Data ASN Diduga Bocor, BKN Buka Suara

Data ASN Diduga Bocor, BKN Buka Suara
News

Data ASN Diduga Bocor, BKN Buka Suara

Data ASN Diduga Bocor, Ini Kata BKN

Data ASN Diduga Bocor, Ini Kata BKN # Sumber : Pexels

GadgetDiva – Jutaan data aparatur sipil negara (ASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) diduga mengalami kebocoran. Menanggapi hal tersebut BKN membuka suara.

Dalam pernyataan resminya, BKN menyatakan bahwa pihaknya tengah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) maupun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melakukan identifikasi dan investigasi. Sehingga, mereka dapat memastikan keamanan data aparatur sipil negara (ASN) dan melakukan mitigasi risiko.

"BKN bekerja sama dengan BSSN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan identifikasi dan investigasi atas munculnya isu dugaan kebocoran data ASN. Investigasi ini bertujuan untuk memastikan keamanan data ASN dan mitigasi risiko yang perlu dilakukan," tulis BSN yang dikutip pada Senin (12/8).

Sebelumnya dilaporkan adanya dugaan kebocoran sebanyak 4.759.218 data ASN BKN. Data tersebut diunggah oleh peretas bernama anonim "TopiAx" dalam situs gelap.

Data tersebut dimiliki oleh aparatur sipil negara (ASN) BKN yang terdiri atas nama, tempat lahir, tanggal lahir, gelar, tanggal CPNS, tanggal PNS, NIP, Nomor SK CPNS, Nomor SK PNS, Golongan, Jabatan, Instansi, Alamat, Nomor Identitas, Nomor Hp, Email, Pendidikan, Jurusan dan Tahun Lulus.

Ditemukan data-data lainnya berupa cleartext maupun text yang telah diproses menggunakan kriptografi. Lebih lanjut, data tersebut dijual sebesar USD 10.000 atau sekitar Rp. 160 juta. Peretas tersebut juga diketahui turut membagikan sample data berisi 128 ASN yang berasal dari berbagai instansi di Aceh.

"CISSReC sudah melakukan verifikasi secara random pada 13 ASN yang namanya tercantum dalam sample data tersebut melalui whatsapp, dan menurut mereka data tersebut adalah valid, meskipun ada yang menginformasikan tentang adanya kesalahan penulisan digit terakhir pada field NIP & NIK," ungkap Chariman CISSReC Pratama Persadha dalam pernyataan resminya dikutip pada Senin (12/8).

Kendati demikian, BKN memastikan bahwa isu ini tidak berdampak pada layanan manajemen internal ASN maupun sistem elektronik yang dapat diakses oleh publik.

Mereka turut menghimbau kepada seluruh pengguna layanan BKN untuk memperbarui kata kunci atau password secara berkala guna terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Pihaknya juga akan terus memberi informasi terkait perkembangan masalah ini.

"BKN memastikan dugaan gangguan ini tidak berdampak pada layanan manajemen ASN sehingga tidak mengganggu proses berjalannya sistem elektronik yang di akses oleh masyarakat," tandasnya.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

CrowdStrike Diberi Penghargaan Kegagalan Paling Epik

author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

4,7 Juta Data ASN Badan Kepegawaian Negara Bocor, Harganya Rp. 160 Juta
News

4,7 Juta Data ASN Badan Kepegawaian Negara Bocor, Harganya Rp. 160 Juta

Sekitar 4,7 juta data Badan Kepegawaian Negara (BKN) diduga mengalami kebocoran. Data tersebut dijua..

CrowdStrike Diberi Penghargaan Kegagalan Paling Epik
News

CrowdStrike Diberi Penghargaan Kegagalan Paling Epik

CrowdStrike dinobatkan sebagai perusahaan dengan "kegagalan paling epik". Julukan tersebut merupakan..

50% Smartphone Gunakan Komponen dari Perusahaan Pelanggar HAKI
News

50% Smartphone Gunakan Komponen dari Perusahaan Pelanggar HAKI

Sekitar 50% smartphone di pasar menggunakan komponen dari perusahaan ilegal yang melanggar hak kekay..

Semua Atlet Olimpiade Diberi Galaxy Z Flip6, Kecuali Negara Ini
News

Semua Atlet Olimpiade Diberi Galaxy Z Flip6, Kecuali Negara Ini

Atlet Korea Utara di Olimpiade Paris 2024 tidak menerima Samsung Galaxy Z Flip6 karena kekhawatiran ..


;