Lebih dari 130.000 Gamers Jadi Sasaran Penjahat Siber selama H1 2024

Lebih dari 130.000 Gamers Jadi Sasaran Penjahat Siber selama H1 2024
News

Lebih dari 130.000 Gamers Jadi Sasaran Penjahat Siber selama H1 2024

Gubernur California Batasi Penggunaan Smartphone di Sekolah

Gubernur California Batasi Penggunaan Smartphone di Sekolah # Sumber : RDNE Stock Project/Pexels

GadgetDivaKaspersky melaporkan bahwa lebih dari 132.000 gamers anak-anak telah menjadi target pelaku kejahatan siber. Serangan tersebut terjadi dalam enam bulan pertama 2024.

Angka tersebut meningkat sebesar 30% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2024. Menurut para ahli Kaspersky, jumlah pengguna unik yang menjadi target pelaku kejahatan dunia maya mengeksploitasi permainan anak-anak populer sebagai umpan.

Hari Pelanggan Nasional, Blu By BCA Digital Bagikan Merchandise Eksklusif

Menurut analisa Kaspersky, terdapat ancaman yang disamarkan sebagai video game anak-anak populer dan menganalisis periode dari 1 Juli 2023 hingga 30 Juni 2024. Selama periode yang dilaporkan, solusi keamanan Kaspersky mendeteksi lebih dari 6,6 juta percobaan serangan siber yang mengeksploitasi merek game anak-anak sebagai umpannya.

Dari 18 game yang terpilih, sebagian besar serangan terkait dengan beberapa games populer seperti Minecraft, Roblox dan Among Us. Laporan statistik Kaspersky menemukan lebih dari 3 juta percobaan serangan dengan kedok Minecraft diluncurkan selama periode yang dilaporkan.

Kemungkinan besar, penjahat dunia maya memilih metode sarangan ini berdasarkan popularitasnya di kalangan pemain serta kemampuam gamer untuk menggunakan cheat dan mod. Sebab, sebagian besar mod dan cheat didistribursikan di situs web pihak ketiga. Para penyerang menyamarkan malware dengan berpura-pura sebagai aplikasi ini.

“Sepanjang penelitian, kami melihat serangan terhadap anak-anak menjadi vektor umum aktivitas penjahat dunia maya. Itulah sebabnya edukasi kebersihan siber dan penggunaan solusi keamanan dunia maya tepercaya menjadi 'keharusan' dalam membangun keselamatan anak-anak di lingkungan daring," ungkap Pakar Keamanan Kaspersky Vasily M. Kolesnikov pada pernyataan resminya, Senin (9/9).

Menurut para pakar Kaspersky, tingkat serangan siber yang lebih tinggi pada tahun 2024 dapat dijelaskan oleh tren yang diamati dalam perkembanga terkini lanskap ancaman siber secara umum.

Di samping itu, mengikuti tren populer, penjahat siber membuat sedangan yang lebih licik. Mereka mamanfaatkan agenda terkini dan menyusun skema yang kabur. Alih-alih, menggunakan serangan umum.

Salah satu penipuan paling umum dalam permainan adalah tawaran untuk menerima skin baru untuk karakter pemain yang meningkatkan keterampilan hero. Hal ini disebabkan beberapa skin sangat sulit untuk didapatkan, oleh sebab itu lebih diinginkan. 

Pakar Kaspersky telah menemukan contoh penipuan yang menggunakan nama gim populer Valorant dan YouTuber terkenal di dunia Mr. Beast. Dengan memilih blogger ini dan menggunakan fotonya, para penipu bertujuan untuk menarik perhatian anak-anak dan membuat mereka terpikat pada penipuan tersebut.

Untuk menerima skin Mr. Beast yang diinginkan, mereka diminta untuk memasukkan login dan kata sandi untuk akun gim mereka. Sehingga, penjahat dapat mencuri kredensialnya.

Perangkap populer lainnya adalah tawaran untuk menerima mata uang dalam game. Dalam salah satu penipuan yang ditemukan yang mengeksploitasi merek Pokémon GO, pengguna diminta untuk memasukkan nama pengguna untuk akun game mereka. 

Selanjutnya, mereka diminta untuk mengikuti survei untuk membuktikan bahwa mereka bukan bot. Setelah survei selesai, mereka diarahkan ke situs web palsu, biasanya yang menjanjikan hadiah atau undian gratis. 

Di sinilah penipuan sebenarnya dimulai. Para penipu sebenarnya tidak mengincar data pribadi seperti detail kartu kredit; mereka menggunakan kedok game untuk memikat pengguna ke tipuan lain—yang melibatkan unduhan palsu, klaim hadiah, atau penawaran palsu lainnya. 

Seluruh proses ini adalah cara cerdas untuk mengarahkan pengguna ke penipuan lain yang lebih berbahaya dengan kedok langkah verifikasi sah.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Ini Daftar Pemenang Samsung  Innovation Campus Batch 5
News

Ini Daftar Pemenang Samsung Innovation Campus Batch 5

Juara 1 untuk kategori SMA/SMK jatuh kepada tim Mechalvent dari MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Kalim..

Hari Pelanggan Nasional, Blu By BCA Digital Bagikan Merchandise Eksklusif
News

Hari Pelanggan Nasional, Blu By BCA Digital Bagikan Merchandise Eksklusif

Dalam rangka memperingati HPN, blu by BCA Digital menyajikan berbagai aktivitas interaktif dan menaw..

Pencurian Kredensial Paling Sering Sasar Pengguna Google, Facebook dan Amazon selama 2024
News

Pencurian Kredensial Paling Sering Sasar Pengguna Google, Facebook dan Amazon selama 2024

Kaspersky melaporkan bahwa serangan phishing paling sering menyasar 25 perusahaan global populer. Te..

5 Aplikasi HP Penting yang Wajib Ada Sebelum Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK
News

5 Aplikasi HP Penting yang Wajib Ada Sebelum Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Persiapkan diri Anda dengan 5 aplikasi HP penting untuk Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK. Pastikan ..


;