Pengguna Internet di Wilayah 3T Lebih Pilih Beli Kuota Sendiri, Kenapa?

Pengguna Internet di Wilayah 3T Lebih Pilih Beli Kuota Sendiri, Kenapa?
News

Pengguna Internet di Wilayah 3T Lebih Pilih Beli Kuota Sendiri, Kenapa?

Operator Internet

Operator Internet # Sumber : Operator Internet

GadgetDivaSurvei yang dilakukan oleh APJII dan BAKTI Kominfo menyatakan bahwa penetrasi internet telah mencapai angka 82,6 persen pada tahun 2024 di wilayah tertinggal Indonesia. Angka ini setara dengan 8.114.273 jiwa.

Survei ini melibatkan 1.950 responden dari 64 kabupaten di daerah tertinggal. Termasuk di antaranya 322 ISP (Internet Service Provider).

Menariknya, survei ini menemukan cara yang paling sering digunakan masyarakat di wilayah tertinggal untuk terhubung dengan internet. Mayoritas responden lebih memilih membeli kuota sendiri dari operator seluler (85.72%).

Alasan utama menggunakan operator seluler utama dalam berinternet ialah sinyal yang paling kuat di lokasi mereka berada (46.8%), nomor HP sudah lama digunakan (25%), harga paket internet dan promo yang menarik (15%), serta pembelian yang mudah (12.4%).



"Ketika kita menanyakan kepada masyarakat desa, alasan utama menggunakan operator seluler utama dalam berinternet, 46,8 sinyal yang paling kuat di lokasi saya berada. Jadi karena sinyalnya kuat," ungkap Sekretaris APJII Pusat Zulfady Syam dalam acara yang berlangsung di Jakarta, Selasa (17/9).

Selanjutnya, ditemukan pula masa berlaku paket langganan internet seluler yang paling sering digunakan. Pertama, mayoritas pengguna memilih berlangganan paket bulanan (64.2%), mingguan (27.5%) dan harian (8.3%).

Dari biaya paket bulanan tersebut, masyarakat desa paling seorang membeli paket di harga Rp. 50.000 - Rp. 100.000 sebesar 57,60%. Mereka lebih memilih membeli kuota mahal dengan jaringan yang cepat (57,60%).

Adapun masalah yang paling sering terjadi saat menggunakan layanan paket data seluler. Di antaranya seperti koneksi putus-putus
(54,3%), koneksi lambat (38,5%) dan tempat membeli paket data atau pulsa jauh dari lokasi tempat tinggal (4,1%).

Selain itu, ditemukan pula frekuensi terjadinya mati listrik juga yang mengganggu koneksi internet. Sebanyak 36.20% menyatakan bahwa mati listrik terjadi sebanyak 2-5 kali dalam sebulan, 31.80% menyebut kurang dari 5x dalam sebulan, 22.1% mengatakan 1x dalam sebulan dan 9.8% menyatakan tidak pernah terjadi mati listrik.

Source :gadgetdiva.id



"Nah inilah salah satu penyebabnya. Punya jaringan yang canggih-canggih pun, kalau frekuensi terjadinya mati listrik masih lumayan tinggi, maka koneksi itu juga akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa," imbuhnya.

Kendati demikian, penelitian ini juga menemukan bahwa dari banyaknya pengguna internet di wilayah tertinggal, 64,9% menyebut tidak mengetahui bahwa BAKTI Kominfo menyediakan layanan internet gratis.

Sebanyak 26,9% layanan gratis BAKTI Kominfo. Sementara, 8,1% lainnya tidak memanfaatkan layanan internet gratis tersebut.

"Ada yang menjawab, ya tapi tidak memanfaatkan 8,1%. Jadi beri gratis 8,1% tahu tapi tidak memanfaatkan. Yang tidak tahu, nah ini masalahnya, kenapa sudah diberikan internet gratis, tidak tahu lagi masyarakatnya, ada 64,9%," tandasnya.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Telkomsel Bawa Inovasi Connected Car dan In Car WiFi di Toyota New Fortuner
News

Telkomsel Bawa Inovasi Connected Car dan In Car WiFi di Toyota New Fortuner

Pengguna New Fortuner dapat mengakses dan mengontrol berbagai fitur kendaraan secara real-time melal..

AS Desak Pengguna Chrome untuk Segera Update, Ini Alasannya!
News

AS Desak Pengguna Chrome untuk Segera Update, Ini Alasannya!

Berdasarkan laporan terbaru, ada beberapa bug dan celah keamanan di versi sebelumnya dari Chrome yan..

Survei Ungkap 64,9% Warga Daerah Tertinggal Sulit Akses Internet Gratis
News

Survei Ungkap 64,9% Warga Daerah Tertinggal Sulit Akses Internet Gratis

Survei terbaru dari APJII dan BAKTI Kominfo menunjukkan bahwa 64,9% masyarakat di daerah tertinggal ..

Indosat Bersama Accenture Percepat Pengembangan Platform Cloud AI di Indonesia
News

Indosat Bersama Accenture Percepat Pengembangan Platform Cloud AI di Indonesia

Kemitraan ini memanfaatkan platform Accenture AI Refinery™ untuk membantu perusahaan-perusahaan In..


;