Letda Ajeng Tresna jadi pilot pesawat tempur wanita pertama Indonesia

0
Ajeng Tresna
Pilot Pesawat Tempur Ajeng Tresna (Dok. TNI AU)

Letda Ajeng Tresna Dwi Wijayanti resmi jadi pilot peswat tempur wanita pertama di Indonesia. Setelah dilantik pada hari Senin (18/5/2020) lalu dalam Upacara Kelulusan Hari Wing ke-97.

Ajeng dilantik untuk menjadi salah satu bagian dari 44 pilot dalam angkatan ke-97 setelah menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Penerbangan Angkatan Udara. Tak hanya Ajeng, dua pilot wanita dan dua tentara dari Angkatan Darat Indonesia juga dilantik pada acara tersebut.

Letda Ajeng Tresna dilantik oleh Kepala Staff Angkatan Udara Panglima Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna di Auditorium Ignatius Dewanto dari Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakara Timur.Wanita berusia 25 tahun ini berhasil mengukir sejarah terbaru, yaitu menjadi pilot pesawat tempur pertama di Indonesia. Ia akan menerbangkan pesawat KAI T-50i Golden Eagle.

Letda Ajeng Tresna lahir pada 25 September 1995. Ajeng merupakan seorang putri dari sejak kecil memang sudah tertarik dengan pesawat tempur. Kolonel Prayitno dari Angkatan Udara Indonesia. “Para instruktur memotivasi saya untuk menjadi pilot pesawat dan sekarang jadi kenyataan,” ujar Ajeng yang dilansir dari Jakarta Post.

Ia dijuluki sebagai Captain Marvelnya Indoensia oleh Kepala komunikasi Publik Angkatan Udara Kolonel Muhammad Yuris pada pernyataan tertulisnya yang berjudul Captain Marvel Indonesia telah lahir. “Diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi wanita lain untuk menjadi pilot pesawat tempur dan memecahkan langit-langit kaca di Angkatan Udara Indonesia,” tulis Yuris.

Fyi, sejarah militer pra-modern Indonesia mencatat bahwa Angkatan Laut Kerajaan Kesultanan Aceh memiliki seorang laksamana wanita bernama Malahyati. Ia juga pendiri dari Inong Balee, yaitu sebuah unit tempur wanita yang terdiri dari para janda tentara Aceh.

Baca juga, Mengenal Beauty Influencer muda Jharna Bhagwani 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan