Tingkatkan Pengalaman AI untuk Pelanggan, Smartfren Gandeng Google Cloud
- by Jundi Amrullah
- Jumat, 15 November 2024 - 16:13 WIB
GadgetDiva – Smartfren telah menandatangani kesepakatan dengan Google Cloud untuk mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) dalam operasional perusahaan. Teknologi AI ini akan diterapkan secara menyeluruh pada berbagai aspek, termasuk jaringan, penawaran produk, dan peningkatan kualitas layanan pelanggan. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat respons perusahaan terhadap kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.
CEO Smartfren, Andrijanto Muljono, menjelaskan bahwa implementasi AI ini merupakan strategi untuk menghadapi tantangan industri yang semakin berkembang. Dengan teknologi ini, Smartfren dapat merespons permintaan pelanggan secara lebih cepat dan efektif. Selain itu, AI juga membuka peluang bagi perusahaan untuk menciptakan layanan-layanan baru yang lebih inovatif, sesuai dengan kebutuhan pasar.
Devoteam G Cloud, mitra Google Cloud di Indonesia, akan membantu Smartfren dalam mengimplementasikan teknologi Google Cloud, termasuk platform Vertex AI dan data analytics. Dengan menggunakan teknologi ini, Smartfren dapat mengolah data dengan cepat untuk mendeteksi anomali, memprediksi perilaku pelanggan, dan mengotomatiskan beberapa aspek operasional. Misalnya, Smartfren dapat menganalisis produk yang paling diminati pelanggan di berbagai wilayah untuk menyajikan penawaran yang lebih relevan.
Selain itu, Smartfren akan mengadopsi Customer Engagement Suite with Google AI untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Solusi ini mencakup penggunaan AI chatbot dan AI voicebot yang dapat melayani pelanggan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Kemampuan ini memungkinkan Smartfren menangani volume percakapan yang besar secara efisien, sehingga operasional perusahaan lebih optimal.
Untuk meningkatkan manajemen jaringan, Smartfren juga akan menggabungkan mesin analitik data berbasis Google Cloud BigQuery dengan teknologi jaringannya. Solusi ini memungkinkan jaringan Smartfren untuk secara otomatis menyesuaikan kapasitas sesuai kebutuhan. Contohnya, ketika terjadi lonjakan akses di suatu wilayah, sistem akan memberi peringatan dan secara otomatis menambah kapasitas server untuk mengurangi beban, memastikan pengalaman internet yang lebih nyaman bagi pelanggan.
Fanly Tanto, Country Director Google Cloud Indonesia, menyoroti dua area strategis yang diidentifikasi bersama Smartfren untuk penerapan AI generatif. Pertama, AI dapat membantu perwakilan layanan pelanggan dengan memberikan informasi yang tepat waktu, mempercepat penyelesaian masalah, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kedua, integrasi AI dalam operasi jaringan memungkinkan Smartfren mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas jaringan secara otomatis, yang berujung pada pengalaman pengguna yang lebih baik.
Sebelumnya, Smartfren telah menerapkan teknologi HI-RAN (Hybrid-Intelligent Radio Access Network) yang mengintegrasikan AI dalam manajemen jaringan. Teknologi ini membantu perusahaan menghemat energi hingga 5%, sambil tetap menjaga kualitas layanan yang optimal bagi pelanggan. Dengan penerapan teknologi AI secara lebih luas, Smartfren berharap dapat terus meningkatkan efisiensi dan kualitas layanannya.
Kolaborasi dengan Google Cloud dan penerapan teknologi AI ini menunjukkan komitmen Smartfren dalam mendorong transformasi digital di industri telekomunikasi. Dengan pemanfaatan AI yang lebih luas, perusahaan berharap dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan dan lebih efisien dalam operasionalnya, sambil terus menawarkan layanan terbaik di pasar.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
Kaspersky Peringatkan Adanya Simulator Mouse Komputer yang Berpotensi Berbahaya
Mouse motion simulators atau perangkat simulasi gerakan mouse, yang sering disebut sebagai "mouse ji..
- by Jundi Amrullah
- 1 bulan lalu
- 3,250
Pakar Keamanan Siber: Hindari Mencari Pertanyaan Ini di Google
Pakar keamanan siber dari SOPHOS memperingatkan para pengguna internet untuk menghindari pencarian e..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 bulan lalu
- 3,250
Rayakan Hari Ayah Nasional, Telkomsel Hadirkan Kampanye Spesial untuk Para Ayah!
Telkomsel meluncurkan kampanye #TeleponSebelumTerlambat untuk memperingati Hari Ayah Nasional yang b..
- by Jundi Amrullah
- 1 bulan lalu
- 3,250
Amazon Akui Data Karyawannya Kebobolan Selama MOVEIt Tahun Lalu
Amazon mengonfirmasi bahwa telah terjadi pembobolan terhadap data karyawannya. Disinyalir sebanyak 2..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 bulan lalu
- 3,250