaan lain bisa ditunda, fokuslah saat video conference. Mata tertuju pada laptop dan kuping mendengarkan penjelasan.

Pastikan fitur video selalu aktif

Jangan lupa, pastikan fitur video selalu aktif, jangan sampai kamu membuat kesalahan dengan mematikannya, atau hanya mau menggunakan voice. Periksa setingan di smartphone kamu agar mengijinkan kamera terbuka saat aplikasi digunakan.

Berada di ruangan khusus

Jika memungkinkan, carilah ruangan yang sepi dan jauh dari hingar bingar agar video conference nyaman dan terdengar dengan jelas. Apalagi jika di rumah, anak atau orang rumah kerap lalu lalang dan mengganggu conference call kita.

Serius tapi santai

Meskipun conference call dilakukan dengan sesama teman kantor, bukan berarti aktivitas tersebut berlangsung dengan serius. Seperti layaknya rapat biasa, terkadang harus dibumbui dengan canda tawa. Jadi tetaplah berbahagia meskipun berada jauh dari teman teman kantor.

By the way, bahagia juga bisa meningkatkan imunitas, lho!

Baca juga, Samsung Galaxy Tab S6, kerja gak harus dikantor!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.