CIMB Niaga Perkuat Komitmen terhadap Keberlanjutan dan Pendanaan Hijau

CIMB Niaga Perkuat Komitmen terhadap Keberlanjutan dan Pendanaan Hijau
News

CIMB Niaga Perkuat Komitmen terhadap Bisnis Keberlanjutan dan Pendanaan Hijau

CIMB Niaga Perkuat Pendanaan Berkelanjutan

CIMB Niaga Perkuat Pendanaan Berkelanjutan # Sumber : GadgetDiva.id

GadgetDiva – Dalam rangka HUT ke-69, CIMB Niaga kembali menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan menggelar rangkaian acara bertema The Cooler Earth (TCE). Acara yang berlangsung pada 2-4 Oktober 2024 di Graha CIMB Niaga dan Energy Building, Jakarta, ini menjadi kelanjutan dari TCE Sustainability Summit yang telah dimulai oleh CIMB Group sejak 2019.

Dengan tujuan memobilisasi komitmen kolektif untuk membangun masyarakat yang lebih bertanggung jawab dan planet yang lebih layak huni, acara ini sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya aksi nyata dalam menghadapi tantangan lingkungan global.

Meta Siap Produksi Headset VR di Vietnam

Fransiska Oei, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, menjelaskan bahwa tema tahun ini, "#SekarangUntukMasaDepan", tidak hanya sekadar slogan, tetapi dorongan untuk bertindak. Berbagai kegiatan dalam TCE kali ini, seperti pameran diskusi dengan media, dan experiential learning diharapkan dapat mendorong masyarakat, karyawan, nasabah, hingga pelajar untuk lebih sadar akan tanggung jawab lingkungan.

"Pemanasan global nyata di depan mata, dengan kondisi udara yang semakin buruk dan suhu ekstrem. Situasi ini mengharuskan kita untuk mengambil tindakan nyata,” ungkap Fransiska. "Sebagai bank yang berkomitmen terhadap keberlanjutan, kami ingin mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, baik di tingkat individu maupun korporat," tambahnya.

 

Source :gadgetdiva.id

 

Papink, panggilan akrab Fransiska, menekankan bahwa setiap individu dapat berkontribusi pada keberlanjutan dengan memulai dari hal-hal sederhana. Contohnya, membawa tumbler untuk mengurangi penggunaan botol plastik, atau memakai tas belanja guna menghindari kantong plastik sekali pakai. "Langkah kecil ini, jika dilakukan secara kolektif, akan memberikan dampak besar bagi kelestarian lingkungan kita," jelasnya.

Di sisi perusahaan, keberlanjutan dapat diterapkan melalui digitalisasi layanan, penggunaan panel surya sebagai sumber energi, serta manajemen limbah yang lebih baik. CIMB Niaga sendiri telah mengambil inisiatif dengan mengintegrasikan praktik-praktik ramah lingkungan dalam operasional sehari-hari.

Selain edukasi, CIMB Niaga juga menawarkan berbagai produk perbankan yang mendukung keberlanjutan. Noviady Wahyudi, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, menjelaskan bahwa bank telah meluncurkan Kartu Kredit Digital OCTO Card, yang mengurangi penggunaan kartu fisik. Program One House One Tree juga memberikan kontribusi nyata, di mana setiap pembelian satu unit rumah akan didonasikan satu pohon.

Di segmen bisnis, CIMB Niaga turut menyediakan fasilitas pembiayaan yang mendukung ekonomi hijau, seperti Sustainability Linked Loan (SLL) dan produk Giro Kartini yang ditujukan untuk mendukung pengusaha wanita. Noviady menegaskan bahwa bank akan terus mendorong pertumbuhan pembiayaan berkelanjutan untuk mendukung transisi ke ekonomi rendah karbon.

 

Source :gadgetdiva.id

 

"Pada semester I 2024, hampir 26% dari total pembiayaan kami mendukung transisi ke arah ekonomi rendah karbon. Ini menunjukkan komitmen kami untuk menjaga keseimbangan antara profit dan keberlanjutan lingkungan," kata Noviady.

Dalam rangkaian acara TCE, peserta juga diajak untuk mengikuti kegiatan Experiential Learning yang berkolaborasi dengan Liberty Society. Dalam kegiatan ini, peserta diberi kesempatan untuk mengolah limbah menjadi karya seni, sebuah upaya untuk mempromosikan upcycling dan seni daur ulang. Acara ini juga dilengkapi dengan pameran produk keberlanjutan dari berbagai mitra, seperti Ivan Gunawan, KAMI, dan Six Scents, serta pemenang program Community Link CIMB Niaga.

Keberlanjutan tidak hanya menjadi isu penting bagi kalangan bisnis, tetapi juga mendapat perhatian luas dari generasi muda. Menurut Fransiska, kesadaran generasi muda terhadap isu lingkungan semakin tinggi. Banyak karyawan baru di CIMB Niaga yang menunjukkan minat besar pada program-program keberlanjutan. "Jika sebelumnya posisi seperti marketing dan relationship manager atau RM paling diminati, kini semakin banyak yang tertarik dengan bidang keberlanjutan," tambahnya.

Dalam menjaga komitmennya terhadap keberlanjutan, CIMB Niaga telah menetapkan lima pilar utama. Pertama, Efisiensi energi salah satunya dengan penggunaan  panel surya dan mengurangi ruang kantor yang besar untuk menghemat listrik. Kedua, Bisnis berkelanjutan yang menggabungkan pencapaian laba dengan tanggung jawab sosial, seperti melalui SLL dan sustainable finance.

Lalu yang ketiga, Tata kelola yang baik melalui penerapan climate risk stress test dan pembentukan badan tata kelola keberlanjutan.  Keempat, Program CSR yang berfokus pada pendidikan dan lingkungan antaranya demgan pemberian beasiswa, kesehatan masyarakat, dan pemberdayaan ekonomi melalui pinjaman tanpa bunga untuk UMKM.  Terakhir, Advokasi dan pelibatan pemangku kepentingan, di mana CIMB Niaga mendorong keterlibatan luas masyarakat, termasuk media, untuk memperkuat pesan keberlanjutan melalui aksi kolektif.

Acara ini juga menghadirkan Andien Aisyah, penyanyi sekaligus aktivis sustainable living, yang turut berbagi pengalaman dan pandangannya mengenai pentingnya keberlanjutan. Menurut Andien, setiap individu memiliki tanggung jawab dalam menjaga bumi, dan hal ini harus dimulai dengan langkah kecil. "Perilaku seperti membawa tumbler dan memilah sampah jangan dianggap sepele. Jika dilakukan bersama, dampaknya akan besar," ungkapnya.

Andien juga menceritakan tentang Yayasan Setali Indonesia yang didirikannya. Yayasan ini fokus pada upaya upcycling pakaian dan pengelolaan sampah fesyen. Dengan kegiatan ini, ia berharap masyarakat semakin bijak dalam menggunakan produk fesyen dan turut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Komitmen CIMB Niaga untuk mencapai net zero emission pada 2030 merupakan langkah penting dalam mendukung tujuan global untuk mengurangi emisi karbon. Melalui berbagai produk keuangan berkelanjutan, seperti pembiayaan panel surya dan green mortgage, bank ini terus mendorong perubahan positif yang sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Pandangan Gen Z Tentang Penggunaan Media Sosial dan Smartphone: Dampak dan Harapan
News

Pandangan Gen Z Tentang Penggunaan Media Sosial dan Smartphone: Dampak dan Harapan

Studi ini mengungkapkan pandangan Gen Z tentang dampak media sosial dan smartphone, termasuk keterga..

Meta Siap Produksi Headset VR di Vietnam
News

Meta Siap Produksi Headset VR di Vietnam

Meta Platform dikabarkan akan memulai memproduksi headset virtual reality dan augmented reality di V..

Google Investasi USD 1 Miliar ke Thailand
News

Google Investasi USD 1 Miliar ke Thailand

Google menggelontorkan dana sebesar USD 1 miliar di Thailand. Investasi ini ditujukan untuk membangu..

Bencana AI di Depan Mata, 
IMD Serukan Ketatkan Regulasi
News

Bencana AI di Depan Mata, IMD Serukan Ketatkan Regulasi

Institut Manajemen Pembangunan (IMD) dan TONOMUS Global Center for Digital and AI Transformation tel..


;