GadgetDIVA - Perkembangan teknologi yang pesat membuat data dari media sosial menjadi aset berharga bagi perusahaan dan instansi yang ingin lebih dekat dengan audiens mereka. Namun, mengolah data dalam skala besar menjadi tantangan bagi banyak pihak. Untuk mengatasi hal tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menawarkan solusi melalui produk digital unggulannya, BigSocial dari BigBox AI, yang memudahkan pemantauan dan pemahaman opini serta tren terkini secara real-time.
Opini dan tren yang berkembang di media sosial dapat diubah menjadi data yang sangat bernilai. Jika dimanfaatkan dengan baik, data tersebut dapat memberikan wawasan mendalam tentang kebutuhan pengguna. Selain itu, data ini dapat digunakan untuk menyusun strategi yang lebih efektif, termasuk mengantisipasi sentimen negatif yang mungkin muncul di media sosial.
Kecepatan dalam mengambil langkah yang tepat dan memahami kebutuhan pengguna dengan akurat sangat mendukung kesuksesan perusahaan atau instansi. Hal ini memungkinkan mereka untuk menciptakan peluang baru dan merancang strategi yang tepat sasaran untuk menjaga reputasi mereka.
Baca Juga
Advertisement
BigSocial bukan hanya alat pemantau media sosial biasa, tetapi juga berfungsi sebagai “mata dan telinga” perusahaan untuk memahami publik dan tren secara real-time. Dengan menggunakan analisis berbasis AI, BigSocial memungkinkan perusahaan untuk mengukur tren, opini publik, dan sentimen yang berkembang di berbagai saluran media sosial.
“BigSocial membantu perusahaan memahami audiens secara lebih menyeluruh, sehingga mereka dapat mengambil langkah strategis dengan cepat dan menjaga citra perusahaan,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business & Technology Telkom. Ia menambahkan bahwa kedekatan dengan audiens sangat penting agar perusahaan tetap relevan di era digital ini.
Dengan BigSocial, perusahaan dapat memanfaatkan data media sosial untuk merancang strategi yang lebih tepat sasaran. Fitur seperti Social Media Monitoring memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi tren pasar secara real-time, menemukan influencer, dan mengantisipasi isu viral yang bisa mempengaruhi citra perusahaan. BigSocial mampu memantau lebih dari 10.000 kanal media dan jutaan topik, baik domestik maupun internasional.
Baca Juga
Advertisement
Selain memantau tren, BigSocial juga menawarkan analisis sentimen yang dapat mengukur opini publik terhadap produk atau merek. Misalnya, dalam situasi krisis, perusahaan bisa melihat respons masyarakat dengan cepat melalui analisis sentimen yang ditampilkan di dashboard BigSocial, memungkinkan mereka untuk segera merespons dengan langkah yang tepat.
Fitur lain yang bermanfaat adalah dashboard custom yang menyajikan data secara komprehensif dan mudah dipahami. Selain itu, notifikasi otomatis yang dikirimkan melalui email, Telegram, atau WhatsApp memastikan perusahaan tetap mendapatkan informasi terkini tanpa harus memantau dashboard terus-menerus. BigSocial juga mendukung efisiensi operasional dan keberlanjutan dengan mengurangi penggunaan sumber daya fisik dan membantu mengurangi penggunaan kertas.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.