ESB Luncurkan OLIN: Asisten AI untuk Bisnis Kuliner

ESB Luncurkan OLIN: Asisten AI untuk Bisnis Kuliner
News

ESB Luncurkan OLIN: Asisten AI untuk Bisnis Kuliner

ESB Luncurkan OLIN: Asisten AI untuk Bisnis Kuliner

ESB Luncurkan OLIN: Asisten AI untuk Bisnis Kuliner # Sumber : GadgetDiva.id

GadgetDiva – Dalam era digital yang semakin maju, teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat penting dalam berbagai sektor bisnis. Survei McKinsey pada 2023 mengungkapkan bahwa AI banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan. Melihat peluang ini, PT Esensi Solusi Buana (ESB) memperkenalkan OLIN, asisten AI pertama di dunia yang dirancang khusus untuk pengusaha kuliner.

OLIN hadir sebagai solusi inovatif bagi pengusaha di sektor kuliner. Dengan kemampuan untuk memberikan prediksi penjualan dengan akurasi hingga 90%, OLIN membantu para pengusaha mengoptimalkan operasional bisnis mereka tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk jasa analisis data.

Apple Dikabarkan Bangun Robot Berbasis iPad, Ini Fitur Utamanya

"Setiap hari, pebisnis F&B dihadapkan pada berbagai tantangan dalam mengelola dan meningkatkan penjualan. OLIN dirancang untuk membantu mereka memprediksi target penjualan, memilih promosi yang paling efektif, merekomendasikan kombinasi menu, serta mencegah fraud," ujar Gunawan, CEO dan Co-Founder ESB.

OLIN dirancang dengan empat nilai utama: Security, Accuracy, Reliability, dan Convenience. Pertama, Securitymenjamin keamanan dan kerahasiaan data karena seluruh informasi dikumpulkan dan diolah di dalam server ESB. Kedua, Accuracy memungkinkan proses pengolahan data secara terperinci setiap hari, menyajikan laporan yang lengkap dan akurat. Ketiga, Reliability menjadikan OLIN alat yang dapat diandalkan karena mengolah data real-time dari transaksi harian setiap brand. Terakhir, Convenience memastikan pengalaman pengguna yang mudah, di mana data terolah otomatis dan rekomendasi disajikan secara praktis.

Dengan keempat pilar ini, OLIN mampu memberikan solusi yang beragam, mulai dari pencegahan fraud hingga rekomendasi promosi terbaik, sekaligus membantu meningkatkan jumlah transaksi.

OLIN dirancang untuk memanfaatkan teknologi generative AI, memungkinkan pengusaha kuliner menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk jasa analis data, akuntan, auditor, atau konsultan bisnis. "Dengan OLIN, pebisnis dapat menghemat biaya hingga ratusan juta hingga milyaran rupiah per tahun," tambah Gunawan.

OLIN dikembangkan sejak 2023 dengan persona seorang wanita berusia 29 tahun yang ahli dalam analisis bisnis kuliner. Nama "OLIN" merupakan akronim dari "All in One", yang mencerminkan kemampuan OLIN dalam memberikan solusi menyeluruh untuk berbagai aspek bisnis kuliner. Hingga saat ini, OLIN merupakan satu-satunya AI yang menawarkan layanan selengkap ini, terutama di industri F&B.

 

Mendukung Pertumbuhan Bisnis Kuliner

Fitriana Dyah, Chief Marketing Officer ESB, mengungkapkan bahwa OLIN diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi pengusaha kuliner dalam mencapai target penjualan mereka. "Kami menargetkan sekitar 80% pengguna ESB akan memanfaatkan OLIN sebagai analis bisnis mereka di tahun ini," ujar Fitriana.

OLIN telah diuji oleh beberapa merchant ESB, terutama pada bisnis skala menengah ke atas, dan terbukti mampu memberikan hasil yang signifikan. Ke depan, OLIN juga diharapkan dapat membantu pemilik UMKM kuliner yang menggunakan aplikasi POS ESB.

OLIN diperkenalkan secara khusus kepada pengusaha kuliner lokal melalui berbagai pameran seperti ALLFood Indonesia 2024, Bandung International Food and HORECA Expo (BIFHEX) 2024, dan Jogja International Food & Horeca Expo (JIFHEX) 2024. Kehadiran OLIN di pameran-pameran ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana AI dapat menjadi solusi praktis dan efisien dalam mengelola bisnis kuliner.

ESB adalah perusahaan yang menyediakan sistem operasional terintegrasi untuk bisnis kuliner, dengan produk utama berupa software kasir dan ERP. Software ESB dirancang khusus untuk bisnis F&B seperti restoran, cafe, foodcourt, dan lain-lain. Sejak 2018, lebih dari 30 ribu merchant telah menggunakan produk ESB, termasuk brand-brand ternama seperti BOGA Group, Ismaya Group, dan Mie Gacoan.

Dengan peluncuran OLIN, ESB semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi di industri kuliner. OLIN diharapkan dapat menjadi alat yang revolusioner, membantu pengusaha kuliner mencapai kesuksesan dengan cara yang lebih efisien dan terjangkau.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Kemenkominfo Lantik Wamen dan Tiga Pejabat Lainnya
News

Kemenkominfo Lantik Wamen dan Tiga Pejabat Lainnya

Menteri Komunikasi dan Informatika resmi melantik Wakil Menteri baru dan tiga pejabat lainnya. Pelan..

Apple Dikabarkan Bangun Robot Berbasis iPad, Ini Fitur Utamanya
News

Apple Dikabarkan Bangun Robot Berbasis iPad, Ini Fitur Utamanya

Apple tengah mengembangkan robot dengan iPad sebagai wajah dan dilengkapi lengan. Robot ini, didukun..

Telkom Gelar Konferensi Internasional dengan Tema "The Other Side of AI”
News

Telkom Gelar Konferensi Internasional dengan Tema "The Other Side of AI”

NeutraDC Summit akan menawarkan wawasan dan solusi inovatif untuk masa depan. NeutraDC berkomitmen m..

Gandeng Telkomsel, Singtel, dan Bridge Alliance, Telkom Tawarkan GPU-as-a-Service
News

Gandeng Telkomsel, Singtel, dan Bridge Alliance, Telkom Tawarkan GPU-as-a-Service

Layanan GPUaaS akan memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan infrastruktur AI dari NVIDIA, mengura..


;