Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    Youtube siap luncurkan ‘Shorts’, aplikasi pesaing TikTok

    Youtube siap meluncurkan aplikasi terbaru yang dinamakan Shorts. Aplikasi tersebut memungkinkan para penggunanya untuk membagikan video yang mereka buat sendiri dalam durasi yang pendek. Shorts dikabarkan akan diluncurkan akhir tahun ini dan bakal menjadi pesaing TikTok.

    Merespon hal tersebut, Youtube menyatakan bahwa memang benar mereka sedang membuat aplikasi baru. Saat ini, Youtube sudah memiliki perjanjian lisensi dengan semua penerbit besar untuk memperluas fitur tebarunya ini. Shorts akan tersedia pada aplikasi Youtube, tepatnya di feed baru. Jadi, para pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi baru untuk menggunakan Shorts.

    Dengan begitu, para penggunanya bisa dengan mudah menambah musik dalam video yang akan mereka posting. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan library dan backsound berlisensi yang tersedia di Youtube. Hal tersebut juga bisa menjadi jalan bagi Youtube untuk menarik para penggunanya untuk menggunakan Shorts dan siap menjadi kompetitor bagi TikTok. Mengingat selama 15 tahun ini, pengguna Youtube telah mencapai lebih dari jutaan pengguna dan terus bertambah setiap tahunnya.

    Beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali platform yang berusaha membuat aplikasi pesaing TikTok. Akan tetapi, belum ada yang bisa mengalahkan popularitas TikTok. Satu-satunya aplikasi yang berhasil menjadi kompetitor adalah aplikasi buatan ByteDance, yaitu Musical.ly. Namun, tahun lalu Musical.ly ditutup untuk bergabung dengan TikTok.

    Selanjutnya, pada tahun 2018, Facebook juga pernah membuat aplikasi mirip TikTok yang bernama Lasso. Co-Founder Vine juga meluncurkan aplikasinya yang bernama Byte di awal tahun 2020. Byte sempat meraih beberapa kesusksesan saat pertama kali diluncurkan. Tahun 2019 lalu, Google dikabarkan sempat ingin membuat aplikasi serupa yang bernama Firework. Namun, tidak ada kejelasan yang lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut. Yang sekarang kembali dikabarkan berencana untuk merilis Shorts.

    Baca juga, TikTok rilis aplikasi Resso.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json