GadgetDIVA - XL Axiata mencatat tahun 2024 sebagai periode gemilang dengan meraih sejumlah penghargaan prestisius. Pengakuan ini menjadi bukti komitmen perusahaan dalam mendukung transformasi digital nasional, memberikan layanan terbaik, dan menjalankan prinsip keberlanjutan.
“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh tim XL Axiata dalam menghadirkan solusi inovatif yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir dalam siaran pers hari ini.
Pada 14 November 2024, XL Axiata dianugerahi penghargaan Most Innovative Fixed Mobile Convergence 2024 oleh Gizmologi dan Gadgetdiva. Penghargaan ini diberikan atas inovasi layanan yang memadukan konektivitas broadband rumah dan seluler, memberikan pengalaman tanpa batas bagi pelanggan.
Baca Juga
Produk seperti XL Home dan layanan mobile yang saling melengkapi menjadi dasar kesuksesan ini. Teknologi canggih ini membantu pelanggan menikmati konektivitas berkualitas tinggi kapan saja dan di mana saja.
Pada 11 Desember 2024, XL Axiata kembali membuktikan keunggulannya dengan meraih penghargaan Best Operator Service for Streaming di Uzone Choice Award 2024. Penghargaan ini diperoleh melalui kombinasi polling pembaca Uzone dan penilaian tim redaksi.
Kecepatan internet yang konsisten, jaringan berkualitas tinggi, serta paket streaming seperti XL Prioritas dan AXIS menjadi keunggulan utama yang mengantarkan XL Axiata unggul di kategori ini. Layanan ini memenuhi kebutuhan pelanggan akan hiburan digital berkualitas, baik untuk pendidikan maupun hiburan.
Baca Juga
Di penghujung tahun, XL Axiata menerima penghargaan Digital Innovation Award 2024 dari SWA Magazine untuk kategori Transformasi Digital dalam Customer Experience.
Penghargaan ini mengapresiasi keberhasilan XL Axiata dalam meningkatkan kepuasan pelanggan melalui digitalisasi, mendukung nilai utama perusahaan, yaitu Customer Obsession. Penghargaan ini diterima dalam acara Driving Business Competitiveness and Sustainability through Digital Innovation pada 17 Desember 2024.
Komitmen pada Keberlanjutan: Indeks ESG dan Integritas Bisnis Lestari
XL Axiata juga mendapatkan pengakuan di bidang keberlanjutan melalui Indeks Integritas Bisnis Lestari 2024 yang disusun oleh Tempo Data Science dan Transparency International Indonesia.
Perusahaan ini memperoleh kategori Ruby dengan skor total 78,95, menunjukkan performa luar biasa di tiga aspek: Anti-Korupsi: Ruby (Skor 75,00); Hak Asasi Manusia: Diamond (Skor 86,67); dan Lingkungan Hidup: Sapphire (Skor 71,43).
Selain itu, XL Axiata juga terpilih sebagai konstituen Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI untuk periode Desember 2024 hingga Mei 2025. Pengakuan ini mencerminkan dedikasi XL Axiata dalam menerapkan prinsip keberlanjutan pada lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.
Untuk diketahui, berbagai penghargaan yang diraih XL Axiata berkat strategi yang telat dan inisiatif nyata yang berkelanjutan. Program Sisternet, misalnya, yang talah memberdayakan lebih dari 1 juta perempuan Indonesia untuk meningkatkan literasi digital.
Kemudian ada Gerakan Donasi Kuota, gerakan ini mendukung akses pendidikan inklusif di lebih dari 200 sekolah di seluruh Indonesia. XL Axiata juga sangat memperhatikan aspek lingkungan dengan melaporkan emisi gas rumah kaca (GRK) secara transparan, pengelolaan limbah berstandar internasional, dan optimalisasi penggunaan air.
XL Axiata juga menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi ISO 27001:2022 ISMS dan ISO 27701:2019 untuk sistem manajemen privasi informasi
Capaian XL Axiata dalam meraih berbagai penghargaan sepanjang 2024 menjadi catatan perusahaan yang telah merger dengan Smarfren ini, menjadikan inovasi digital sebagai pilar kemajuan dalam menjaga kinerja perusahaan, serta terus berkomitmen dalam bisnis keberlanjutan. Marwan menegaskan bahwa perusahaan juga terus mengembangkan teknologi hybrid, memperkuat pengalaman pelanggan. Hingga kuartal III/2024, kinerja XL Axiata tercatat tumbuh positif. Pendapatan XL Axiata tumbuh 6% secara tahunan menjadi Rp 25,37 triliun. Laba bersih XL Axiata tumbuh 30% secara tahunan menjadi Rp 1,33 triliun . EBITDA XL Axiata tumbuh 13% secara tahunan menjadi Rp 13,3 triliun. Jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 58,6 juta dengan ARPU campuran (blended) XL Axiata meningkat secara tahunan.
Dengan berbagai prestasi yang diraih, tak heran jika kemudian XL Axiata dipinang PT Smartfren Telecom Tbk atau Smartfren sehingga tercapai kesepakatan definitif untuk melakukan merger dengan nilai gabungan pra-sinergi mencapai lebih dari Rp104 triliun (~US$6,5 miliar) pada Desember 2024. Kemudian disepakati nama entitas baru dari merger ini yaitu XLSmart.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.