Ikuti Netflix, Youtube kurangi kapasitas streaming selama pandemi COVID-19

Ikuti Netflix, Youtube kurangi kapasitas streaming. Youtube akan menayangkan video dalam format definisi standar (SD) dengan kualitas lebih rendah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada internet selama pandemi COVID-19. Pengurangan kapasitas ini akan dilakukan di seluruh dunia.

Namun, para pengguna tetap bisa menggunakan format HD untuk menonton video. Jika video tersebut menyediakan kapasitas HD. Lalu, format SD dengan bit rate yang lebih rendah tetap dijadikan sebagai setingan default. Di samping itu, Youtube dan Google berharap para pengguna dapat membantu Youtube untuk kurangi kapasitas streaming ini. Sekaligus, mengurangi kemacetan di jaringan dengan meningkatnya penggunaan bandwidth karena COVID-19 membuat jutaan orang untuk tidak keluar rumah.

Google menyatakan bahwa pengurangan kapasitas streaming ini sudah tersedia dari update-an aplikasi terbarunya pada Selasa (24/3/2020) pagi kemarin. Minggu lalu, juga Youtube kurangi kualitas streaming menjadi SD di seluruh Eropa, termasuk Inggris dan Switzerland. Sekarang, sudah diperluas hingga seluruh dunia.

Berikut adalah pernyataan dari Google, “Mengingat krisis global yang sedang kita hadapi saat ini, kami memutuskan untuk memperluas perubahan tersebut (kapasitas streaming menjadi SD), secara global mulai hari ini,” lalu pihaknya kembali menambahkan, “Updete-an terbaru ini secara perlahan akan diluncrukan, setelah itu pengguna dapa menyesuaikan kualitas video secara manual.”

Tidak hanya Youtube yang kurangi kapasitas streaming, namun juga aplikasi streaming video lainnya, seperti, Netflix, Amazon, Disney Plus dan Apple juga telah mengurangi pemanfaatan bandwith mereka di Eropa. Sejauh ini, Youtube adalah satu-satunya yang memperluas perubahannya tersebut ke seluruh dunia.

Baca juga, Youtube Music tambahkan Fitur Lirik Lagu

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.