APJII Rilis Film Dokumenter "Derang Daring"

APJII Rilis Film Dokumenter "Derang Daring"
News

APJII Rilis Film Dokumenter "Derang Daring"

APJII Rilis Film Dokumenter "Derang Daring"

APJII Rilis Film Dokumenter "Derang Daring" # Sumber : Nadhira/Gadgetdiva.id

GadgetDivaAsosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis film dokumenter bertajuk Derang Daring pada Jumat (30/8). Tayangan ini ditujukan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya keberadaan internet Indonesia.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga menyatakan alasannya menyampaikan pesan tersebut lewat film karena mudah ditonton oleh masyarakat luas. Setelah launching di Jakarta, APJII akan menggelar nobar di 15 wilayah cakupannya.

Lewat film Derang Dering, APJII ingin menyampaikan pesan bahwa Indonesia masih membutuhkan pemeratan akses internet hingga ke pelosok wilayah. Sebab, hingga saat ini penetrasi internet di Indonesia masih 79%.

Indonesia sendiri saat ini masih memiliki isu pemeratan akses telekomunikasi. Lewat film ini, lanjut Arif, pihaknya ingin menunjukkan bahwa internet sangat berperan penting dalam kehidupan seluruh lapisan masyarakat.

"Kita itu sekarang masih punya isu di pemerataan akses telekomunikasi. Dan, kalau kita lihat di film ini juga bagaimana masyarakat sebenarnya bisa menggunakan akses internet ini untuk hal-hal yang macam-macam ya. Hal-hal yang tentunya positif untuk kehidupan sehari-hari," ungkap Arif dalam acara pemutaran film "Derang-Dering" di Jakarta, Jumat.

"Nah, pesan ini yang mau kita sampaikan ke masyarakat luas Bukan hanya masyarakat, ini juga untuk pemerintah," lanjut dia.

Derang-Daring menampilkan tiga kisah dari lapisan masyarakat yang kehidupannya erat bersentuhan dengan internet. Film ini memperlihatkan bagaimana internet mampu menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi banyak orang di Indonesia.



Salah satu kisah utama dalam film ini adalah perjuangan tiga sekawan dalam mendirikan Hear Me, sebuah startup sosial yang menyediakan teknologi penerjemah dan interpretasi bahasa Indonesia untuk membantu teman-teman tuli mengakses informasi dan berkomunikasi.

Selain itu, film ini juga mengangkat kisah Velin, seorang konten kreator asal Desa Reo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Melalui channel YouTube-nya, "Ceritanya Velin", ia berhasil memikat audiens dengan menggambarkan keseharian di daerahnya, merepresentasikan suara kreator dari timur Indonesia.

Source :gadgetdiva.id



Film ini juga menceritakan tentang usaha dan tekad Stenly Takarendehang untuk pulang kampung dan mengembangkan perusahaan penyedia layanan internet Sakaeng Solata, yang terletak di ujung utara Indonesia tepatnya di pulau Sangihe, perbatasan dengan Filipina. Stenly adalah salah satu anggota APJII.

Dalam kesempatan yang sama, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi turut menyampaikan apresasinya kepada APJII dan sineas tanah air atas terwujudnya karya film ini.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sangat mendalam kepada APJII atas kreativitas dan inisiatif APJII dan sineas tanah air atas karya film Derang-Dering," kata Budi.

Film Dokumenter "Derang-Daring" ini akan ditayangkan di Youtube APJII. Tayangan ini mulai tanggal 23 September 2024.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Erafone Lebih Dekat Berakhir Meriah di Jakarta
News

Erafone Lebih Dekat Berakhir Meriah di Jakarta

Erafone Lebih Dekat' menutup rangkaian tur nasionalnya di Jakarta. Acara di Chillax Sudirman dan Bun..

Tri Distribusikan Paket Kuota dan Router Internet ke Ratusan Pesantren Indonesia
News

Tri Distribusikan Paket Kuota dan Router Internet ke Ratusan Pesantren Indonesia

Indosat melalui brand Tri, baru-baru ini meluncurkan inisiatif sosial dengan mendistribusikan paket ..

Pemerintah Prancis Bantah Penangkapan Pavel Durov Bagian dari Politik
News

Pemerintah Prancis Bantah Penangkapan Pavel Durov Bagian dari Politik

Pemerintah Prancis membantah klaim bahwa penangkapan pejabat tertinggi aplikasi pesan Telegram pada..

Transformasi Bisnis Ralali Perkenalkan Produk Siap Saji dalam Kemasan
News

Transformasi Bisnis Ralali Perkenalkan Produk Siap Saji dalam Kemasan

Ralali merayakan 11 tahun kiprah dengan menggandeng Braskita, meluncurkan Ralali Food, dan memperken..


;