TINC Batch 9 Demo Day: Kolaborasi Inovatif antara Startup dan Korporasi

TINC Batch 9 Demo Day: Kolaborasi Inovatif antara Startup dan Korporasi
News

TINC Batch 9 Demo Day: Kolaborasi Inovatif antara Startup dan Korporasi

Kolaborasi Startup dan Korporasi dalam TINC Batch 9 Demo Day

Kolaborasi Startup dan Korporasi dalam TINC Batch 9 Demo Day # Sumber : GadgetDiva.id

GadgetDivaTelkomsel Ventures dan AppWorks kembali melanjutkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekosistem startup digital di Indonesia dengan menggelar TINC Batch 9 Demo Day. Acara ini menampilkan inovasi dari tujuh startup terpilih, yang merupakan bagian dari program akselerasi TINC (Telkomsel Innovation Center) sejak April 2024. Inisiatif ini bertujuan memperkuat kolaborasi antara startup dan korporasi, serta mendorong adopsi teknologi digital yang lebih luas.

TINC Batch 9 Demo Day berfungsi sebagai platform bagi para startup untuk mempresentasikan inovasi digital mereka, dengan dukungan dari Telkomsel Ventures dan AppWorks. Program ini tidak hanya menawarkan akses bimbingan strategis, tetapi juga membuka pintu bagi para startup untuk memperluas jaringan mereka melalui koneksi internasional yang dimiliki AppWorks, salah satu akselerator startup terbesar di Asia Tenggara.

Didominasi Gen Z dan Millennial, Reku Optimis Minat Saham AS Melejit di Kalangan Muda

Melalui kemitraan strategis dengan AppWorks, Telkomsel Ventures telah menunjukkan keberhasilannya dalam mempercepat inovasi teknologi di berbagai sektor. Ajang ini juga menjadi bukti nyata dari visi Telkomsel Ventures untuk terus berkolaborasi dengan startup dalam ekosistem digital yang lebih luas, sejalan dengan misi Telkomsel untuk mendorong transformasi digital di Indonesia.

Kolaborasi Telkomsel dan AppWorks tidak hanya fokus pada dukungan modal, tetapi juga pada pengembangan kemampuan para startup untuk menghadapi tantangan pasar. Kemitraan ini bertujuan menciptakan sinergi antara startup dan korporasi guna mempercepat adopsi teknologi yang berdampak positif pada masyarakat, khususnya dalam ekonomi digital.

CEO Telkomsel Ventures, Mia Melinda, menegaskan komitmen Telkomsel untuk mendorong kolaborasi yang lebih luas antara korporasi dan startup. Menurutnya, TINC telah menjadi platform penting dalam memperkuat sinergi ini, terutama dengan keterlibatan AppWorks. Melalui TINC, startup tidak hanya mendapatkan akses modal tetapi juga dukungan untuk mengembangkan produk inovatif yang relevan dengan kebutuhan pasar Indonesia, bahkan regional Asia Tenggara.

"Telkomsel Ventures terus berperan aktif mendorong kolaborasi antara Telkomsel dan startup untuk bersama-sama mengembangkan solusi inovatif bagi ekosistem digital Indonesia. Kemitraan dengan AppWorks membuka lebih banyak peluang bagi startup untuk tumbuh dan berkolaborasi dalam skala yang lebih besar," kata Mia.

Dukungan AppWorks dalam Ekosistem Startup

Chairman & Partner AppWorks, Jamie Lin, dalam keterangan tertulisnya juga menyoroti pentingnya kolaborasi ini. Menurutnya, startup yang tampil dalam TINC Batch 9 mewakili talenta-talenta terbaik di Asia Tenggara, dan AppWorks bangga dapat menjadi bagian dari pengembangan ekosistem ini. Jamie menambahkan bahwa dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dalam mendukung startup di Asia Tenggara, AppWorks siap membantu mempercepat pertumbuhan para pendiri startup yang menjanjikan ini.

AppWorks percaya pada potensi besar ekonomi digital Asia Tenggara dan para pendirinya. Dalam pandangan Jemie,  dengan menggabungkan pengalaman AppWorks dalam membangun ekosistem startup dengan sumber daya strategis Telkomsel, dia pun yakin dapat mendorong pertumbuhan startup ini lebih cepat.

Kolaborasi Telkomsel Ventures dan AppWorks tidak berhenti di sini. Ke depan, kedua pihak berencana untuk terus mendukung program TINC di batch selanjutnya, serta mengeksplorasi potensi co-investasi di sektor startup ekonomi digital. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem startup di Indonesia dan memperluas peluang bagi mitra strategis lainnya untuk terlibat.

Sayangnya Mia tidak mau mengungkapkan berapa dampak yang diraih Telkomsel dari investasi dan pengembangan startup melalui perusahaan venture capitalnya ini. Dia hanya mengebut cukup signifikan dampaknya pada kinerja perusahaan.

Tujuh startup terpilih yang berpartisipasi dalam TINC Batch 9 Demo Day menghadirkan berbagai solusi inovatif yang siap diadopsi oleh pasar. Mereka adalah:

1. PrimaKu

   Startup ini menawarkan solusi pencatatan dan pelacakan perkembangan bayi untuk orang tua baru melalui satu platform. Dengan dukungan Telkomsel, PrimaKu mampu meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia, memastikan setiap keluarga mendapatkan informasi kesehatan yang komprehensif.

2. Rey.ID

   Rey.ID menyediakan platform untuk mengelola kesehatan secara holistik melalui integrasi asuransi, program kesehatan, dan catatan medis. Kolaborasi dengan Telkomsel mendukung program 'Teman Jalan' dan 'Teman Sehat', yang membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan dan mitra Telkomsel.

3. Skorlife

   Startup ini memfasilitasi akses pengguna terhadap skor kredit, membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Kemitraan dengan Telkomsel bertujuan mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan keuangan, yang penting bagi pembangunan ekonomi digital.

4. Peacom

   Peacom menyediakan fitur transaksi digital interaktif bagi penyedia layanan bisnis yang dapat diakses melalui berbagai platform komunikasi. Inovasi ini membantu pelanggan melakukan transaksi lebih personal dan interaktif, berkat fitur Rich Communication Services (RCS) yang dikembangkan bersama Telkomsel.

5. Finfra

   Finfra membangun infrastruktur keuangan di Asia Tenggara, memungkinkan integrasi layanan keuangan bagi perusahaan. Bersama Telkomsel, Finfra menghadirkan solusi pembiayaan inovatif yang membuat layanan digital lebih terjangkau melalui rencana pembiayaan yang fleksibel.

6. CarbonEthics

   Startup ini berfokus pada solusi inovatif untuk mengurangi karbon dan mendukung proyek pembangunan berkelanjutan. Kolaborasi dengan Telkomsel menciptakan kesadaran yang lebih luas mengenai pentingnya bisnis yang berkelanjutan.

7. myECO

   MyECO memberdayakan masyarakat untuk membuat pilihan ramah lingkungan melalui produk dan layanan berkelanjutan, termasuk solusi konektivitas rumah pintar yang mendukung penghematan energi.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Ericsson Gelar Hackathon 2024, Bagi-bagi Hadiah Total Rp. 50 Juta
News

Ericsson Gelar Hackathon 2024, Bagi-bagi Hadiah Total Rp. 50 Juta

Ericsson Hackathon kembali digelar di Indonesia. Fokus dari porgram ini terletak pada Smart Manufact..

Didominasi Gen Z dan Millennial, Reku Optimis Minat Saham AS Melejit di Kalangan Muda
News

Didominasi Gen Z dan Millennial, Reku Optimis Minat Saham AS Melejit di Kalangan Muda

Jesse Choi, Co-CEO Reku, menyatakan bahwa 70% pengguna Saham AS adalah generasi muda, menunjukkan mi..

Bawa Sentuhan Magic, ALDO Hadirkan Koleksi Kapsul Edisi Terbatas
News

Bawa Sentuhan Magic, ALDO Hadirkan Koleksi Kapsul Edisi Terbatas

ALDO, sebuah merek sepatu dan aksesori fashion global terkenal, bekerja sama dengan Universal Produc..

Kolaborasi Indosat dan Mastercard Perkuat Solusi EV Aman dan Pintar
News

Kolaborasi Indosat dan Mastercard Perkuat Solusi EV Aman dan Pintar

Indosat dan Mastercard berkolaborasi hadirkan solusi pembayaran aman dan efisien dalam kendaraan, me..


;