Upaya Indosat Kembangkan 100 Ribu Talenta Digital dengan Kemampuan Otomatisasi

Upaya Indosat Kembangkan 100 Ribu Talenta Digital dengan Kemampuan Otomatisasi
News

Upaya Indosat Kembangkan 100 Ribu Talenta Digital dengan Kemampuan Otomatisasi

UiPath dan Indosat Kembangkan 100 Ribu Talenta Digital

UiPath dan Indosat Kembangkan 100 Ribu Talenta Digital # Sumber : GadgetDiva.id

GadgetDivaIndosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berkomirmen mendukung peningkatan kapabilitas talenta digital di Indonesia dengan menghadirkan program dan menjalin kerja sama strategis yang mendukung tujuan tersebut. Salah satunya dengan menggandeng UiPath, perusahaan global dalam solusi otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI).

Kemitraan strategis Indosat dengan UiPath ini bertujuan membekali 100 ribu talenta digital di Indonesia dengan keterampilan otomatisasi (enterprise automation) hingga tahun 2027. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya mempercepat transformasi digital Indonesia sekaligus menjadikannya pusat talenta AI dan otomatisasi global.

Kemenkominfo Beber Jumlah Penurunan RT/RW Net di Indonesia

Melalui kemitraan ini, UiPath akan mengintegrasikan pelatihan otomatisasi ke dalam kurikulum IDCamp,  program pelatihan daring yang diselenggarakan oleh Indosat. Program ini akan membekali peserta dengan pengetahuan tentang teknologi otomatisasi, serta memberikan kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai UiPath Certified Professional, sebuah sertifikasi yang diakui secara global.

Daniel Dines, Founder dan CEO UiPath, menekankan pentingnya memperkuat keterampilan digital di Indonesia untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi ekonomi global yang semakin kompetitif. "Indonesia sedang bersiap menjadi kekuatan ekonomi global. Untuk itu, penguatan tenaga kerja melalui keterampilan digital adalah hal yang krusial. Kami bangga dapat bermitra dengan Indosat untuk mempercepat inovasi dan mempermudah akses keterampilan otomatisasi bagi masyarakat Indonesia," ujar Dines.

Kolaborasi ini mendukung visi besar pemerintah Indonesia untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar di dunia pada tahun 2045. Dengan kemampuan otomatisasi yang semakin berkembang, diharapkan talenta Indonesia siap menghadapi tantangan era ekonomi digital.

Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan bahwa tujuan utama Indosat adalah memberdayakan masyarakat melalui teknologi canggih. "Kami memiliki visi yang sama dengan UiPath tentang pentingnya teknologi otomatisasi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan daya saing bangsa dan memberikan peluang bagi masyarakat untuk terus berkembang di era digital," ungkap Sinha.

Dengan kolaborasi ini, Indosat dan UiPath berharap dapat berkontribusi secara signifikan terhadap masa depan Indonesia sebagai pusat talenta digital di kancah global. Keterampilan otomatisasi yang diberikan diharapkan dapat menjawab kebutuhan dunia kerja di masa depan yang semakin terdorong oleh transformasi digital.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, UiPath akan memperluas kurikulum IDCamp dengan menambahkan dua modul pelatihan baru. Modul-modul ini, yaitu UiPath Automation Explorer dan UiPath Citizen Developer, akan memberikan pembelajaran otomatisasi dari dasar hingga tingkat lanjut. Fokus pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan keterampilan otomatisasi yang relevan, sehingga mereka siap bersaing di dunia kerja.

Peserta IDCamp akan memiliki akses ke berbagai materi pembelajaran secara gratis, termasuk kursus tentang otomatisasi cerdas (intelligent automation) dan sertifikasi resmi dari UiPath. Dengan adanya sertifikasi ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan daya saing mereka, baik di dalam negeri maupun di pasar kerja global. Selain itu, peserta juga akan dapat terkoneksi dengan komunitas profesional pengguna teknologi otomatisasi di seluruh dunia.


Mendorong Pertumbuhan Talenta Digital di Indonesia

Sejak diluncurkan, IDCamp telah menarik lebih dari 273 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Program ini menawarkan kesempatan untuk memperoleh keterampilan coding yang relevan dengan industri digital. Melalui program ini, para lulusannya dapat memperoleh sertifikasi internasional dan mengakses peluang kerja global.

Kolaborasi ini juga memperluas dampak UiPath Academic Alliance di Indonesia. Hingga saat ini, program tersebut telah melibatkan lebih dari 18 institusi pendidikan vokasional dan berkontribusi terhadap pengembangan lebih dari 8 ribu pelajar. Indosat akan terus mendukung institusi-institusi ini melalui berbagai proyek kolaboratif, seperti lokakarya dan kegiatan pelatihan yang memanfaatkan teknologi AI dan otomatisasi.

Sebagai bagian dari upaya memperluas akses pendidikan teknologi, UiPath dan Indosat akan mengadakan dua webinar untuk memperkenalkan modul UiPath Automation Explorer dan UiPath Citizen Developer kepada masyarakat. Webinar ini akan diselenggarakan pada 17 Oktober dan 7 November 2024, dan akan membahas pentingnya keterampilan otomatisasi dalam menghadapi transformasi digital.

Melalui berbagai inisiatif ini, UiPath dan Indosat berharap dapat mendorong Indonesia menjadi pusat talenta digital dunia. Selain memperkuat ekonomi digital nasional, kolaborasi ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kemampuan tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

CIMB Niaga Syariah Dorong Ekosistem Halal melalui Haya Festival 2024
News

CIMB Niaga Syariah Dorong Ekosistem Halal melalui Haya Festival 2024

CIMB Niaga Syariah menggelar Haya Festival 2024, acara tahunan yang menggabungkan edukasi dan hibura..

Kemenkominfo Beber Jumlah Penurunan RT/RW Net di Indonesia
News

Kemenkominfo Beber Jumlah Penurunan RT/RW Net di Indonesia

Kemenkominfo menyatakan bahwa pihaknya telah berhasil menumpas pelaku usaha RT/RW Net ilegal. Termas..

Riset: 73% Gen Z dan Milenial Sudah Gunakan Bank Digital
News

Riset: 73% Gen Z dan Milenial Sudah Gunakan Bank Digital

73% gen z dan milenial telah menggunakan bank digital untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini dikarenak..

Ahli Sebut RT/RW Net Ilegal Berbahaya untuk Masyarakat, Ini Sebabnya
News

Ahli Sebut RT/RW Net Ilegal Berbahaya untuk Masyarakat, Ini Sebabnya

Pengamat Telekomunikasi sekaligus Ketua Komisi dan Edukasi BKPN Heru Sutadi menyatakan bahwa RT/RW N..


;