Kompresor Kulkas Kerap Rusak, Konsumen Gugat LG dan Kenmore

Kompresor Kulkas Kerap Rusak
Kompresor Kulkas Kerap Rusak

GadgetDIVA - Gadgetdiva.id — Sebuah gugatan class-action dilayangkan kepada produsen kulkas LG dan Kenmore. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan pelanggan atas kompresor kulkas yang tak berfungsi dengan baik usai dibeli.

Dilansir melalui ABC Action News, Sabtu, 9 Maret 2024, dalam gugatan tersebut konsumen mengeluhkan kulkas dengan kompresor LG mengalami kerusakan dalam beberapa tahun setelah pembelian dan diganti dengan suku cadang yang sama dan mengalami kendala serupa.
Salah satu konsumen yang mengeluh adalah Eric Schleich. Pria tersebut mengaku jika kulkas Kenmore berhenti berfungsi dalam kurun waktu empat tahun.

Gugatan Class Action vs LG dan Kenmore

“Pertama, pembuat esnya berhenti berfungsi. Kemudian, freezernya mati. Sehari kemudian, seluruh kulkas tidak bisa dingin lagi. Saya terpaksa hidup tanpa kulkas selama beberapa hari dan berusaha menyelamatkan persediaan makanan saya dengan berbagai cara,” ujar Eric, dari sumber yang sama.
Kulkas LG
Eric Sleich memperlihatkan kulkas LG Kenmore yang mengalami kerusakan.
“Saya menaruh es di wastafel, menaruh semuanya di sana, mengambil beberapa pendingin dari garasi, dan hidup tanpa pendingin selama beberapa hari,” jelasnya.
Kisahnya senada dengan hampir 100 konsumen yang disebutkan dalam gugatan class action terhadap LG dan perusahaan induk Kenmore. Bahkan beberapa retailer lainnya yang menjual lemari es dengan kompresor linear LG.
Gugatan tersebut menyatakan bahwa sejatinya LG mengetahui bahwa kompresor tersebut cacat.
Pasalnya, pengacara dari Beverly Hills yang mengajukan kasus ini, Azar Mouzari, mengatakan bahwa sebelumnya LG pernah digugat atas unit yang rusak. Perusahaan elektronik raksasa ini telah menyelesaikan satu kasus pada tahun 2020.
Dalam pengajuan pengadilan, LG menyebut dugaan cacat yang dituduhkan tergugat pada kulkas LG dan Kenmore sebagai keluhan yang terpencar-pencar dan tidak terfokus.
Dalam kasus Schleich, garansi 10 tahun mencakup kompresor tetapi tidak untuk tenaga kerja. Dia harus mengeluarkan biaya sebesar USD525 untuk memasang komponen baru. Schleich mengatakan bahwa dia sekarang khawatir apakah kompresor LG yang kedua akan bertahan lama.
Gugatan tersebut menuntut kompensasi kepada konsumen dan perpanjangan garansi kompresor.
ABC Action News sendiri telah meminta tanggapan dari LG dan perusahaan induk Kenmore, namun sejauh ini belum ada tanggapan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids.