XL Axiata Siaga Penuh Hadapi Lonjakan Trafik Cap Go Meh

Xl Axiata

GadgetDIVA - XL Axiata memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi dalam mendukung kelancaran komunikasi selama perayaan Cap Go Meh di Indonesia. Dengan lonjakan aktivitas masyarakat selama perayaan Imlek, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data dan layanan komunikasi lainnya.

Waqas Malik, Group Head Service Operation Management XL Axiata, menyatakan bahwa perayaan Cap Go Meh menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa di berbagai kota. Perayaan ini juga menjadi atraksi wisata, seperti yang terjadi di Singkawang. XL Axiata menyadari pentingnya komunikasi yang lancar dan telah melakukan langkah-langkah optimasi jaringan untuk memastikan pelayanan optimal selama momen ini.

XL Axiata memprediksi lonjakan trafik data hingga lebih dari 40% dibandingkan hari biasa, terutama di kota-kota besar yang menjadi pusat perayaan Cap Go Meh, seperti Singkawang, Pontianak, Medan, Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Lonjakan trafik ini disebabkan oleh penggunaan layanan streaming, media sosial, video call, dan aplikasi pesan instan.

Advertisement

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, XL Axiata melakukan optimasi jaringan di titik-titik strategis, seperti tempat ibadah, pusat perayaan, dan lokasi wisata. Selain itu, XL juga meningkatkan jumlah BTS 4G LTE dan menyediakan Mobile BTS (MBTS) di area dengan potensi kepadatan tinggi. Monitoring jaringan dilakukan secara real-time untuk memastikan kualitas layanan tetap optimal selama perayaan.

Tim teknis XL Axiata siap siaga 24/7 untuk menangani potensi gangguan dan melakukan penyesuaian kapasitas sesuai kebutuhan di lapangan. Infrastruktur jaringan XL Axiata kini mencakup lebih dari 475 kota/kabupaten di Indonesia, dengan lebih dari 165 ribu BTS, termasuk lebih dari 110 ribu BTS 4G LTE, dan jaringan fiber optik yang mendukung stabilitas konektivitas antar wilayah.

Selain kesiapan jaringan, XL Axiata juga menyediakan layanan pelanggan 24 jam. Pelanggan dapat mengakses layanan melalui call center di 817, serta kanal digital seperti @myXLCare di Twitter, Facebook Page, live chat di www.xl.co.id, dan email [email protected]. Layanan pelanggan AXIS juga tersedia melalui @ask_AXIS di Twitter, live chat di www.axis.co.id, dan email [email protected].

Advertisement

Dengan langkah-langkah ini, XL Axiata berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan memastikan pengalaman komunikasi yang lancar dan berkualitas selama perayaan Cap Go Meh 2025. Optimasi jaringan dan layanan pelanggan diharapkan dapat mendukung kelancaran komunikasi bagi seluruh pelanggan selama perayaan tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.