Festival Beli Lokal, Dukungan Tokopedia Bantu UMKM Lokal Tumbuh Pesat

Festival Beli Lokal, Dukungan Tokopedia Bantu UMKM Lokal Tumbuh Pesat
News

Festival Beli Lokal, Dukungan Tokopedia Bantu UMKM Lokal Tumbuh Pesat

Melissa Siska Juminto, President Director Tokopedia dan TikTok E-commerce

Melissa Siska Juminto, President Director Tokopedia dan TikTok E-commerce # Sumber : GadgetDiva.id

GadgetDiva –  Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-15, Tokopedia menggelar Festival Beli Lokal pada 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Acara ini menjadi ajang bagi ratusan merek lokal untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka, dengan tujuan memperkuat ekonomi digital Indonesia dan mendukung pertumbuhan UMKM lokal. Festival ini tidak hanya menampilkan berbagai produk dari industri lokal, tetapi juga menghadirkan pengalaman belanja offline-to-online, serta hiburan dari musisi-musisi ternama tanah air.

Melissa Siska Juminto, President Director Tokopedia dan TikTok E-commerce, menekankan pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Menurutnya, akselerasi pertumbuhan ekonomi hanya bisa dicapai jika pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi secara optimal dan berinovasi. Oleh karena itu, selain menggelar Festival Beli Lokal, Tokopedia juga terus mendorong UMKM lokal untuk memanfaatkan konten video, termasuk live streaming, guna membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan.

Indosat Selesaikan Konsolidasi dan Transformasi Jaringan PS Core Besar

Data dari Tokopedia menunjukkan bahwa penjual yang memanfaatkan live shopping di platform ShopTokopedia mengalami peningkatan penjualan hampir tujuh kali lipat. Untuk mendukung tren ini, Tokopedia telah menyelenggarakan berbagai pelatihan agar para penjual lebih mahir dalam membuat konten video promosi. Melissa menjelaskan bahwa Tokopedia dan ShopTokopedia juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, untuk mempromosikan produk-produk lokal melalui live shopping.

Selain itu, Tokopedia telah meluncurkan berbagai program pemberdayaan, seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual produk mereka. Pada Juli 2024, sebanyak 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan, telah menerima edukasi terkait peningkatan kualitas produksi mereka. Tidak hanya itu, Tokopedia juga memberikan dukungan kepada para perajin batik, mulai dari penyediaan mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital, hingga akses ke pinjaman modal. Sejak Januari 2024, lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan telah diberdayakan, dengan 50% di antaranya bergabung di ShopTokopedia.

Tokopedia dan ShopTokopedia juga mencatat kenaikan transaksi yang signifikan di berbagai wilayah Indonesia. Dari Juli 2023 hingga Juni 2024, sejumlah wilayah seperti Puncak (Papua Tengah) dan Raja Ampat (Papua Barat) menunjukkan peningkatan transaksi lebih dari 4,5 kali lipat. Kategori produk yang mengalami kenaikan tertinggi antara lain gadget dan elektronik, beras dan makanan kering, serta perlengkapan kebersihan. Di sisi lain, ShopTokopedia mencatatkan kenaikan transaksi yang tinggi di wilayah seperti Bali dan Kalimantan Selatan pada kuartal II 2024 dibandingkan kuartal sebelumnya, dengan kategori produk seperti perlengkapan kamar mandi dan pakaian adat mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat.

 

Source :gadgetdiva.id

 

Tokopedia dan ShopTokopedia kini menjadi rumah bagi jutaan penjual, mayoritas di antaranya adalah UMKM. Melissa Siska Juminto mengungkapkan bahwa tujuan utama Tokopedia adalah mendigitalisasi sebanyak mungkin pelaku usaha di Indonesia agar mereka dapat merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online. Beberapa merek lokal seperti Jacquelle, Kintakun, THENBLANK, dan ZM Zaskia Mecca adalah contoh pelaku usaha yang berhasil tumbuh dan berkembang melalui ekosistem digital Tokopedia.

Dalam upayanya mendukung UMKM lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia juga menginisiasi berbagai program edukasi, termasuk Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital, yang bertujuan untuk melatih UMKM berbisnis online, termasuk dalam literasi keuangan. Program-program ini telah mengedukasi lebih dari 20.000 UMKM di 73 wilayah sejak 2022. Tokopedia juga menyediakan halaman edukasi berbisnis online, Pusat Edukasi Seller dan Shop Academy, yang bisa diakses kapan saja oleh para pelaku usaha.

Tokopedia juga berkolaborasi dengan berbagai instansi untuk membantu UMKM memperoleh sertifikasi legalitas, seperti NIB, Halal, PIRT, dan KI, serta memberikan pendampingan usaha mikro melalui program MikroEx Challenge. Sejak 2024, program ini telah berhasil mengedukasi 400 mentor di lima provinsi dan mendampingi 20.000 usaha mikro.

Dalam kampanye Ramadan Ekstra 2024, Tokopedia berhasil meningkatkan pesanan penjual lebih dari 79%. Sementara itu, program promo Guncang yang diadakan setiap tanggal kembar berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% pada promo 5.5 dan lebih dari 72% pada promo 6.6 di tahun 2024. Program Jakarta Muslim Fashion Week, yang bekerja sama dengan Kemendag RI, juga berhasil meningkatkan transaksi fesyen muslim lokal hingga lebih dari Rp750 juta.

Tokopedia dan ShopTokopedia terus berinovasi dalam mendukung UMKM lokal, termasuk melalui kampanye Beli Lokal yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023. Kampanye ini sukses meningkatkan transaksi produk lokal hingga 19 kali lipat di Tokopedia dan ShopTokopedia.

 

UMKM Lokal Bertumbuh, Ini Harapannya pada Tokopedia

Tokopedia terus memainkan peran penting dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk tumbuh di era digital. Melalui berbagai inisiatif, Tokopedia telah membantu UMKM mengoptimalkan potensi mereka, baik dalam pemasaran digital maupun peningkatan kualitas produk.

 

Source :gadgetdiva.id

 

Farah Hamidah, Chief Operating Officer (COO) Batik Pandansari, menjelaskan bahwa Batik Pandansari memanfaatkan dukungan Tokopedia untuk meningkatkan penjualan mereka. Batik Pandansari, yang diambil dari nama pendiri yang berasal dari keluarga pengrajin batik, telah berhasil mengintegrasikan unsur-unsur budaya dari berbagai daerah ke dalam desain batik mereka, menciptakan perpaduan yang kaya akan nilai seni dan sejarah.

Sejak bergabung dengan platform ShopTokopedia, Batik Pandansari mengalami peningkatan omzet hingga 30%. Farah juga mengungkapkan bahwa berkat kampanye #MelokalDenganBatik, penjualan Batik Pandansari melonjak hingga 70%, menghasilkan pendapatan mencapai ratusan juta rupiah.

Vincent Saputra, Chief Marketing Officer (CMO) Kintakun, menyampaikan bahwa perusahaannya mulai merambah pemasaran digital pada tahun 2025, meskipun bisnis mereka telah berjalan sejak 2005. Awalnya, Kintakun menggunakan akun pribadi melalui smartphone untuk berjualan di Tokopedia. Namun, saat pandemi melanda, bisnis offline mereka terdampak signifikan. Tokopedia menjadi solusi tepat untuk meningkatkan penjualan secara digital.

Langkah ini terbukti efektif, di mana Kintakun mampu memanfaatkan peluang di marketplace untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan bisnis mereka selama masa sulit. Transformasi digital ini membuka jalan baru bagi Kintakun dalam menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan biaya pemasaran yang efisien.

Thenblank, brand yang dirintis oleh Mutiara Kamila Athiyya sejak 2012, juga merasakan dampak positif dari kolaborasi dengan Tokopedia. Thenblank yang didirikan saat Mutiara masih duduk di bangku SMA, kini telah memiliki tiga toko fisik dan 15 stokis. Dengan fokus pada pasar first jobber dan mahasiswa, 90% karyawan Thenblank adalah perempuan, mencerminkan komitmen brand ini terhadap pemberdayaan perempuan.

Meskipun penjualan sempat turun 20% pada awal Juli akibat kondisi ekonomi makro, Thenblank berhasil memulihkan penjualan pada Agustus berkat berbagai promosi yang dilakukan. Menurut Mutiara, fitur online-to-offline (O2O) Tokopedia sangat membantu meningkatkan penjualan dari platform digital ke toko fisik. Saat ini, sekitar 70% penjualan Thenblank berasal dari transaksi online.

ZM Zaskia Mecca, brand fashion yang didirikan oleh Haykal Kamil, juga memanfaatkan Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Dimulai 10 tahun lalu, ZM Zaskia Mecca fokus pada fashion yang dapat diakses oleh banyak orang dengan harga terjangkau. Bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2017, ZM Zaskia Mecca berhasil mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

Haykal menekankan bahwa dalam bisnis lokal, kecepatan dan adaptasi adalah kunci. Dengan dukungan Tokopedia, ZM Zaskia Mecca dapat bergerak cepat dan beradaptasi dengan perkembangan pasar yang dinamis. Hal ini memungkinkan mereka untuk tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang pesat di industri fashion yang sangat kompetitif. Dia berharap ke depan Tokopedia terus meningkatkan fitur-fitur yang bisa meningkatkan kinerja UMKM lokal. Membantu pelaku lokal lebih berdaya dari makin ramainya produk-produk luar yang murah masuk pasar Indonesia.

Sedangkan CMO of Jacquelle, Lianna Lie, berharap Tokopedia bisa membantu mereknya untuk go internasional, mengingat permintaan sudah mulai banyak dari luar negeri.

Inisiatif Tokopedia untuk mendukung UMKM tidak hanya terbatas pada menyediakan platform digital, tetapi juga melibatkan berbagai pelatihan dan program pendampingan. Mulai dari pelatihan literasi digital hingga kampanye promosi, Tokopedia membantu UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan pemasaran mereka.

Program pelatihan yang diadakan oleh Tokopedia, seperti Creators Lab dan Host Academy, membantu para pelaku UMKM dalam menciptakan konten kreatif dan strategi pemasaran yang efektif. Ini tidak hanya meningkatkan visibilitas produk mereka, tetapi juga mendongkrak penjualan secara signifikan.

Di samping itu, Tokopedia juga menjalin kolaborasi dengan berbagai instansi pemerintah untuk mempromosikan produk lokal melalui kampanye-kampanye besar seperti #MelokalDenganBatik dan Ramadan Ekstra. Kampanye-kampanye ini terbukti berhasil meningkatkan transaksi produk lokal hingga berkali-kali lipat.

Dukungan Tokopedia terhadap UMKM lokal telah membuktikan dampak positif yang signifikan. Dengan memanfaatkan platform digital, UMKM dapat mengembangkan bisnis mereka lebih cepat dan efisien. Program pelatihan dan promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia telah membantu UMKM meningkatkan kualitas produk dan penjualan mereka secara drastis, sehingga memperkuat kontribusi mereka terhadap perekonomian Indonesia.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Sisternet Festival Ajak 1 Juta Perempuan untuk Pemberdayaan Digital
News

Sisternet Festival Ajak 1 Juta Perempuan untuk Pemberdayaan Digital

Sisternet Festival 2024 menyajikan lebih dari 10 kelas talk show dan masterclass dengan topik beraga..

Indosat Selesaikan Konsolidasi dan Transformasi Jaringan PS Core Besar
News

Indosat Selesaikan Konsolidasi dan Transformasi Jaringan PS Core Besar

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Huawei telah menyelesaikan konsolidasi jaringan inti besar, yang..

Gelaran Forum Telekomunikasi Internasional BATIC Kembali Hadir di Indonesia
News

Gelaran Forum Telekomunikasi Internasional BATIC Kembali Hadir di Indonesia

BATIC 2024 adalah bagian dari komitmen TelkomGroup untuk membangun ekosistem digital yang berkelanju..

Pasien Kedua Neuralink Kini Bisa Main Game dengan Pikiran: Terobosan Teknologi Otak Elon Musk
News

Pasien Kedua Neuralink Kini Bisa Main Game dengan Pikiran: Terobosan Teknologi Otak Elon Musk

Pasien kedua Neuralink, Alex, berhasil memainkan game dan desain 3D hanya dengan pikiran. Neuralink ..


;